Selain Historical Landing, Ini Jadwal Jokowi dalam Kunjungan ke Kuningan dan Majalengka

Bandara Kertajati/ANTARA
FOTO udara landasan Bandara Kertajati di Majalengka. PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan pengembangan landasan pacu yang mencapai 3.000 X 60 meter di Bandara Kertajati akan rampung pada Oktober mendatang.*

BANDUNG, (PR).- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, akan mulai beroperasi dan melakukan pendaratan perdana (historical landing) Kamis 24 Mei 2018. Rencananya historical landing tersebut juga dilakukan oleh pesawat yang ditumpangi Presiden Joko Widodo.

Jokowi berencana melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Majalengka dan Kuningan dimulai dari Kamis 24 Mei 2018. Menurut siaran yang diterima PR, ini sejumlah jadwal kerja Jokowi dalam kunjungan ke Majalengka dan Kuningan.

Jokowi beserta istri dijadwalkan bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusumah Kamis pukul 9.00 WIB dengan pesawat Kepresidenan CN 295 TNI AU. Penerbangan diperkirakan berlangsung 50 menit, sehingga pukul 09.50 WIB, rombongan tiba di BIJB Kertajati Majalengka Kab. Jabar.

Acara dilanjutkan dengan peresmian pengoperasian BIJB Kertajati oleh Jokowi.

Usai salat zuhur, Jokowi ke Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka untuk menyerahkan Kartu Indonesia Pintar pukul 13.30 WIB. Pukul 17.41 WIB, Jokowi melaksanakan buka puasa pribadi di hotel.

Di Majalengka, Jokowi dan rombongan akan mendirikan salat tarawih.

Hari kedua, Jumat 25 Mei 2018, usai sahur dan check out dari hotel, Jokowi berangkat ke Kuningan. Pukul 9.00-11.00 WIB, jadwalnya meresmilan Bendungan Kuningan di Desa Randusari dilanjutkan peninjauan.

Setelah salat Jumat, ia akan menyerahkan Sertifikat Tanah kepada masyarakat Kuningan, bertempat di GOR Ewangga Kabupaten Kuningan.

Jokowi dan rombongan akan pulang Jumat sore dengan pesawat Kepresidenan dari Bandara Cakrabuana, Kabupaten Cirebon.

Historical flight

Selain historical landing, juga rencananya ada historical flight lain.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, Bandara Kertajati akan melayani lima rute penerbangan domestik.‎ Rute penerbangan tersebut adalah Kertajati-Denpasar, Kertajati-Surabaya, Kertajati-Ujung Pandang, Kertjati-Balikpapan, Kertajati-Medan. "Nanti disiapkan setelah historical flight, maskapainya seperti Garuda Indonesia, Citilink, dan Sriwijaya. Kami berharap bisa digunakan juga untuk mudik,"ujar dia.

Meski sebelumnya dikabarkan batal menjadi titik berangkat jamaah haji, Angkasa‎ Pura II sudah berencana untuk menambah panjang landasan pacu Kertajati menjadi 3.000 meter. Dengan demikian, bandara tersebut sudah bisa melayani penerbangan haji secara langsung tahun 2019. "Pembangunannya sekitar Juli tahun ini, selesai paling sekitar enam bulan," ucapnya.

Tahun 2018 ini, Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa Bandara Kertajati dapat menampung maksimal 2.500 jamaah haji atau lima kloter. Jamaah tersebut kemungkinan berasal dari Majalengka dan Sumedang.***

Baca Juga

Bandara Kertajati Resmi Layani Penerbangan Reguler

MAJALENGKA, (PR).- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati resmi melayani penerbangan reguler per Minggu 1 Juli 2018 ini. Rute yang dibuka yakni Kertajati-Surabaya, dan Surabaya-Kertajati.

Anak Lebih Tertarik Gawai daripada Perpustakaan

MAJALENGKA, (PR).- Kunjungan ke Perpustakaan di Kabupaten Majalengka setelah lebaran menurun drastis hingga hampir mencapai 80 persen setiap harinya. Kondisi ini diduga akibat seluruh anak sekolah masih menjalani hari libur sekolah.