Kolom

ekonoer's picture

Persib, Seniman, dan Pilwakot Bandung 2018

Jika anda ingin melihat persinggungan sekaligus kejayaan Persib dan seniman Bandung, maka tontonlah film Si Kabayan dan Gadis Kota yang rilis pada tahun 1989. Film ini dibintangi oleh nama-nama besar yang telah mendapat pengakuan di kancah nasional. Sebut saja Didi Petet, Paramitha Rusady, Meriam Bellina, Rachmat Hidayat, Kang Ibing, dan Nurul Arifin.

Sekadar mengingatkan, 29 tahun lalu belum marak internet apalagi media sosial seperti Youtube dan Instagram. Ketika orang begitu mudah dikenal dan meraih popularitas dengan cara instan. Puluhan tahun lalu mereka yang bisa dikenal publik. Apalagi bermain film nasional adalah orang-orang yang telah melalui proses dan tempaan selain tentunya memiliki bakat dan kualitas. Termasuk mereka yang terlibat dalam film Si Kabayan dan Gadis Kota ini.

tbachtiar's picture

Situ Cileunca Jadi Patokan Krisis Air

ENTAH karena pada masa lalu di kawasan ini terdapat banyak tanaman leunca, lalaban yang dimakan buahnya, atau karena alasan lain, sehingga nama sungainya dinamai Ci Leunca. Kemudian bendungan yang berada di aliran sungai tersebut dinamai Situ Cileunca. Situ ini dibangun mulai tahun 1919 sampai tahun 1926, dengan membendung aliran Ci Leunca dengan tujuan utama sebagai sumber pembangkit tenaga listrik dan sumber air bersih bagi warga Kota Bandung, dengan kapasitas air 9.89 juta m3.

hawesetiawan's picture

Wajib Lapar

“Setiap kali aku kelaparan dalam waktu lama, seakan-akan otakku diam-diam keluar dari kepalaku dan meninggalkanku dalam keadaan hampa—kepalaku jadi ringan seraya melayang. Tidak lagi kurasakan beratnya di pundakku, dan terbersitlah kesadaran bahwa mataku teramat terbuka lebar terhadap segala sesuatu."

karimsuryadi's picture

Misteri Teror Bom

SETELAH sekian lama reda teror bom kembali mengguncang. Minggu 13 Mei 2018 tiga gereja di Surabaya menjadi sasaran peledakan. Menurut keterangan aparat keamaan sebagaimana tersiar di media, kejadian bom Surabaya merupakan imbas kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Salemba yang tak jauh dari Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob), tiga hari sebelum kejadian.

Tiga ledakan bom Surabaya merenggut nyawa belasan orang, dan puluhan korban luka. Ini tindakan biadab yang tidak sepatutnya terjadi.

ekonoer's picture

Priangan dan Sepak Bola Papua

Layaknya tanah Pasundan, bumi Papua pun dikaruniai pesona dan potensi alam yang luar biasa. Hal itu membuat para pemudanya betah dan enggan meninggalkan tanah tercinta. Bicara tentang ini, urang Bandung dikenal memiliki mental merantau yang tak terlalu kuat, termasuk para pemain bolanya. Pemain asal Bandung seakan enggan meninggalkan kota yang telanjur meninabobokan ini.

Berbagai akses dan kemudahan didapat, warganya ramah, makanannya enak, dsb. Sehingga menjadi cadangan abadi pun tak mengapa asal di Kota Bandung. Mental ini biasa disebut kurung batokeun yang bisa diartikan hanya bisa eksis di situ-situ saja alias jago kandang. 

tbachtiar's picture

Cilok, Sayur, dan Ikan

DI Depok, Jawa Barat, pernah ada kebijakan Wali Kota sehari tanpa nasi. Gagasan yang bagus, tapi tanpa arah yang jelas karena kebanyakan mengganti nasi dengan roti. Sepertinya kebijakan yang benar untuk mengurangi ketergantungan akan beras, padahal, roti dibuat dari tepung terigu, yang semuanya didatangkan dari luar negeri.

hawesetiawan's picture

Avengers dan Persib

Ending-nya kayak akhir pertandingan Persib melawan P.S. Tira,” celetuk saya begitu lampu kembali menyala. Gilang, anak saya, nyengir. Si sulung Lulu, yang malam itu sudah dua kali menonton Avengers: Infinity War, terkekeh.

karimsuryadi's picture

Debat Kandidat

Debat kandidat kini telah menjadi ritual wajib sebelum kandidat dipilih di bilik-bilik suara. Tujuan utamanya singkat, menyuguhkan kontras antarkandidat dalam menyerang dan bertahan, sehingga pemilih dengan mudah bisa meneguhkan atau mengubah pendiriannya. Sayangnya, aspek kontras absen dalam debat kandidat di tanah air. Tak heran beberapa debat kandidat tampak seperti lomba pidato.

ekonoer's picture

El Loco Pertama Persib

Bicara tentang Madura United, alih-alih membicarakan keberhasilan mereka menumbangkan Persib Bandung Jumat lalu, saya lebih tertarik kepada isu konflik tim asal Madura ini dengan salah satu pemain tersukses yang sempat memperkuat Maung Bandung, Cristian Gonzales. 

Publik kadung mengidentikan el loco kepada Cristian Gonzales begitupun ketika dia berbaju Persib pada era pelatih Jaya Hartono. Padahal, sejatinya penyandang julukan el loco pertama di Persib bukanlah Gonzales.

karimsuryadi's picture

Berebut Cawapres

Manuver dalam memperebutkan posisi calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Joko Widodo tampak lebih akrobatik ketimbang gerakan untuk mengusung calon presiden (capres) yang akan maju dalam Pemilihan Presiden 2019. Nama-nama yang berpeluang, atau terbawa perasaan (baper), mendampingi Joko Widodo jauh lebih banyak dan terbuka ketimbang nama-nama yang akan maju sebagai calon presiden.

ekonoer's picture

Bobotoh, Jakmania, dan Jejak Digital

Diungkitnya kembali jejak digital di kalangan bobotoh dan Jakmania dipicu kegagalan Panpel Pertandingan Persija menggelar pertandingan antara Persija dan Persib pada 28 April 2018. 

Karena siapapun dapat mengakses media sosial dan beraksi sesuka hati, dampak buruk media sosial pun terjadi yaitu konfrontasi dengan bobot tak seimbang. Seorang bocah SMP bisa mencaci maki seorang profesor sekalipun padahal keduanya memiliki pengalaman, pemahaman, dan emosi yang berbeda. Tak ada dialektika yang bermartabat dan bersifat mencari solusi, semua bantahan dan hinaan terus mengisi ruang-ruang media sosial yang membahas persoalan ini. 

tbachtiar's picture

Pulau Gunung Api di Selat Sunda

Selat Sunda merupakan selat yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra, serta antara Laut Jawa dengan Samudra Hindia. Pada titik tersempit, lebar Selat Sunda hanya sekitar 30 km. Beberapa pulau kecil terletak di tengah selat ini, di antaranya Gunung Krakatau, Sebesi, Sebuku, dan Sangeang. Karena menjadi jalur lalu-lintas kapal laut yang padat, maka kawasan ini tidak terhindar dari pencemaran yang bersumber dari kapal laut.