KPU Tetapkan Rindu Sebagai Pemenang Pilgub Jabar 2018, Ridwan Kamil Tak membeda-bedakan

Rapat Pleno KPU Jabar/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
KETUA Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat Yayat Hidayat (tengah) menyerahkan hasil rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih kepada Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa 24 Juli 2018. Dalam penghitungan suara Pilgub Jabar 2018, pasangan Rindu meraih 7.226.254 suara mengungguli tiga pasangan lainnya.*

BANDUNG, (PR).- KPU Provinsi Jawa Barat menetapkan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sebagai pasangan yang terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 melalui rapat pleno terbuka di Aula KPU Jawa Barat Jalan Garut Kota Bandung, Selasa 24 Juli 2018 siang.

"KPU Jawa Barat menetapakan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut satu sebagai pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018," kata Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat saat memimpin rapat pleno tersebut.

Berita acara penetapan pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sebagai pasangan calon terpilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 dibacakan Kabag Hukum Teknis Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat Teppy Darmawan.

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum hadir dalam rapat pleno tersebut.

Selain itu, Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan dan Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari juga hadir dalam rapat pleno tersebut. Demikian dilaporkan Antara.

Tak membeda-bedakan

Ridwan Kamil menyatakan, dia siap melayani 48 juta warga Jawa Barat tanpa membedakan suku, ras dan agama usai dia dilantik.

"Setelah dilantik nanti bahwa ada 48 juta warga Jawa Barat yang akan kami beri solusi tanpa membeda-bedakan apakah dia pendukung kami atau bukan, tanpa membedakan suku, agama atau ras," kata Ridwan Kamil di Aula KPU Jawa Barat Jalan Garut Kota Bandung.

Menurut Ridwan Kamil, pilkada adalah masa lalu dan slogan Jabar Juara lahir bagi masa depan.

"Kami juga ingin memberikan sebuah cerita bahwa kita semua sudah berkompetisi dan kini saatnya kita bangun Jabar kembali usai kita menghadiri rapat pleno ini," kata dia.

Ridwan Kamil menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh rakyat Jawa Barat yang telah menunjukkan sikap politik yang dewasa. Hal itu dibuktikan dengan pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 yang aman, lancer, dan damai serta meningkatnya tingkat partisipasi pemilih yakni mencapai 71 persen.

"Terima kasih kepada seluruh warga Jawa Barat dan kami juga ucapkan terima kasih kepada KPU karena telah memberikan kesempatan saya berbicara di rapat pleno ini," tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat menjelaskan, rapat pleno terbuka tersebut merupakan perintah PKPU Nomor 9 Tahun tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Selain itu, juga sejalan dengan terbitnya surat KPU RI Nomor 739 tentang Penetapan Paslon Terpilih tanpa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP), sehingga kami berkewajiban melakukan rapat pleno terbuka ini," ujarnya.

Perolehan suara

Menurut dia, penetapan pasangan calon terpilih juga mengacu kepada Keputusan KPU Jabar Nomor 145/2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, yang antara lain menjelaskan hasil suara: Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu, meraih 7.226.254 suara (32,88 persen).

Berikutnya diikuti pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu atau Asyik 6.317.465 suara (28,74 persen), pasangan Deddy-Dedi 5.663.198 suara (25,77 persen), dan pasangan Hasanudin-Anton Charliyan atau Hasanah 2.773.078 suara (12,62 persen).

Dengan demikian, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih.

Penetapan Pasangan Calon Terpilih kemudian dituangkan dalam Berita Acara yang selanjutnya diserahkan ke DPRD untuk menjadwalkan rapat paripurna istimewa pengumuman hasil pilkada di Jawa Barat. Berita acara juga diserahkan ke Bawaslu dan partai politik.***

Baca Juga

Inggris Dukung Program Ridwan Kamil untuk Ulama

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Inggris melalui Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Mr Moazzam Malik menyebutkan bahwa Pemerintah Inggris dan para pelaku bisnisnya mendukung visi misi Jawa Barat di bawah pemerintahan Ridwan Kamil dan Uu

22 Kepala Daerah di Jawa Barat Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 22 kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat menyatakan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

Ini Sembilan Program Prioritas Ridwan Kamil di Bidang Transportasi

BANDUNG, (PR).– Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Barat menggelar acara press conference yang dikemas santai namun informatif dengan tajuk Japri (Jabar Punya Informasi) di Taman Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung,