Purwakarta Siapkan Bioskop 4D Bergaya Sunda

Bale Sawala/MOCHAMMAD IQBAL MAULUD/PR
PARA PNS Purwakarta sedang berada di bioskop Purwakarta Bale Sawala Yudhistira beberapa waktu lalu. Rencananya Purwakarta akan bangun bioskop 4D pada awal masa kepemimpinan Anne Ratna Mustika.*

PURWAKARTA, (PR).- Calon Bupati Purwakarta terpilih Anne Ratna Mustika berencana membangun bioskop 4D ‎dengan gaya arsitektur Sunda. Dia berharap, setelah pelantikan nanti akan ada pihak ketiga yang bersedia mewujudkan harapannya tersebut.

"Saya berusaha mewujudkan harapan masyarakat Purwakarta yang ingin memiliki bioskop. Nah karena Purwakarta sangat menjunjung tinggi entitas budaya. Maka saya ingin bioskopnya memiliki arsitektur Sunda," kata Anne di kediamannya di Desa Sawah Kulon, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, pada Rabu 8 Agustus 2018.

Menurut Anne bioskop tersebut nantinya harus memiliki teknologi canggih. Di antaranya dengan penyediaan layanan bioskop 4 dimensi seperti di kota-kota besar. Meski tidak harus semua teater memakai teknologi tersebut.

Sehingga,‎ lanjut Anne, pembangunan bioskop ini bisa mengakomodir para kaum milenial atas kebutuhan hiburan. "Bisa kan digabungkan antara tekonologi kekinian dengan budaya. Jadi sambil menonton, kawula muda Purwakarta juga bisa belajar melestarikan budaya," katanya.

Sementara untuk arsitekturnya Anne mengaku, Pemda Purwakarta sudah berpengalaman. Hal ini karena sebelumnya sudah ada Bale Sawala Yudistira‎ yang dibangun Dedi Mulyadi. "Seperti kita lihat, di sana meski bentuknya bioskop, tetapi masih mempertahankan kearifan lokalnya. Yah itu tadi gaya Sundanya masih kental," kata Anne.

Hanya saja bioskop tersebut lanjut Anne, belum menyajikan tayangan film-film terkini. Bahkan ‎warga Purwakarta jika ingin menonton film terkini harus keluar daerah. Seperti ke Bandung atau Karawang. "Saya terpikirkan hal ini saat saya kemarin menonton Si Doel Anak Sekolahan ke Karawang. Saat itu saya menonton bersama suami dan anak-anak sa‎ya," katanya.

Oleh karena itu Ambu Anne berharap akan ada investor dari pihak ketiga yang bisa mewujudkan cita-citanya ini. "Purwakarta kini adalah destinasi wisata di Jawa Barat peringkat pertama. Mudah-mudahan dengan pembangunan bioskop ini menjadikan Purwakarta semakin banyak dikunjungi wisatawan," ucapnya

Pembangunan jalan

Anne Ratna Mustika pun mengaku akan menyelesaikan beberapa pembangunan jalan di Purwakarta yang hingga kini belum tuntas. Pembangunan ini dia fokuskan pada tri wulan terakhir seusai Anne dilantik pada September mendatang.

"Semisal pembangunan jalan yang menghubungkan Jembatan Ciherang di Kecamatan Pasawahan. Lalau ada jalan di Selaawi yang tembus ke Desa Cibukamanah, Kecamatan Cibatu," kata perempuan yang akrab disapa Ambu ini.

Perbaikan bangunan-bangunan yang bersifat fisik pun ‎tidak dilupakan. Hal ini dikarenakan sudah banyak infrastruktur di Purwakarta yang sudah mulai rusak. "Jadi untuk awal menjabat, saya akan fokus penuh pada infrastruktur dulu. Meski pembangunan di Purwakarta sudah mencapai 90 persen dari harapan," ujarnya.***

Baca Juga

Kekosongan Pemerintahan Bikin Purwakarta Tak Terurus

PURWAKARTA, (PR).- Selain kurangnya armada, ternyata luas tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) di Purwakarta pun kecil. Akibatnya mulai nampak sampah bertebaran di sisi-sisi trotoar di Purwakarta. Khususnya di wilayah perkotaan.

Penanganan Sampah Purwakarta Lambat

PURWAKARTA, (PR).- Padatnya penduduk di wilayah Purwakarta Kota, berdampak pada melimpahnya produksi sampah. Sehingga banyak pemukiman warga yang pembuangan sampahnya tidak terangkut armada.