Kolomnis

  • Eko Noer Kristiyanto

    Bobotoh Persib, peneliti hukum olah raga dan hukum tata negara Kementerian Hukum dan HAM, kolomnis Pikiran Rakyat
  • Dosa Para Legenda

    Sebenarnya tak ada korelasi positif antara jagonya seorang pemain dan bersihnya dia dari skandal suap. Fakta membuktikan justru semakin hebat seorang pemain maka dia semakin wajib "ditawar" agar tak melakukan aksi-aksi di luar dugaan yang dapat mengacaukan skenario. Tak ada pula korelasi antara hebatnya seorang pemain sepak bola dengan tercukupinya kebutuhan hidup dan syahwat materi. Hanya kehormatan dan imanlah yang mampu menjadi pembatas tegas.

    Tulisan ini akan mengulas bagaimana judi berada di balik permainan bola di lapangan dan seperti apa modus yang dilakukannya. Jangan salah, pernah terjadi 10 pemain hebat yang terlibat dan sempat dijatuhi skorsing seumur hidup dan 6 pemain di antaranya adalah pemain Persib!

  • Tindak Pidana Pengaturan Skor

    Bola Basket memang bukan cabang olah raga paling populer di negeri ini, namun skandal itu benar-benar mengguncang dunia olah raga kita, jika basket saja tak luput dari kotornya pengaturan skor, maka kita bisa sedikit bersuudzon saat bicara tentang olah raga yang lebih digilai khalayak dan (tentunya) lebih sarat kepentingan, sepak bola.

  • Bonek Bukan Bobotoh Nekat

    Sepekan terakhir, kita dibuat kaget oleh hal yang sebenarnya tak mengagetkan tentang polah bonek, julukan bagi pendukung klub sepak bola Persebaya Surabaya. Tulisan ini tentu bisa dibantah oleh berbagai pihak dengan argumen berdasar persepektif dan pengalaman yang berbeda dengan saya.

    Bonek beneran pastilah nyeker. Bonek juga adalah suporter sepak bola yang paling banyak memiliki musuh dengan pendukung tim lain. Di balik kedekatan dan ketiadaan masalah antara bonek dengan pendukung Persib, kehadiran mereka tetap meresahkan utamanya warga yang tak ada sangkut pautnya dengan euforia stadion.

  • Aksi Kriminal Suporter Sepak Bola

    Dalam dua pekan terakhir, kita disuguhi drama kelam dari panggung suporter sepak bola Indonesia. Tentu ini hanyalah sebagian kecil dari rentetan kasus yang terjadi. Tiga kasus beruntun terjadi di wilayah Jawa Barat.

  • Palembang 3 Tahun Lalu

    Bagi mereka yang aktif ber-medsos ria, pekan lalu tentu terasa sangat sentimental karena cukup banyak akun yang membahas nostalgia terkait momentum juara 3 tahun lalu, lengkap dengan berbagai foto dan video. Hal yang sangat wajar kiranya karena prestasi Persib musim ini sungguh paradoks dengan euforia tahun 2014.

  • Raheut Manah di Manahan

    Drama laga panas di Stadion Manahan Solo sungguh di luar dugaan. Alih-alih menyajikan pertandingan berkualitas dan pembuktian terbaik, kontroversi yang tersisa dari pertandingan antara Persija dan Persib justru masih berlanjut hingga detik ini. Raheut manah (sakit hati) yang dibawa dari Manahan masih terus dibicarakan.

    Tentang aksi brutal Rudi Widodo yang mematahkan tulang fibula Kim Jeffrey Kurniawan, kekeliruan fatal wasit asing yang menganulir gol bersih Eze yang akan terus diingat bobotoh, hingga persoalan serius yang menggelayuti tim Persib yang dinyatakan kalah WO (walk out) dari Persija yaitu ancaman degradasi.

  • Bambang Pamungkas dan Bobotoh Persib

    SIAPKAN waktu untuk membaca cerita luar biasa tentang Bambang Pamungkas dan hubungan uniknya dengan bobotoh serta Persib ini. Tulisan ini hanyalah jejak kecil yang tertangkap dari perjalanan panjang seorang legenda, salah satu pemain terbaik yang pernah lahir di negeri ini.

    Konteks rivalitas panas antara Persib dan Persija bisa bias saat bicara tentang Bambang Pamungkas. Bepe telah menjelma menjadi figur dengan "zero haters", karena kenyataannya memang sulit mencari alasan membenci pemain yang satu ini, termasuk bagi para bobotoh Persib.

  • Teror Suporter Bola

    Dalam keadaan normal sebenarnya yang disebut teror ala bobotoh bukanlah teror seperti bayangan kita pada umumnya. Ini bukan tentang kondisi yang mencekam, mengancam, dan menakutkan. Namun, lebih kepada aksi iseng berupa perisakan (bullying) kepada para pemain tim tamu yang tengah beruji coba lapang. 

    Teror biasanya dilakukan H-1 menjelang pertandingan. Utamanya, saat tim tamu tengah melakukan uji coba lapang, sehingga agenda teror ini memang rutin dilakukan saat Persib masih berhome base di Stadion Siliwangi Bandung. Akses yang mudah dan lokasi stadion yang strategis di pusat kota, membuat akan begitu banyak bobotoh yang sengaja hadir untuk menyaksikan tim beruji coba lapang. 

  • The Power of Bobotoh Persib

    Tulisan ini mencoba menyajikan fakta betapa bobotoh Persib memang memiliki keistimewaan yang khas jika dibanding suporter lain. Sesuatu yang unik dan menjadi pembeda, ketika emosi ala suporter bersua dengan akses teknologi informasi, bolehlah kita menyebutnya sebagai ”The Power of Bobotoh”.

  • Ancaman Mogok Liga 1

    AWAL bulan ini jagad sepak bola nasional dibuat heboh dengan pemberitaan mengenai ancaman mogok oleh 15 klub peserta liga 1. Sementara 3 klub yaitu PS TNI, Bali United, dan (tentu saja) Persib Bandung tidak terlibat dengan aksi tersebut.

    Sebenarnya hal seperti ini sudah bisa diprediksi sebelum kompetisi dimulai. Karena embrio kompetisi yang prematur dan kondisi beberapa klub yang tak ideal, membuat ada semacam bom waktu yang siap meledak walau daya ledaknya tentu takkan terlalu dahsyat, mengingat figur-figur di federasi yang terbiasa berhadapan dengan konflik dan akan mampu meredamnya

  • Bobotoh, Persib, dan Kaltim

    Kalimantan Timur tampak seksi untuk diperbincangkan saat ini. Selain Persib yang akan menjalani tur Kaltim mulai Minggu 1 Oktober 2017 ini, juga karena salah satu Bupati yang paling populer berasal dari propinsi ini. Inilah sedikit cerita betapa Persib tak akan pernah sendiri setiap kali menjalani laga tandang di Kaltim. Akan selalu ada bobotoh setia yang mengiringi langkah sang Pangeran Biru.

  • Bobotoh dan Ancaman UU ITE

    INTERNET telah menyentuh banyak hal, tak terkecuali kehidupan suporter sepak bola. Jika dahulu para suporter sibuk mencari kabar dan perkembangan klub idola melalui surat kabar maka kini semua cukup melalui sentuhan jari di atas gawai.