Digerebek Warga, Gudang Miras Nyaris Dibakar

Gudang Miras/AHMAD RAYADIE/PR
Warga kampung sukaraja, Desa Pasir Halang Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi , Kamis, 8 Juni 2018, saat tengah menggerebek gudang miras.*

SUKABUMI, (PR)- Ribuan botol berisi minuman keras (Miras) dari berbagai merek dan jenis, Kamis, 28 Juni 2018 disita petugas kepolisian resort (Polres) Sukabumi Kota. Hal ini setelah gudang miras yang terletak di Kampung Sukaraja, RT 03/10, Desa Pasir Halang, Kecamatan Sukaraja tersebut sebelumnya digerebek warga.

Penggerebekan yang dilakukan massa sempat mengundang perhatian warga dan pengguna kendaraan bermotor. Apalagi kemudian sejumlah personil kepolisian dan tentara bersenjata laras panjang  mengamankan areal gudang tempat penyimpanan miras.

Sebelum diserahkan kepada pihak kepolisian, warga sempat membuang miras dari dalam botol yang akan dijadikan barang bukti. "Warga telah membawa ribuan miras dengan menggunakan lima truk milik gudang ke kantor polisi," kata warga Kampung Sukaraja, Ujang.

Dia mengatakan, penggerebekan dilakukan warga setelah mencium adanya indikasi penyimpanan minuman keras di gudang tersebut. "Warga mendatangi gudang tersebut dan terbukti ribuan miras telah tersimpan didalam gudang ini," katanya.

Nyaris dibakar

Ketua Rukun Warga (RW) 10, Bambang Safari membenarkan adanya penggrebekan yang dilakukan warga disekitar gudang tersebut. Gudang yang dijadikan tempat penyimpanan miras terindikasi tidak mengatongi ijin. 

Bahkan gudang tersebut nyaris akan dibakar warga. Beruntung tokoh masyarakat dan pihak desa dan kecamatan berhasil mencegah aksi yang akan dilakukan warga tersebut. Sehingga aksi warga tidak terjadi.

"Kami berhasil mencegah warga yang akan membakar gudang ini.  Warga marah selain dipakai tempat penyimpanan miras, juga keberadaaan gudang tersebut sama sekali tidak mengantongi ijin. Karena selama ini kami sama sekali tidak pemberitahuan yang harus ditempuh pemilik gudang untuk proses perijinan," katanya.

Bambang mengatakan ribuan miras yang disita warga telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Mereka berharap agar gudang tersebut tidak lagi dipergunakan tempat penyimpanan miras.

"Warga dan para ulama yang tergabung MUI Sukaraja sangat berharap aktivitas gudang tersebut untuk segera dipindahkan," katanya.***

Baca Juga

Bersihkan Gunung Gede, Warga Bentuk Pagar Betis

RATUSAN warga bersama tentara, polisi, ibu-ibu PKK, Linmas, guru dan pelajar tumpah ruah menyisir kaki Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Sukabumi, Sabtu 15 September 2018.