Kolomnis

  • KH Miftah Faridl

    Ketua Umum MUI Kota Bandung, Ketua Dewan <a href="http://www.sinergifoundation.org" rel="nofollow" target="_blank"><b>Pembina Sinergi Foundation</b></a>, Twitter @miftahfaridl_ID
  • Ramadhan Bulan Istimewa (2)

    TAK malukah kita jika hanya menjadikan Ramadan sebagai momen sambil lalu saja? Padahal, Rasulullah SAW telah menganjurkan kita semua untuk bergembira ketika bertemu bulan Ramadan. Sebab di bulan inilah, pintu-pintu rahmat dan maghfirah terbuka lebar. Maka, mari persiapkan Ramadan sebaik-sebaiknya. Jadikan Ramadan bulan teristimewa untuk meraih kesucian, juga kesempatan bertaqarrub kita kepada Allah SWT.

  • Ramadan, Bulan Istimewa (1)

    Pada bulan Ramadan pula, Nabi Muhammad SAW, dilantik menjadi nabi dan rasul Allah saat beliau berusia 40 tahun. Ada beberapa pendapat ahli tafsir yang menyatakan, kitab-kitab Allah sebelum Alquran pun diturunkan kepada para nabi dan rasul pada Ramadan. Bahkan, mereka menyatakan pula bahwa sejumlah nabi-nabi sebelum Rasulullah SAW dilantik dan diangkat oleh Allah menjadi nabi dan rasul, juga pada Ramadan. Bulan suci ini adalah waktu turunnya kitab-kitab suci Allah dan bulan pelantikan manusia-manusia pilihan untuk menjadi nabi dan rasul Allah

  • Amanah Kepemimpinan (2)

    BEGITU bahayanya pemimpin yang menyesatkan, Abu Dzarrin ra pernah berkata: Aku pernah berjalan dengan Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda: "Selain Dajjal yang paling aku takuti atas umatku". Beliau mengatakannya tiga kali. Kata Abu Dzarrin, aku bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah yang selain Dajjal yang paling engkau takuti atas ummatmu itu? Nabi SAW bersabda: Yaitu pemimpin-pemimpin yang menyesatkan." (H.R. Ahmad).

  • Amanah Kepemimpinan (1)

    DALAM sejarah perjalanan umat manusia, tema kepemimpinan hampir selalu menjadi tema penting dan krusial. Bahkan konflik dan ketegangan telah menjadi warna khas perjalanan itu sejak awal kelahiran manusia. Prosesnya memang berakar pada asal-usul kejadian manusia. Secara biologis dapat kita telusuri bahwa manusia bermula dari jutaan sel yang terpelihara dalam rahim dan terus berkembang dalam kandungan. Dari jutaan sel itu terjadilah pergulatan dahsyat untuk mempertahankan hidup dalam proses yang saling mengalahkan, saling mematikan, untuk saling berebut kesempatan agar mampu bertahan. Akhirnya, dari jutaan sel itu ternyata hanya tersisa satu atau dua sel saja yang sanggup bertahan hidup, dan itulah yang kemudian berkembang menjadi janin, tumbuh dalam rahim seorang ibu.

  • Pesan Rasulullah untuk Para Pemimpin

    TIDAK mudah memang menentukan potensi keadilan dalam diri seorang pemimpin. Tapi paling tidak mereka adalah individu yang paling diduga kuat memiliki pengetahuan dan komitmen yang tinggi pada agama dan pengetahuan agama. Dia adalah individu yang sejak dini berada di tengah komunitas beragama, tapi dia juga adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai dalam urusan kepemimpinan yang akan dihadapinya.

  • Menggapai Janji Allah

    KETIKA saya diminta memberikan pengantar atas buku Do’a-do’a untuk Meraih Kesuksesan Dunia Akhirat karya Ir. Hasan, MT., pikiran saya tertuju pada perintah Allah untuk senantiasa meminta (berdo’a) kepada-Nya. Pada saat yang sama, kita juga diperintahkan untuk melakukan ikhtiar maksimal sesuai kemampuan. Do’a dan ikhtiar merupakan dua ajaran yang memiliki posisi setara dan saling melengkapi.

  • Mencari Pemimpin Umat

    KETIKA Rasulullah bersabda, "Apabila amanat disia-siakan tunggu tanggal kehancurannya," para sahabat serentak bertanya, "Ya, Rasulullah, apa yang dimaksud menyia-nyiakan amanah itu?" Nabi pun menjelaskannya: "Apabila sesuatu urusan diserahkan kepada bukan ahlinya. Para sahabat masih penasaran serentak mereka bertanya lagi, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud menyia-nyiakan amanah itu?" Nabi pun kembali menjelaskannya lagi, "Apabila sesuatu urusan diserahkan kepada bukan ahlinya maka tunggulah tanggal kehancurannya." (HR Bukhari).

  • Menuju Umat Berkarakter Religius

    IMAN, dalam pemaknaan yang lebih kontekstual, bukan semata-mata sebagai sistem keyakinan seseorang yang hanya mengikatkan individu dengan Tuhannya. Iman merupakan sistem nilai yang membentuk sikap dan perilaku sosial dan mengikat satu hubungan produktif dengan sesamanya. Karena itu, pada tingkat tertentu, iman akan membentuk karakter individu, dan melalui proses interaksi dalam lingkungan komunitas manusia, iman juga akan membentuk karakter kolektif umat.

  • Wakaf Pohon Lindung

    LINGKUNGAN hidup merupakan masalah yang belum tergarap oleh umat Islam. Pasalnya, merawat lingkungan masih dianggap terpisah dari urusan agama. Lingkungan seolah-olah hanya urusan budaya bukan bagian dari agama. Akibatnya, banyak orang Islam yang tidak serius mengurus lingkungan hidup ini. 

  • Pesan Rasulullah untuk Para Pemimpin

    DI antara perubahan penting menyangkut proses suksesi kepemimpinan di Indonesia sejak reformasi tahun 1998, adalah semakin meningkatnya partisipasi politik masyarakat. Pemilihan kepala daerah dilakukan secara langsung. Ini berarti telah terjadi peningkatan signifikan frekuensi keterlibatan masyarakat dalam proses politik. Padahal, dalam banyak hal, tidak sedikit masyarakat yang belum memahami hakikat kepemimpinan bagi kepentingan hidup masyarakatnya.

  • Dakwah Bukan Hanya Ceramah

    YANG pertama harus diluruskan dalam hal dakwah adalah makna dakwah. Alasannya, tidak sedikit orang yang punya anggapan bahwa dakwah sama dengan ceramah. Padahal, dakwah itu bukan hanya ceramah, tetapi juga segala kegiatan yang dilakukan dengan sengaja dan ikhlas untuk mendukung salah satu keadaan ke keadaan lainnya, Kaidahnya adalah mendorong manusia supaya melakukan kebaikan dengan segala cara dan menyingkirkan manusia dari berbagai kejelekan. 

  • Muallaf

    JIKA yang dimaksud dengan muallaf itu adalah orang-orang yang baru memeluk Islam, maka sejujurnya, para sahabat Nabi itu adalah para muallaf. Mereka adalah orang-orang yang baru memeluk Islam. Sebelumnya, mereka adalah para pengikut agama dan kepercayaan lama yang dianut bangsa Quraisy. Seperti diinformasikan Alquran, mereka beribadah sesuai dengan apa yang dilakukan oleh nenek moyang mereka. Mereka menyembah berhala dan sejumlah bentuk ritual lainnya.