Kolom

tbachtiar's picture

Generasi Millennial Perintis Geotrek

GENERASI millennial itu generasi yang selalu terhubung di dunia maya. Generasi ini lahir dalam rentang tahun 1980 – awal 2000, dengan ciri yang menonjol, mereka sangat akrab dengan teknologi komunikasi dan memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan sangat kuat.

hawesetiawan's picture

Mencari Trisula

Sejarah, sudah pasti, tidak hanya berisi mimpi, melainkan juga penuh drama yang sering menimbulkan perasaan ngeri. Pada tahun 1968, misalnya, nama ”trisula” dipakai sebagai sandi operasi militer yang menghabisi kaki-tangan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Blitar, Jawa Timur. Tentara dan barisan paramiliter waktu itu ramai-ramai mengadakan apa yang disebut sebagai ”Operasi Trisula”.

karimsuryadi's picture

Indonesia Tiga Stanza

KEHARUSAN murid sekolah menyanyikan Indonesia Raya tiga stanza (bait) membuat guru dan murid sibuk menghapal lagu ciptaan Wage Rudolf Soepratman itu. Maklum selama ini lagu kebangsaan ini hanya dinyanyikan satu stanza. Seorang guru berkomentar, inilah hapalan terpanjang kedua dalam hidupnya, setelah semasa kecil menghapal bacaan shalat dan dilafalkan berjamaah sebelum pelajaran sekolah dimulai.

islaminur's picture

Remote Control

DI Amerika Serikat, Presiden Donald Trump memusuhi media-media besar. Di Twitter, berkali-kali ia mengelompokkannya dalam tagar #FakeNews, atau berita palsu. Jika dilihat, media-media yang disebut presiden sebagai berita palsu ini bukan main-main. Sebutlah NBC, ABC, CBS, New York Times, Washington Post, Huffingtonpost, hingga CNN. Ketika kelengkapan informasi dan sudut pandang tidak lagi terlayani melalui satu atau dua media yang sudah ”berwarna”, remote control dan tab jendela situs berfungsi menjaga kuasa kita atas pilihan informasi dan sudut pandang, agar tidak terjebak dalam satu sudut pandang saja.

ekonoer's picture

Quo Vadis Sanksi Komdis

Apa yang ditunjukkan oleh bobotoh dengan aksi #KoinUntukPSSI dengan menggalang dana untuk membayar denda PSSI sungguh layak diapresiasi. Ini adalah bentuk 'perlawanan' yang sangat elegan dan berkelas. Bobotoh memberi isyarat bahwa mereka bertanggung jawab secara kolektif dan juga menunjukkan bahwa mereka tak ingin merugikan klub yang mereka cintai.

tbachtiar's picture

Gunung Guntur

Gunung Guntur masa lalu pernah meletus dahsyat dan meluncurkan awan panas, jatuhan abu tebal, pasir, kerikil, bom gunung api, dan melelerkan lava. Bila aliran bahan letusan gunung api mengendap di tubuh gunung, lalu bercampur dengan air hujan, maka akan menjadi lahar, menjadi adonan yang dapat meluncur di lereng, di lembah, menguruk apa saja yang dilaluinya. Banjir lahar mahadahsyat inilah yang telah mengubah nama Gunung Gede menjadi Gunung Guntur.

miftahfaridl's picture

Muhasabah Akhir Tahun 1438 Hijriah

Umar bin Khatab, khalifah kedua dari Khullafaurrasyidin menyampaikan pesan agar seorang muslim menghitung-hitung kelemahan diri (juga potensi diri). Ia mengatakan Hasibu Anfusakum Qobla Antuhasabu; Hitung-hitunglah dirimu sebelum engkau dihitung (oleh orang lain). Tidak jarang terjadinya sebuah musibah itu karena kesalahan kita atau kelemahan kita. Al Qur’an umpamanya secara explisit  menyatakan bahwa terjadinya kerusakan didaratan dan dilautan adalah karena tangan-tangan manusia

