Pilpres 2019, Sebanyak 29.000 Relawan Samawi akan Sosialisasikan Dukungan untuk Jokowi

SEJUMLAH pendiri Solidaritas Ulama Muda Jokowi menggelar konferensi pers sebelum acara pendeklarasian di Kawasan Sentul Kabupaten Bogor, Selasa 10 Juli 2018 sore. Mereka berencana menyosialisasikan dukungan terhadap Jokowi melalui 28.000 relawan di desa-desa.

CIBINONG, (PR).- Sekitar 15.000 orang mengikuti deklarasi pembentukan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) di kawasan Sentul Kabupaten Bogor, Selasa 10 Juli 2018 malam. Mereka menyatakan dukungan terhadap Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua.

"Kita akan mengajak (memilih Jokowi -red) door to door kepada masyarakat (untuk Pilpres 2019 -red). Tim kita, ustadz kita yang ada di desa kurang lebih 28.000," kata Sekretaris Jendral Samawi, Aminuddin Maruf, dalam konferensi pers sebelum acara. Acara yang dimulai malam hari itu dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

Bahkan, para relawan akan dibekali dengan buku panduan berisi materi yang perlu disampaikan kepada masyarakat terkait prestasi Jokowi. Para relawan juga disiapkan untuk menangkal isu yang menyerang Jokowi di Pilpres 2019. "Tapi tidak dengan kampanye negatif," kata Amin menegaskan.

Perekrutan relawan Samawi ditargetkan terkumpul sebanyak lebih dari 29.000 hingga Agustus 2018. Mereka disiapkan menjadi suatu gerakan mainstream dengan tujuan politik taktis memenangkan Jokowi di Pilpres 2019 sekaligus sebagai Presiden untuk periode keduanya.

Amin mengklaim telah membentuk perwakilan Samawi di 192 daerah yang tersebar di 10 provinsi. Dalam waktu dekat, Samawi berencana menentukan koordinator nasional, provinsi hingga ke setiap daerahnya sambil terus menambah jumlah perwakilan di daerah lainnya.

Dominasi generasi muda

Saat ini, ia menyebutkan pimpinannya adalah KH Abdul Hadi Nur yang juga pimpinan Pesantren Nurul Qodim Paiton Probolinggo. Sesuai nama kelompoknya, Amin mengatakan para anggotanya didominasi generasi muda berlatar belakang pendidikan agama Islam dari berbagai aliran.

Namun, dukungan Samawi kepada Jokowi tidak sampai pada perekomendasian Calon Wakil Presiden untuk periode selanjutnya. Amin memastikan kelompoknya tidak mengarahkan cawapres tertentu. Menurutnya, Jokowi lebih tahu sosok yang bisa mendampinginya nanti.

"Ya tentunya (kriterianya -red) yang bisa memberikan nilai lebih kepada presiden baik secara elektoral maupun yang lain," katanya. Amin kembali menegaskan pendeklarasian Samawi hanya untuk mendukung Jokowi maju kembali dalam Pemilihan Presiden periode 2019-2024.***

Baca Juga