Harga Ayam Kampung di Majalengka Mencapai Rp 95.000/Kg

Harga Daging Ayam Melonjak/TATI PURNAWATI
SEORANG penjual daging ayam sedang melayani pembeli di pasar Majalengka, Rabu 13 Juni 2018. Harga daging ayam di pasar tradisional di Majalengka mencapai Rp 50.000 per kg dan ayam kampung mencapai Rp 95.000 per kg.*

MAJALENGKA, (PR).- Dua hari menjelang Lebaran, daging sapi dan ayam di pasar tradisional di Majalengka melonjak naik. Untuk menghindari kenaikan yang lebih tinggi, banyak konsumen membeli lebih awal, Rabu 13 Juni 2018.

Harga daging sapi pada Rabu pagi hari sekitar pukul 5.00 WIB hingga pukul 8.00 WIB di sejumlah pedagang masih sebesar Rp 135.000 per kg, naik sebesar Rp 5.000 per kg dari hari-hari biasa di bulan Ramadan. Hanya menjelang siang selepas pukul 10.00 WIB harga kembali mengalami kenaikan hingga mencapai 145.000 per kg.

Kondisi serupa terjadi pula pada harga daging ayam kampung dan ayam sayur. Harga daging ayam kampung yang biasanya Rp 60.000 per kg tiba-tiba meroket mencapai Rp 95.000 per kg. Sedangkan harga daging ayam sayur yang semula hanya Rp 38.000 per kg naik menjadi Rp 50.000 per kg.

Kenaikan harga yang cukup tinggi ini diduga akibat permintaan konsumen yang tinggi. Para pembeli berjubel di pasar, bahkan langsung ke tempat penjualan ayam kampung. Mereka berebut mengambil ayam sendiri-sendiri sebelum dibuka pemiliknya. Alasannya, mereka khawatir tidak kebagian.

Dua kali naik

Rizki dan Devi asal Perumahan Bumi Cikal Asih, Desa Tenjolayar, Kecamatan Sukahaji bahkan mengaku sudah memesan ayam sejak sehari sebelumnya karena mengetahui kondisi barang akan berebut dengan konsumen lain.

"Saya sudah pesan sejak Senin kemarin, daging ayam 4 kg dan daging sapi 4 kg," ungkap Devi.

Sedangkan Rizki mengaku membeli ayam sebanyak 10 kg, sebagian untuk dibagikan kepada pamiliknya. Dia memesan barang sehari sebelumnya.

Diah malah terlihat memisahkan lebih dari 15 ekor ayam kampung dengan berat hingga mencapai 20 kg, alasannya membeli dalam jumlah banyak karena anak dan cucunya semua yang berasal dari luar kota berkumpul berlebaran di Majalengka.

Dudung, salah seorang pedagang daging sapi yang memotong dua ekor sapi mengatakan, kenaikan harga akan terus terjadi hingga menjelang Lebaran esok. Hanya saja, ia tidak bisa memprediksi berapa harganya.

Selama puasa, hingga dua hari menjelang Lebaran, sudah terjadi dua kali kenaikan harga.***

Baca Juga