hawesetiawan's picture

Presiden Rosid

Pelukis Rosid lagi senang dengan karyanya yang baru. Berdasarkan potret, dia menggambar wajah tujuh presiden Republik Indonesia, dari Soekarno hingga Joko Widodo. Pada kanvas yang masing-masing berukuran sekitar 150x120 cm, ia menggoreskan pensil hitam dan putih, bertumpuk, saling bertaut, membentuk raut. Bung Karno, Pak Harto, Eyang Habibie, Gus Dur, Ibu Mega, Pak Beye, dan Mas Jokowi seakan jadi tamu penting di Cigadung.

karimsuryadi's picture

Fighting Spirit

Seorang dosen senior mengeluhkan kelakuan mahasiswanya yang dinilainya tidak memiliki daya juang (fighting spirit). Persoalan yang ingin dia kritisi bukan kemudahan yang tercipta karena kemajuan teknologi, karena perubahan seperti itu by design, dan sudah menjadi keniscayaan. Namun yang disesali adalah sikap manja, gampang menyerah (epes meer), "gak tahan susah", bahkan dalam beberapa kasus, menggampangkan persoalan. Padahal, betapa pun serbamudahnya hidup, tantangan akan selalu ada meski dengan bentuk yang tidak tampak menakutkan, rumit, atau menyebalkan. Jadi, seperti halnya orang-orang yang papa, orang yang makmur sekali pun, akan dihadapkan pada tantangan, kesulitan, dan kesusahan. Jadi, daya tahan, daya juang, semangat melawan keadaan harus tetap ada betapa pun kehidupan memanjakannya dengan kemudahan.

deddymulyana's picture

Komunikasi Pariwisata

Johnson Johnrose dalam pertemuan puncak Asosiasi Pariwisata di Curacao (2002) menganalogikan pariwisata dengan telur ayam, produk istimewa yang harus selalu ada dan baik meski tak lebih baik dari telur ikan. Padahal, ayam bertelur sehari satu, sedangkan ikan bertelur ribuan sekali waktu. 

ekonoer's picture

Persib dan Sektor Kelima

Ada cerita menarik usai perhelatan SEA Games lalu, utamanya bagi para penggemar bola tanah air, yaitu terkait perkiraan harga seorang Febri Hariyadi yang hampir menyentuh angka 3 milliar rupiah. Keterangan ini dapat dilihat bebas di www.transfermarkt.com yang memuat prakiraan harga para pemain sepak bola profesional di seluruh dunia.

Terlepas dari metode dan asumsi yang www.transfermarkt.com gunakan untuk menghasilkan angka tersebut, data-data ini tentu menarik untuk di perbincangkan atau sekadar menjadi komparasi dengan pemain-pemain lain. 

tbachtiar's picture

Cekungan dan Beragam Namanya

SETIAP Idulfitri tiba, nama nama geografi Gentong, menjadi nama geografi yang banyak disebut oleh pembawa acara program mudik di beberapa stasiun televisi. Bahkan ada stasiun televisi yang terus-menerus melaporkan keadaan lalu lintas di jalan antara Bandung-Tasikmalaya itu. Di ruas jalan inilah sering menjadi penyebab kemacetan yang sangat lama, bahkan pernah macet total selama 9-10 jam, seperti yang terjadi pada Idulfitri 2017.

Kawasan Gentong rona buminya berupa cekungan yang dalam. Dalam imajinasi masyarakat dulu, geomorfologi kawasan ini menyerupai gentong, tempat air yang bentuknya seperti tempayan besar, pada umumnya terbuat dari tanah liat. Secara keseluruhan, kawasan ini menyerupai penampang gentong dibelah. Bila dilihat kedua sisi penampangnya, akan terlihat menurun tajam di kedua sisinya dan sedikit datar di bagian paling dasar.