Kolom

miftahfaridl's picture

Binar Cahaya Keluarga (2)

SEBUAH keluarga yang bermandikan cahaya, jelas, pastilah terdiri atas sepasang orangtua dan anak-anak yang mulia. Orangtua memuliakan anak-anaknya dan anak-anak memuliakan orangtuanya. Bagaimana caranya?

hawesetiawan's picture

Bukan Kisah Cinta

DARI Medan hingga Cimahi, dari Palembang hingga Karawang, tampil beberapa pasangan suami istri VIP ke atas panggung KPK. Ada gubernur, bupati, dan wali kota. Wali Kota Aty dari Cimahi meneruskan karier suaminya, Itoc, yang dua kali jadi kepala daerah di kota itu. Semasa Ade jadi bupati Karawang, istrinya, Nur, jadi anggota DPRD setempat. Dengan kata lain, sumber daya politik rupanya tidak tersebar jauh-jauh amat, melainkan cenderung berkisar di lingkungan yang sempit. Politik jadi lingkungan intim. Budaya politik di Indonesia rupanya sedang doyan melodrama. Sejumlah pasangan suami istri menemukan diri mereka di tengah pusaran uang dan kekuasaan.

karimsuryadi's picture

Mager

Meski permainan tradisional mudah ditemukan di Youtube, namun tidak banyak anak-anak yang merasa tertarik. Melihat perangkatnya yang "jadul" mereka mencap permainan itu sebagai "tidak kekinian". Padahal, kalau melihat nilai dan filosofi, permainan anak-anak (kaulinan barudak) zaman dulu lebih sarat nilai, edukatif, dan melibatkan lebih banyak dimensi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak.

islaminur's picture

Jalan Menyimpang yang Lurus

Pada jalur nonakademik PPDB, terdapat banyak jalur-jalur kecil yang mengakomodasi berbagai standar “surat” keterangan, antara lain surat keterangan miskin, surat keterangan prestasi, surat bina lingkungan, hingga “jalur tikus” surat sakti yang pada tahun-tahun lalu sempat menghebohkan. Banyaknya jalur ini, telah lama membuat penerimaan siswa selalu hiruk pikuk.

ekonoer's picture

Mundur ala Djanur

Momentum terbaik untuk Kang Djanur mundur (dan berhenti) sebagai seorang gentleman sebenarnya adalah saat Persib kalah dari Bhayangkara FC di Bekasi, dan momentum itu telah terlewati. Berikutnya gelombang tekanan tak sedahsyat pascakekalahan di Bekasi, bahkan tak ada lagi ultimatum-ultimatum khas bobotoh yang seliweran di media sosial. Yang ada hanya ungkapan kekecewaan-kekecewaan saat Persib bermain di bawah harapan.

tbachtiar's picture

Penjaga Lumbung Pengetahuan

MENULISKAN gagasan, pemikiran, atau hasil penelitian untuk konsumsi masyarakat, pada dasarnya adalah melaksanakan keinginan untuk berbagi pengetahuan. Bila tidak ada niat ingin berbagi, seseorang akan menjadi satpam bagi lumbung pengetahuannya. Dia akan menjaga dengan ketat simpanan pengetahuannya agar tidak ada yang memanfaatkannya. 

Ada orang yang merasa bangga sebagai penumpuk ilmu pengetahuan dan sebagai penjaga lumbungnya. Padahal, berbagi ilmu pengetahuan itu merupakan bentuk pertanggungjawaban seseorang kepada publik. Seorang ilmuwan, seorang peneliti, sesungguhnya akan diukur dari seberapa banyak ia telah menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

miftahfaridl's picture

Binar Cahaya Keluarga (1)

HIDUP berumah tangga, sebagaimana kehidupan duniawi lainnya, kerapkali diwarnai suasana yang silih berganti: susah, senang, bahagia, dan sengsara. Ada ketentraman tetapi tidak sedikit pula kepiluan yang menikam. Sebuah pandangan yang ekstrem bahkan sampai pada sebuah kesimpulan yang menyeramkan: keluarga, tidak kurang tidak lebih, adalah sebuah penjara yang menyesakkan. Sebuah kegelapan! 

hawesetiawan's picture

Kena Patungnya

SELAIN binatang purba, ada satu makhluk lagi yang menuai kontroversi di Bandung, yakni cendekiawan. Setidaknya, itulah yang dapat dikatakan sejauh yang berkaitan dengan seni patung. Sebetulnya, ribut-ribut seputar Patung Cendekiawan sudah berlangsung setidaknya sejak 2015. Purwakarta tak kurang dramatisnya dalam urusan seni patung. Di Pangandaran juga demikian. Di kota itu baru-baru ini patung karya Nyoman Nuarta dibongkar, dan orang ramai mempermasalahkannya dalam media sosial.

karimsuryadi's picture

Faktor "Ibu" 

DALAM literatur klasik, salah satu "berkah" demokrasi adalah memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang untuk memimpin. Ini dimungkinkan karena syarat untuk menjadi pemimpin tidak dilekatkan kepada faktor-faktor yang dibawa sejak lahir. Alih-alih diwariskan (gifted), jabatan harus diraih (achieved). Jadi, meski hanya terlahir dari seorang Lurah Semar Badranaya, Si Cepot bisa saja terpilih jadi bupati/wali kota, gubernur, bahkan presiden.

deddymulyana's picture

The Power of Silaturahim

JUDUL tulisan saya kali ini saya pinjam dari judul buku best-seller karya Aqua Dwipayana, seorang doktor lulusan Universitas Padjadjaran. Sejak terbit tahun lalu, tiras The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi menembus 100.000 eksemplar. Apa rahasianya? Hanya satu kata sebagai jawaban: silaturahim, yang dalam bahasa Indonesia disebut silaturahmi. Aqua yang motivator nasional ini melukiskan lewat karyanya betapa ia telah bersilaturahmi dengan banyak orang di berbagai kota di seluruh Indonesia, bahkan di berbagai negara, selama 11 tahun terakhir. Hasilnya menakjubkan.

ekonoer's picture

Profesor Persib

Nyaris saja kami benar-benar bubar hingga akhirnya Oky menawarkan sesuatu yang sulit ditolak. Oky berkata, ”Silaturahmi ke rumah Pak Himendra, Yuk. Sudah lama gak ketemu. Apalagi masih suasana Lebaran gini. Kayaknya pas”. Singkat cerita, kami pun meluncur ke daerah Jalan Dipatiukur, tepatnya Jalan Imam Bonjol, kediaman Prof. Dr. Himendra Wargahadibrata, dr., Sp.An., KIC , guru besar Fakultas Kedokteran Unpad, rektor Unpad periode 1998-2006, dokter spesialis anastesi, dan mantan playmaker Persib serta Timnas Indonesia di era 60-70-an. Tak banyak generasi kekinian yang mengenal sosoknya. 

tbachtiar's picture

Potong Telinga Babi

Di Rote, banyak hewan peliharaan yang tidak dikandangkan, dibebaskan berkeliaran ke mana mereka suka, seperti kambing, domba, babi, bahkan sapi. Bagi yang pertama kali melihat babi berkeliaran di mana-mana, pertanyaan pertama yang sering dilontarkan kepada penduduk, “Apakah hewannya tidak akan tertukar, atau salah mengaku milik orang lain?” Mereka sesungguhnya sudah sangat hafal hewan miliknya, walau sekian lama tidak dikandangkan.