Kolom

karimsuryadi's picture

Sihir Pesohor

SAAT menghadiri workshop penguatan pendidikan karakter bagi guru-guru sekolah menengah di Sumedang, yang digelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Kewarganegaraan  dan Departemen PKn FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia, mata saya sempat disuguhi hamparan landscape pertanian yang memukau. Pesawahan yang menghijau terhampar berselang dengan pepohonan di huluwotan (bantaran di hulu air sawah).

tbachtiar's picture

Batukaras

KARS dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Inggris karst, untuk menggambarkan bentang alam di daerah batu gamping atau dolomit. Di atmosfer dan di dalam tanah terjadi kontak antara air meteorik atau air hujan dengan karbon dioksida menjadi asam, yang dapat melarutkan batu gamping. Bentukan-bentukan hasil pelarutan itu dapat berupa celah, rongga, ceruk, goa, sampai goa atau sungai bawah tanah yang besar.

hawesetiawan's picture

Gubernur Sancho

DALAM perjalanan antara Palabuanratu dan Sukabumi, baru-baru ini, selintas terlihat oleh saya selembar spanduk di tepi jalan. Isinya memamerkan seorang figur yang dikatakan siap maju untuk jadi gubernur.

Reklame politik adalah hiburan tersendiri buat saya. Kelokan tajam dan lubang-lubang aspal di sepanjang jalansejenak dapat dilupakan. Gambar dan tulisan politik adalah pelarian tersendiri dari komponen power steering yang bocor begitu kami turun dari belantara berkabut Gunung Halimun.

karimsuryadi's picture

Adu Manis

DEKLARASI pencalonan Ridwan Kamil sebagai  gubernur Jawa Barat pada Ahad 19 Maret ibarat lagu “Tepang Sono” dalam pertunjukan seni Jaipong. Lagu yang biasa dipersembahkan selepas Kembang Gadung tersebut merupakan transisi dari alam gaib menuju alam panggung. Berbeda dengan Kembang Gadung yang bernuansa mistis, lagu Tepang Sono sesungguhnya bentuk persembahan bagi para tetamu, sejumput salam hormat yang dibawa sinden dan para nayaga.

rahimasyik's picture

Berebut Gubernur

PEMILIHAN gubernur di Jawa Barat masih akan berlangsung tahun 2018. Pemilihan dilaksanakan serentak bersama 6 kota (Bandung, Bogor, Cirebon, Sukabumi, Banjar, Bekasi) dan 10 kabupaten (Bogor, Purwakarta, Sumedang, Subang, Bandung Barat, Kuningan, Majalengka, Cirebon, Garut, Ciamis) di Jawa Barat. Walaupun demikian, kasak-kusuknya sudah terasa.

tbachtiar's picture

Kopi

KATA kopi, sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pengguna bahasa Indonesia tidak pernah ribut dengan kata kopi. Padahal, bila melihat asal-usulnya, tumbuhan kopi bukanlah asli Indonesia. Kopi masuk ke Indonesia melalui pemerintah kolonial. Indonesia pernah dijajah oleh Belanda, Prancis, dan Ingris, yang dalam bahasa ketiga penjajah itu tak ada satu pun yang menulis kopi. Dalam bahasa Belanda ditulis koffie, dalam bahasa Prancis ditulis café, dan dalam bahasa Inggris ditulis coffee.

hawesetiawan's picture

Gunanya Pala

SETAHU saya, penemu nama “Palaguna” --- juga “Babakan Siliwangi”--- adalah mendiang penyair Wahyu Wibisana.  Jika “Babakan Siliwangi” ia alamatkan kepada sebuah ceruk hutan di Lebak Siliwangi, “Palaguna” ia lekatkan pada sebuah bangunan komersial di seberang timur Alun-alun Bandung.

karimsuryadi's picture

Hadiah Sepeda

ADA kebiasaan unik saat Presiden Joko Widodo bertemu dengan beragam komunitas. Presiden yang dikenal karena kebiasaannya “blusukan” tersebut berkali-kali menghadiahkan sepeda kepada anggota komunitas yang berhasil menjawab kuis. Seperti terjadi pada peringatan Hari Musik Nasional (Kamis, 9 Maret 2017) Presiden Joko Widodo menghadiahkan sepeda kepada penyanyi Raisa, Bimbo, Andre Hehanusa dan Ita Purnamasari.

islaminur's picture

Kutu Komputer

JON Katz punya versi tersendiri menggali akar dari kolonisasi dunia online dan konflik yang terjadi saat ini. Ia menjelaskan hal itu melalui kisah Jesse, Eric, Jason dan para “geeks” di era 90-an dalam bukunya “Geeks, How Two Lost Boys Rode The Internet Out of Idaho” yang diterbitkan tahun 2000.

tbachtiar's picture

Bila Pasokan Sembako Terputus

MOGOK berjamaah para sopir angkutan kota (angkot) dan sopir taksi di Kota Bandung, diikuti oleh para sopir angkot dari luar Kota Bandung yang rutenya masuk ke Kota Bandung, seperti dari Soreng, Banjaran, Majalaya, Lembang, Cimahi, dan Ujungberung. Selama satu hari penuh, Kamis, 9 Maret 2017, di jalanan Kota Bandung tak ada angkot yang menarik penumpang. Mereka berdiam di garasi, di pinggir jalan, atau diparkir di terminal. Walau demo sudah berakhir, tak ada satu pun angkot yang berani jalan.

hawesetiawan's picture

Lutung ka Bandung

PEMANGKU hajat adalah Java Instituut, lembaga ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Dari 17 hingga 19 Juni 1921 lembaga yang dipimpin oleh Prof. Hoesein Djajadiningrat ini menyelenggarakan kongres di Bandung. Pelindungnya, sudah pasti, Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang saat itu dijabat oleh Dirk Fock. Diskusi, pameran, dan pertunjukan diselenggarakan di pendopo kabupaten dan sekitarnya. 

karimsuryadi's picture

Dawai-dawai Keberagaman

HARUS disadari keragaman yang menjadi lansekap kebhinekaan bangsa ibarat warna-warni kelopak bunga yang mudah terkoyak. Untuk menjaganya tetap indah dibutuhkan ketelatenan untuk merawat. Seperti kata seorang teman pencinta bunga, tangkai bunga yang berduri isyarat untuk menyentuhnya dengan hati-hati. Sayangnya, selain mengundang mata yang mengagumi, warna-warni mahkota dan semerbak wangi bunga pun sering memancing ketergesaan, bahkan mengundang hama.