50 Bakal Calon Legislatif Pangandaran Gunakan Ijazah Paket C

Ilustrasi/ANTARA
Pendaftaran Caleg.*

PARIGI, (PR).- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pangandaran saat ini tengah memverifikasi syarat-syarat administrasi bakal calon legislatif. Sejauh ini, verifikasi sudah masuk tahap sinkronisasi ijazah terakhir ke lembaga pendidikan.

Namun, Ketua KPU Kab Pangandaran Wiyono Budi Santoso mengatakan, pihaknya kesulitan karena dari total 337 bacaleg di Kab Pangandaran, ada beberapa bacaleg yang menggunakan ijazah pendidikan terakhir Paket C. 

"Ada 50 bacaleg yang menggunakan ijazah paket C untuk melengkapi persyaratannya," ucap Wiyono saat dikonfirmasi, Rabu, 8 Agustus 2018.

Maka lanjut Wiyono, hingga saat ini pihaknya masih melakukan tahapan verifikasi sinkronisasi ijazah pendidikan terakhir para bacaleg. "Namun kami terkendala dengan ijazah pendidikan Paket C yang digunakan beberapa bacaleg," ungkapnya. 

Dia menuturkan, banyak PKBM yang telah mengeluarkan ijazah paket C tapi saat ini lembaganya sudah tutup, sehingga harus melakukan validasi data ke Dinas Pendidikan daerah di mana PKBM itu berada. 

Seperti diketahui, dari 16 partai politik peserta pemilu 2019 di Pangandaran, hanya 12 partai politik yang telah mendaftarkan Bacaleg. Dari 12 parpol itu terdaftar sebanyak 377 bacaleg dan beberapa di antaranya menggunakan ijazah Paket C sebagai syarat pendidikan terakhirnya.

Wiyono juga mengatakan, dari 377 bacaleg ada beberapa yang terancam gagal mencalonkan karena tidak melengkapi persyaratan.

"Padahal kami sudah memberikan banyak waktu untuk melengkapi kekurangan persyaratan," ujarnya. 

Kasubbag Teknis dan Humas Sekretariat KPU Kab Pangandaran, Wawan Cahyana menambahkan, bahwa dirinya baru saja melakukan perjalanan untuk mevalidasi ijazah paket C ke berbagai daerah.

"Seperti ke PKBM dan Dinas Pendidikan di Tanggerang Banten, Cimahi dan daerah lainnya bersama tim dari Panwaslu kabupaten," ungkapnya. 

Dirinya mengaku sedikit mengalami kesulitan ketika PKBM yang ditujunya sudah tidak ada atau sudah tutup.

"Ya kita coba cek ke kantor Dinas Pendidikan disana pasti ada datanya," ujar Wawan.

Wawan juga mengatakan, dalam waktu dekat ini untuk rekap bakal calon legislatif pemilu 2019 sudah siap.***

Baca Juga

Anak 11 Tahun Meninggal Tenggelam di Muara Saat Mencari Kerang

PARIGI,(PR).- Nyawa Sendi (11) pelajar kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 4 Putrapinggan sudah tidak tertolong lagi ketika ditemukan di dasar muara di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran oleh anggota TNI Angkatan Laut

Pangandaran Diserbu Pendaftar CPNS

PARIGI,(PR).- Kabupaten Pangandaran diserbu pendaftar CPNS. Meski hanya mendapatkan kuota sebanyak 447 dari 650 yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Pangandaran, namun pendaftar terus bertambah.

Belum Memenuhi Syarat, Pendaftaran Lelang Jabatan Diperpanjang

PARIGI, (PR).- Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran kembali membuka pendaftaran untuk pelaksanaan open bidding atau lelang jabatan,  yang sebelum pendaftaran sudah ditutup sejak Senin 24 September 2018 kemarin.  Pasalnya, menur