Kuota CPNS Subang Melalui Jalur Khusus dan Umum Sebanyak 474 Orang

Ilustrasi/USEP USMAN NASRULLOH/PR

SUBANG, (PR).- Rekruitmen CPNS tahun 2018, Pemkab Subang mendapat kuota sebanyak 474. Pengisian formasinya dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu khusus sebanyak 228 dan umum 246. Bersamaan dengan adanya kepastian rekruitmen CPNS tahun ini, warga yang berminat mengikuti seleksi diimbau tak terpengaruh oleh iming-iming oknum memberikan jaminan kelulusan. Selain tak ada pungutan biaya, juga tak ada yang bisa memastikan kelulusan. Sebab proses seleksi ketat menggunakan sistem komputerisasi.

Kepastian adanya rekruitmen CPNS termasuk kuota yang didapat Subang disampaikan langsung Plt Bupati Subang Ating Rusnatim dihadapan peserta apel pagi di Halaman Kantor Bupati Subang, Kamis 14 September 2018. Seusai apel, Plt Bupati didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan SDM, Nina Herlina dan Kabid Pengadaan Eza Zaiton mengatakan pendaftaran sudah dibuka dilakukan secara online. 

Harapannya, melalui rekruitmen tahun ini bisa menambah tenaga upaya meningkatkan pelayanan dan kinerja daerah. Sebab tanpa sdm mumpuni, sebaik apapun program dan perencanaan hasilnya tak akan sesuai harapan. “Rekruitmen CPNS ini berdasarkan surat keputusan Kemenpan-RB. Kami sudah mendapat surat dan jumlah kuotanya,” kata Ating.

Dikatakannya, proses rekruitmen CPNS melalui seleksi kategori umum terbuka bagi siapa saja termasuk peminat dari luar Kabupaten Subang. Namun lokasi seleksinya harus ikut sesuai daerah yang dituju. Kategori umum ini formasi paling banyak pendidikan, disusul kedua kesehatan seperti dokter perawat dan apoteker. Selain itu ada tenaga teknis perencanaan, ahli teknik jembatan, PU, dan Ciptakarya. 

"Kami berharap hasil rekruitmen tahun ini bisa berkualitas sehingga mampu mengakselerasi pembangunan di Subang. Sebab kalau tak ditunjang SDM mumpuni hanya jadi dongeng. Kami berharap adanya tambahan SDM daerah bisa ikut "lari" mengimbangi pembangunan nasional yang diarahkan ke Subang," katanya.

Honorer

Ating mengungkapkan bagi rekruitmen kategori khusus diperuntukan mengakomodir pendaftar berasal dari tenaga honorer eks Kategori 2 yang tak lulus seleksi tahun 2013 lalu. Komposisi bagi K2 ini, terdiri dari 193 bagi pendidikan dan sisanya kesehatan. Data base K2 terus di validasi periodik berdasarkan laporan daerah. Namun yang memilik data base ada di BKN bukan daerah.

"Jadi kami tak tahu dari data base itu berapa dan seperti apa jumlahnya.Kami hanya menerima jumlah kuotanya, tapi kami berharap nantinya bisa mendapat yang terbaik sesuai kebutuhan. Daerah tak punya kewenangan, hanya sebatas mengusulkan dan menerima keputusan," katanya.

Kepala BKPSDM Kabupaten Subang Nina Herlina mengatakan rekruitmen melalui kategori umum maupun khusus, ada proses seleksi. Namun ada perbedaan, kategori umum menempuh seleksi tiga tahap sedangkan kategori khusus hanya mengikuti dua tahap. "Bagi kategori khusus mengakomodir tenaga honorer eks K2 yaitu mereka yang sudah ikut tes tahun 2013 namun tidak lulus. Data mereka sudah divalidasi di data base yang ada di BKN dan Menpan juga pegang datanya. Namun aturan kepegawaian tetap diberlakukan minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun sesuai uu no 5 thn 2014," katanya.

Nina juga mengimbau kepada peminat jangan percaya bila ada oknum yang mengaku bisa meloloskan dan meluluskan. Sebab proses rekruitmen dilaksanakan ektra ketat menggunakan sistem komputerisasi. "Kondisi ini rawan dimanfaatkan oknum, jadi jangan percaya bila ada yang bisa jamin. Itu tak benar, sistem komputerisasi yang menentukan kelulusan hanya kemampuan pesertanya. Saya juga tegaskan rak ada pungutan biaya, kalau ada yang kurang jelas bisa tanya ke BKPPSDM kami siap melayani mulai jam 8 hingga 15.00 WiB. Kami juga siapkan help desk," katanya.***

Baca Juga

Lowongan CPNS Sediakan Formasi untuk Disabilitas

SUBANG, (PR).- Pendaftaran CPNS hari ini mulai dibuka, BKPSDM Subang mengingatkan agar teliti mengisi dan memenuhi persyaratannya. Selain seleksi melalui jalur umum, Pemkab Subang juga membuka formasi bagi penyandang disabilitas, lulusan c

Puluhan Warga Subang Keracunan Makanan Tahlilan

SUBANG, (PR).- Puluhan warga Dusun Sodong, Desa Gempolsari, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang diduga mengalami keracunan setelah menyantap makanan di acara tahlilan.

Subang Butuh Jalan Lingkar Luar

SUBANG, (PR).- Kabupaten Subang butuh jalan lingkar sebagai upaya mengurai padatnya arus lalu lintas di ruas jalan pusat kota dan Jalan Cagak. Jalan lingkar timur kini sedang berlangsung tahap pembuatan DED.