Kolom

ekonoer's picture

Aksi Kriminal Suporter Sepak Bola

Dalam dua pekan terakhir, kita disuguhi drama kelam dari panggung suporter sepak bola Indonesia. Tentu ini hanyalah sebagian kecil dari rentetan kasus yang terjadi. Tiga kasus beruntun terjadi di wilayah Jawa Barat.

tbachtiar's picture

Geotrek di Ci Kapundung

TERIAKAN dan tawa pelajar yang sedang berkunjung ke Curug Dago di utara Kota Bandung, mengalahkan gemuruh airterjun. Pada akhir pekan, banyak sekali yang datang ke sini, namun, setelah foto-foto dengan berbagai gayanya, lalu mereka pulang. Foto-fotonya dengan latar air terjun langsung beterbangan di angkasa raya dunia maya. Memperkenalkan lokasi yang sudah dikunjunginya, kini dapat dengan mudah disebar-luaskan melalui jejaring media sosial. Sungguh luar biasa kedahsyatan penyebaran informasi melalui jejaring sosial ini.

hawesetiawan's picture

Mursyid Kopi dari Garut

Petang itu saya melihat tradisi kopi tubruk dipelihara oleh tangan piawai. Sambil mempraktekkan keahliannya, Mang Ebod menerangkan banyak hal seputar budidaya, pengolahan, pengemasan, tata niaga, dan penyajian kopi. Soal mengolah kopi, dia memang ahlinya. Saya terbengong-bengong sewaktu, misalnya saja, dia menerangkan rincian prosedur membuat cold brew, dan bermacam-macam sajian lainnya.

karimsuryadi's picture

Pahlawan Milenial

DI tengah gempita peringatan hari pahlawan 10 November kita dibuat sibuk menoleh ke belakang. Kita hanya fasih menyebut nama-nama pahlawan, namun kesulitan menunjukan sosoknya, karena mereka yang kita sebut sebagai pahlawan umumnya sudah berada di alam kubur. Sedih memang.

ekonoer's picture

Palembang 3 Tahun Lalu

Bagi mereka yang aktif ber-medsos ria, pekan lalu tentu terasa sangat sentimental karena cukup banyak akun yang membahas nostalgia terkait momentum juara 3 tahun lalu, lengkap dengan berbagai foto dan video. Hal yang sangat wajar kiranya karena prestasi Persib musim ini sungguh paradoks dengan euforia tahun 2014.

tbachtiar's picture

Penambangan Emas di Bunikasih

Di dalam bumi Bandung selatan, selain terdapat patahan-patahan yang memanjang, juga banyak gunung api purba, sehingga di dalamnya terjadi proses hidrothermal. Kandungan air yang panas dan asam itu melarutkan batuan andesit yang keras yang dihasilkan dari magma yang menerobos mendekati permukaan bumi.

Dalam larutan itu terjadi pengayaan mineral-meneral tertentu, seperti emas, lalu mengisi celah-celah patahan yang terdapat dalam perut bumi. Celah-celah yang diisi kuarsa dan emas inilah yang oleh para penambang disebut urat emas. Urat-urat inilah yang terus ditelusuri dan digali para pencari emas sampai dia mampu menggalinya.

hawesetiawan's picture

Saya Ini Kuring

DALAM pertemuan resmi, penutur bahasa Sunda lazim menyebut dirinya “simkuring”. Ada kalanya penutur bahasa Sunda mengisi forum resmi dengan kata ganti orang pertama “abdi”. Tidak jarang pula orang memakai kata “pribados” dalam pertemuan sejenis. Salah satu kaum yang punya andil mengabadikan kata “kuring” adalah pengusaha restoran.

karimsuryadi's picture

Lain Bebegig

SAYA tidak bisa menjawab ketika ditanya mengapa petani memasang bebegig (orang-orangan, scarecrow)  di sawah ? Apakah babi, burung, tikus atau hama padi takut bebegig  ? Pertanyaan itu datang tak terduga, ketika mata tengah menatap hamparan sawah lebat berbulir, dengan deretan bebegig di tengahnya.

Meski lebih dari empat puluh tahun menyaksikan bebegig di sawah atau ladang, saya tidak pernah mempertanyakan keberadaannya. Kehadirannya seolah sudah menjadi bagian dari ritual menyambut batang-batang padi yang mulai berisi (beuneur).

ekonoer's picture

Raheut Manah di Manahan

Drama laga panas di Stadion Manahan Solo sungguh di luar dugaan. Alih-alih menyajikan pertandingan berkualitas dan pembuktian terbaik, kontroversi yang tersisa dari pertandingan antara Persija dan Persib justru masih berlanjut hingga detik ini. Raheut manah (sakit hati) yang dibawa dari Manahan masih terus dibicarakan.

Tentang aksi brutal Rudi Widodo yang mematahkan tulang fibula Kim Jeffrey Kurniawan, kekeliruan fatal wasit asing yang menganulir gol bersih Eze yang akan terus diingat bobotoh, hingga persoalan serius yang menggelayuti tim Persib yang dinyatakan kalah WO (walk out) dari Persija yaitu ancaman degradasi.

tbachtiar's picture

Krisis Air di Cekungan Bandung

Peran Ci Tarum semakin terus berkurang karena penghancuran wilayah sungai dan sungainya yang dilakukan oleh manusia yang sangat memerlukan, bahkan sangat tergantung akan keberadaan sungai itu. Kehancuran di sepanjang sungai ini mulai dari hulu, tengah, dan hilir. Manusia yang menghancurkan, manusia pulalah yang menderita akibat kehancuran itu.

Kerusakan lingkungan dan penghancuran sungai oleh pencemaran adalah yang terberat. Kehancuran di hulu Ci Tarum karena sistem pertanian dengan tanaman jangka pendek yang sudah tidak mengindahkan lagi aturan negara dan aturan alam. Ketika hujan tiba, air hujan langsung menggerus tanah-tanah pucuk, mengalir ke lembah-lembah, mengendap di dasar sungai dan di dasar bendungan.

hawesetiawan's picture

Harga Partai

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "partai" adalah "kumpulan barang dagangan yang tidak tentu banyaknya". Arti lain yang terkandung dalam istilah itu tak perlu saya kutip di sini sebab minat saya kebetulan terpusat pada urusan yang "tidak tentu".

Sebagai pengunjung tetap pasar loak Astanaanyar dan Taman Cilaki, tentu saya tertarik pula oleh "kumpulan barang dagangan". Pada hemat saya, sifat "tidak tentu" dalam urusan barang dagangan berkaitan bukan hanya dengan jumlah, melainkan juga dengan jenis. Di pasar apapun bisa diperjualbelikan dalam jumlah sembarang.

karimsuryadi's picture

Proklamasi Simbolik

Bila pemuda masih diharapkan menjadi tulang punggung masa depan bangsa, maka yang harus dicegah adalah terjadinya pengeroposan dini semangat juang, keberanian, dan komitmen membela kepentingan bangsa. Spektrum tantangan sudah berubah, namun ketiga aspek ini tetap diperlukan sebab kesulitan dan keputusasaan bukan hak prerogatif kaum yang terjajah.

Kini tantangan yang dihadapi pemuda sudah berubah. Nilai-nilai kejuangan nyaris hanya hadir lewat proses pendidikan formal, sedangkan kekuatan yang melemahkannya datang dari berbagai arah.  Kalau saja dianalogikan dengan hormon dalam tubuh, munculnya hormon pertumbuhan (auksin) nilai-nilai kejuangan amat lamban, sedang hormon penghambat pertumbuhan (absisat) amat cepat.