Tiga Pejabat Eksekutif Ajukan Pensiun Dini untuk Maju di Pileg 2019

Ilustrasi/HARRY SURJANA/PR

KARAWANG, (PR).- Dua pejabat eselon III dan seorang pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang memilih beralih bakti menjadi pejabat legialatif. Mereka mendaftar sebagai calon anggota legislatif periode 2019 - 2024.

Guna keperluan tersebut, tiga pejabat eksekutif itu rela mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih awal. Mereka adalah Asep Cece Juhandi (Camat Telukjambe Timur), Saryadi (Camat Kutawaluya), dan Asep Hidayat Lukman (Dirut RSUD Karawang). Kedua camat mendaftar sebagai calon anggota DPRD melalui Partai Demokrat. Sementara Dirut RSUD, Asep Hidayat Lukman, mendaftar sebagai calon anggota DPR RI melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, membenarkan ada ASN di lingkungan kerjanya yang memilih berkiprah di bidang politik. "Mereka telah mengajukan pensiun dini. Suratnya sudah kami terima dan telah diteruskan ke Kemandagri dan Badan Kepegawaian Nasional," ujar Cellica seuasai memimpin upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-73 tingkat Kabupaten Karawang, di Lapang Karangpawitan, Jumat 17 Agustus 2018.

Disebutkan, surat pengunduran diri ke tiga pejabat itu telah diterimanya sejak satu bulan lalu. Namun, mereka baru akan dibebastugaskan dari jabatannya, setah namanya tercantum dalam daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif. Saat itu pula, hak-haknya sebagai ASN akan hilang. Disebutkan juga, guna mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan mereka akan dipercayakan kepada pelaksana tugas atau Plt. Sementara, penetapan pejabat definitifnya kemungkinan akan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan mutasi para pejabat eselon II hinga IV.

Mutasi

Dijelaskan pula, dalam pelaksanaan mutasi nanti, ada beberapa pejabat eselon III yang promosi naik ke eselon II. Namun,  sebelumnya mereka harus mengikuti seleksi yang digelar secara terbuka. "Ada enam camat yang mengikuti seleksi naik jabatan," kata Cellica.

Keenam camat itu adalah Camat Pedes Asep Supriatna, Camat Klari Mamat Rachmat, Camat Tempuran Suwandi, Camat Cikampek Syueb Sulaeman, Camat Ciampel Agus Sigiona, dan Camat Rengasdengklok Asep Wahyu Suherman. Mereka memperebutkan jabatan Staf Ahli Bupati dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). "Hasil seleksi akan diumumkan 21 Agustus 2018," katanya.***

Baca Juga

Pencarian Lion Air JT 610, Lumpur Laut Hambat Alat Scan Sonar

KARAWANG, (PR).- Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Inspektur Jendral Agung Budi Maryoto memastikan titik pencarian korban dan bangkai pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang kini dibagi ke dalam 9 zona.

Antemortem DNA Seluruh Korban Lion Air Jatuh Terkumpul

KARAWANG, (PR).- Memasuki hari k tujuh pencarian korban Lion Air jatuh dengan rute penerbangan JT610, tim Disaster Victum Investigation (DVI) Polda Jawa Barat meninggalkan posko pencarian di Pantai Tanjungpakis, Karawang.