Doa dari Sumedang untuk Ridwan Kamil

Bicara/ADANG JUKARDI/PR
BUPATI Sumedang terpilih Dony Ahmad Munir.

SUMEDANG, (PR),- Bupati Sumedang terpilih Dony Ahmad Munir mengharapkan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar yang baru Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, memberikan perhatian khusus dalam membantu berbagai pembangunan fisik di Kabupaten Sumedang.    

Menurut Dony Ahmad Munir,  seperti yang disampaikan sebelumnya oleh Kang Emil dan Kang Uu, mereka akan membantu berbagai pembangunan fisik di Kabupaten Sumedang, terutama penataan Kawasan Jatigede, wilayah perkotaan dan alun-alun, serta membuka poros Jalan Sukasari-Lembang. Ruas jalan tersebut menghubungkan 3 wilayah kabupaten, yakni Sumedang, Bandung dan Bandung Barat.    

“Jadi, pembangunan poros jalan yang menghubungkan kabupaten/kota khususnya di Sumedang, mohon dibantu oleh provinsi. Hal itu, untuk membuka koneksi sejumlah ruas jalan di Sumedang. Berbagai pembangunan fisik lainnya pun, akan menjadi perhatian khusus pak gubernur dan wagub Jabar yang baru untuk Kabupaten Sumedang,” tutur Dony Ahmad Munir di Masjid Agung Sumedang,  Kamis 6 September 2018.

Ia mengatakan, Kang Emil juga akan membantu kelancaran pembangunan fisik lainnya. Terutama pembangunan kawasan strategis yang menjadi program pemerintah pusat. Seperti halnya, pembangunan jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang sebagian besar ruas jalannya masuk wilayah Sumedang. Supaya Sumedang tidak menjadi kota mati atau lintasan setelah jalan tol Cisumdawu beroperasi, perlu kerjasama dengan provinsi dan pusat untuk pemanfaatan 5 exit tol Cisumdawu yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang. Kelima exit tol itu, akan dimanfaatkan  menjadi kawasan destinasi wisata unggulan.

“Pengendara di jalan tol bisa keluar dari exit  tol tersebut untuk berkunjung dulu ke Sumedang. Mereka bisa berekreasi ke sejumlah objek wisata, sekaligus  menikmati kuliner khas Sumedang sekalian membeli oleh-oleh dari Sumedang untuk dibawa pulang. Ini perlu perhatian khusus dari pemerintah pusat yang dibantu provinsi juga,” ujar Bupati Dony.

Kawasan strategis lainnya, kata dia, yakni penataan kawasan wisata Jatigede. Kawasan Jatigede sudah diprogramkan sebelumnya menjadi program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jatigede oleh pemerintah pusat. Program KEK ini harus diwujudkan guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar Jatigede. Selain itu, di Kabupaten Sumedang juga akan dibangun kawasan industri yang meliputi wilayah Kecamatan Buahdua, Ujungjaya dan Tomo (BUTOM). Untuk mewujudkannya, perlu sinergitas kerjasama dengan provinsi dan pusat.

“Berkaitan dengan hal itu, saya memohon kepada pak gubernur agar Sumedang bisa memanfaatkan tanah provinsi seluas 30 hektare di Desa Sakurjaya, Kec. Ujungjaya. Lahan tersebut akan digunakan untuk embarkasi haji khusus Jawa Barat dan rumah sakit haji.  Jarak dari Ujungjaya ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka hanya 9 km.  Terlebih lagi berdasarkan  perda provinsi, wilayah Kecamatan Ujungjaya masuk ke dalam kawasan Aerocity BIJB.  Pembangunan sejumlah kawasan strategis ini, tentunya membutuhkan  bantuan dan perhatian khusus dari provinsi dan pemerintah pusat,” katanya.

Kiriman doa

Dony mengatakan, dengan dilantiknya Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar yang baru, semoga Kang Emil dan Kang Uu diberi kesehatan, kekuatan lahir batin dan dimudahkan segala urusannya dalam mengemban tugas dan amanah sebagai  gubernur dan wagub Jabar yang baru. “Mudah-mudahan, beliau secepatnya bisa mewujudkan visi Jabar Juara Lahir dan Batin dengan masyarakat yang  sejahtera,” ucapnya.

Ia meyakini, kapasitas Kang Emil dan Kang Uu yang sudah berpengalaman dan membangun  kota dan kabupaten, bisa memberikan contoh pemerintahan yang baik yang bisa diterapkan di kabupetan/ kota di Jabar. Diyakini juga, pasangan “Rindu” bisa mengonsolidasikan setiap pembangunan di setiap kabupaten/ kota di Jabar, sesuai visi dan misinya. Ketika  kabupaten/kota-nya  maju, tentunya Jabar pun akan maju.  

“Saya yakin Pak Emil dan Pak Uu, sudah menyiapkan program unggulan dan terobosonnya untuk wujudkan misi dan misinya. Hal itu, terutama mengatasi berbagai persoalan di masyarakat, terutama   kemiskinan dan pengangguran. Begitu pula mahalnya biaya pendidik dan kesehatan,” tuturnya.

Dony juga mengharapkan, Gubernur Jabar  Ridwan Kamil dan Wagub Uu Ruzhanul Ulum memprioritaskan koneksitas  jalan yang menghubungkan antar kecamatan dan kabupaten/kota guna mendongkrak perekonomian di daerah sekitar. “Kalau jalannya  bagus hingga menghubungkan sentra pertanian dan pariwisata, diyakini akan menyejahterakan masyarakat Jawa Barat. Pembangunan infrastruktur jalan di  Jabar selatan, tengah  dan utara, termasuk jalan-jalan di Sumedang,  harus mendapatkan perhatian khusus dari provinsi,” kata Dony.***

Baca Juga

Presiden Lantik Emil dan Uu di Istana Negara

JAKARTA, (PR).- Presiden RI Joko Widodo melantik sembilan Gubernur dan Wakil Gubernur Hasil Pilkada Serentak 2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu 5 September 2018.