Bus Pariwisata Ludes Terbakar di Tol Cipali

Petugas pemadam kebakaran dari DPKPB Subang tengah memadamkan api yang membakar bus pariwisata. Bus itu ludes terbakar di jalan Tol Cipali, tepatnya Jalur B KM 96 sekitar Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang.

SUBANG, (PR).- Bus pariwisata nomor polisi B 7889 MN ludes terbakar di Jalan Tol Cikopo - Palimanan, tepatnya di Jalur B Kilometer 96 daerah Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang, Selasa 26 Juni 2018 siang. Dalam kejadian itu tak ada korban jiwa. Selain busnya tak mengangkut penumpang, sopir dan kernetnya juga bisa menyelamatkan diri.

Informasi yang diperoleh, Selasa siang kebakaran terjadi saat bus pariwisata Malino Putra asal Jawa melintas di jalan Tol Cipali. Beberapa saat sebelum lokasi kejadian, bus yang dikemudikan sopir Budiarto dan kondektur Anggi itu terbakar dibagian mesin belakang mobil. Saat keduanya mengetahui ada bagian yang terbakar langsung menepikan laju bus dan berhenti di bahu jalan, sekitar fly over. 

Sopir dan kernet turun, memeriksa bagian belakang. Ketika itu sudah terlihat kobaran api. Sambil berupaya melakukan pemadaman, kejadian itu diketahui petugas LMS selaku pengelola Tol Cipali. Peristiwanha dilaporkan sekaligus meminta bantuan pemadaman ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Subang. Upaya memadamkan api yang dilakukan sopir dan kernet dengan peralatan seadanya tak membuahkan hasil. Api terus membesar dan merembet, membakar hampir sebagian besar badan bus.

Tak lama, tim Pemadam Kebakaran dari DPKPB Subang tiba dilokasi. Saat itu pemadaman sempat mengalami kendala. Akhirnya petugas bisa mengendalikan dan memadam api, tetapi semua bagian badan bus sudah ludes terbakar. Selama penanganan kebakaran berlangsung, arus lalu lintas di jalur B dihentikan sementara. Namun tak berlangsung lama. Setelah api padam dan situasi dinilai aman, arus lalu lintas menuju Jakarta bisa melintas lagi dan perlahan normal kembali.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Subang, Wawan melalui Kasi Pengendalian Ops Bidang Damkar, Wawan mengatakan laporan terjadinya kebakaran diterima sekitar pukul 12.25 WIB. Begitu mendapat laporan tim langsung berangkat dan tiba dilokasi kejadian di KM 96 Tol Cipali sekitar pukul 12.42 WIB. "Yang melapor kebakaran dari LMS. Waktu tiba dilokasi ketika hendak melalikan pemadaman kami sempat mengalami kendala, sehingga ada jeda waktu tapi tak lama bisa memadam kobaran api yang membakar bus," ujarnya.

Dia mengungkapkan penyebab pasti kebakaran belum diketahui, tetapi dari keterangan saksi dugaan awal api berasal dari gesekan cup mesin bagian belakang. Gesekan itu kemungkinan memicu munculnya percikan api, sehingga merembet ke bagian mesin dan belakang bus. "Semua bagian mobil sudah terbakar. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, busnya tak berpenumpang. Sopir dan kernetnya juga selamat. Kalau penyebab pasti kebakarannya perlu pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.***

Baca Juga

Lowongan CPNS Sediakan Formasi untuk Disabilitas

SUBANG, (PR).- Pendaftaran CPNS hari ini mulai dibuka, BKPSDM Subang mengingatkan agar teliti mengisi dan memenuhi persyaratannya. Selain seleksi melalui jalur umum, Pemkab Subang juga membuka formasi bagi penyandang disabilitas, lulusan c

Puluhan Warga Subang Keracunan Makanan Tahlilan

SUBANG, (PR).- Puluhan warga Dusun Sodong, Desa Gempolsari, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang diduga mengalami keracunan setelah menyantap makanan di acara tahlilan.

Subang Butuh Jalan Lingkar Luar

SUBANG, (PR).- Kabupaten Subang butuh jalan lingkar sebagai upaya mengurai padatnya arus lalu lintas di ruas jalan pusat kota dan Jalan Cagak. Jalan lingkar timur kini sedang berlangsung tahap pembuatan DED.