Kolomnis

  • KH Miftah Faridl

    Ketua Umum MUI Kota Bandung, Ketua Dewan <a href="http://www.sinergifoundation.org" rel="nofollow" target="_blank"><b>Pembina Sinergi Foundation</b></a>, Twitter @miftahfaridl_ID
  • Mencari Pemimpin Umat

    KETIKA Rasulullah bersabda, "Apabila amanat disia-siakan tunggu tanggal kehancurannya," para sahabat serentak bertanya, "Ya, Rasulullah, apa yang dimaksud menyia-nyiakan amanah itu?" Nabi pun menjelaskannya: "Apabila sesuatu urusan diserahkan kepada bukan ahlinya. Para sahabat masih penasaran serentak mereka bertanya lagi, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud menyia-nyiakan amanah itu?" Nabi pun kembali menjelaskannya lagi, "Apabila sesuatu urusan diserahkan kepada bukan ahlinya maka tunggulah tanggal kehancurannya." (HR Bukhari).

  • Menuju Umat Berkarakter Religius

    IMAN, dalam pemaknaan yang lebih kontekstual, bukan semata-mata sebagai sistem keyakinan seseorang yang hanya mengikatkan individu dengan Tuhannya. Iman merupakan sistem nilai yang membentuk sikap dan perilaku sosial dan mengikat satu hubungan produktif dengan sesamanya. Karena itu, pada tingkat tertentu, iman akan membentuk karakter individu, dan melalui proses interaksi dalam lingkungan komunitas manusia, iman juga akan membentuk karakter kolektif umat.

  • Wakaf Pohon Lindung

    LINGKUNGAN hidup merupakan masalah yang belum tergarap oleh umat Islam. Pasalnya, merawat lingkungan masih dianggap terpisah dari urusan agama. Lingkungan seolah-olah hanya urusan budaya bukan bagian dari agama. Akibatnya, banyak orang Islam yang tidak serius mengurus lingkungan hidup ini. 

  • Pesan Rasulullah untuk Para Pemimpin

    DI antara perubahan penting menyangkut proses suksesi kepemimpinan di Indonesia sejak reformasi tahun 1998, adalah semakin meningkatnya partisipasi politik masyarakat. Pemilihan kepala daerah dilakukan secara langsung. Ini berarti telah terjadi peningkatan signifikan frekuensi keterlibatan masyarakat dalam proses politik. Padahal, dalam banyak hal, tidak sedikit masyarakat yang belum memahami hakikat kepemimpinan bagi kepentingan hidup masyarakatnya.

  • Dakwah Bukan Hanya Ceramah

    YANG pertama harus diluruskan dalam hal dakwah adalah makna dakwah. Alasannya, tidak sedikit orang yang punya anggapan bahwa dakwah sama dengan ceramah. Padahal, dakwah itu bukan hanya ceramah, tetapi juga segala kegiatan yang dilakukan dengan sengaja dan ikhlas untuk mendukung salah satu keadaan ke keadaan lainnya, Kaidahnya adalah mendorong manusia supaya melakukan kebaikan dengan segala cara dan menyingkirkan manusia dari berbagai kejelekan. 

  • Muallaf

    JIKA yang dimaksud dengan muallaf itu adalah orang-orang yang baru memeluk Islam, maka sejujurnya, para sahabat Nabi itu adalah para muallaf. Mereka adalah orang-orang yang baru memeluk Islam. Sebelumnya, mereka adalah para pengikut agama dan kepercayaan lama yang dianut bangsa Quraisy. Seperti diinformasikan Alquran, mereka beribadah sesuai dengan apa yang dilakukan oleh nenek moyang mereka. Mereka menyembah berhala dan sejumlah bentuk ritual lainnya.

  • Tantangan Dakwah

    DALAM sejarahnya, dakwah Islam hampir selalu meniscayakan adanya tantangan. Tantangan itu berubah dari zaman ke zaman seiring perkembangan peradaban umat manusia. Jika mukjizat merupakan fasilitas para nabi dalam menghadapi tantangan kaum yang dihadapinya, tampak jelas perubahan itu pada keragaman bentuk mukjizat yang dimilikinya. Mengapa, misalnya, Nabi Musa diberi tongkat yang dapat berubah menjadi ular raksasa? Karena Musa saat itu harus berhadapan dengan kaum yang tengah terlibat dalam tradisi sihir.

  • Akhlak seorang Muslim (2)

    SETIAP Muslim diperintahkan untuk senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanannya. Di antara langkah penting untuk meningkatkan kualitas iman ialah dengan mengamalkan seluruh apa yang diperintahkan Allah dan dengan konsekuen menjauhi segala apa yang dilarang oleh Allah.

  • Akhlak Seorang Muslim (1)

    SESEORANG dapat dikatakan sebagai Muslim, apabila dengan sungguh-sungguh ia menyatakan dua kalimah syahadat, yaitu Asyhadu alla ilaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah, yang artinya saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.

  • Isyarat Alquran

    SUATU ketika, dua orang shahabat Nabi, Mu’az bin Jabal dan Sa’labah bin Ganimah, bertanya kepada Rasulullah SAW: "Ya Rasulullah, kenapa bulan itu kelihatan mula-mula halus seperti benang, kemudian bertambah besar sehingga rata dan bundar; tapi kemudian terus berkurang dan mengecil kembali seperti semula, dan tidak dalam satu bentuk yang tetap?"

  • Ulama dan Masalah Kemasyarakatan 

    BEBERAPA waktu terakhir, masyarakat kita dihadapkan pada banyak persoalan sosial, yang dalam batas-batas tertentu hampir selalu berkaitan dengan masalah agama (masail al-diniyah). Mulai dari persoalan terorisme yang dikaitkan dengan Islam, masalah kasus penistaan agama, termasuk adanya musibah bencana alam yang dikaitkan dengan keyakinan sebagai ujian ataupun azab dari Allah.

  • Merawat Ukhuwah

    BAGI umat Islam, sesuai ajaran yang diyakininya, ukhuwah atau persaudaraan bukan saja mencirikan kualitas ketaatan seseorang terhadap ajaran Allah dan rasul-Nya, tetapi juga sekaligus merupakan salah satu kekuatan perekat sosial untuk memperkokoh kebersamaan. Fenomena kebersamaan ini dalam banyak hal dapat memberikan inspirasi solidaritas sehingga tidak ada lagi jurang yang dapat memisahkan silaturahmi di antara sesamanya.