Bulan Depan, 32 Ribu Anak di Karawang Bakal Memiliki KIA

Ilustrasi/DOK HUMAS PEMKOT BANDUNG

KARAWANG, (PR).- Sebanyak 32 ribu anak di Kabupaten Karawang dipastikan bakal memiliki kartu identitas anak (KIA) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil). Kartu tersebut akan dibagikan bertepatan dengan hari Jadi Kabupaten Karawang, 14 September mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcatpil Karawang, Yudi Yudiawan, saat dihubungi, Minggu 19 Agustus 2018. "Sebenarnya kami memiliki blanko KIA sebanyak 79 ribu. Namun yang telah terisi data anak dan siap dicetak baru 32 ribu," katanya.

Disebutkan juga, anak di Kabupaten Karawang yang telah memiliki akta kelahir dan berhak mendapatkan KIA tercatan ada 600 ribu jiwa. Hanya saja, tidak semua bakal mendapatkan KIA kerna jumlah blanko KIA-nya belum mencukupi.

Oleh karena itu, lanjut Yudi, hanya anak berusia 12 tahun lebih yang diprioritaskan memegang KIA. "Aturanya anak usia dari 0 hingga 17 tahun harus sudah memiliki KIA. Untuk sementara kami batasi anak kelas 1 hingga kelas 3 SMP yang akan dibagi KIA," katanya.

Disebutkan pengambilan data anak akan dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Dengan demikian, pendataan identitas anak bakal lebih mudah dilakukan Disdukcatpil.

Dijelaskan juga, cara untuk mendapatkan KIA cukup mudah. Masing-masing anak tinggal membawa akta kelahiran dan KK saja, KIA-nya sudah bisa diproses.

Pendataan akurat

Menurut Yudi, peberian KIA bertujuan untuk melakukan pendataan anak secara akurat di Indonesia. Selain itu, KIA juga bisa digunakan untuk kebutuhan pendidikan anak-anak.

Saat ini, sambung Yudi, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan pihak Gramedia. Siswa yang telah memiliki KIA ini akan memdapatkan potongan harga khusus saat berbelanja buku di Gramedia. 

"Ke depan kami berharap fungsi KIA bisa dikerjasamakan dengan sarana edukatif lainnya," katanya.

Saat ditanya bentuk KIA,  Yudi menjelaskan, bentuknya hampir menyerupai KTP-e. Hanya saja KIA untuk usia 0 hingga 6 tahun tidak diberi foto pemiliknya. Sementara KIA bagi anak berusia  6 hingga 17 tahun dicantumkan foto anak.***

You voted 'sedih'.

Baca Juga

Hanya Demi KTP, Warga Karawang Harus Antre Sejak Subuh

KARAWANG, (PR).- Pemerintah Kabupaten Karawang mengaku kewalahan melayani masyarakat yang mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.