Pembangunan Lajur Keselamatan di Tanjakan Emen Harus Segera Direalisasi

Tanjakan Emen/ANTARA
Pengendara sepeda motor melintas di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa, 27 Februari 2018 lalu.*

SUBANG, (PR).- Berbagai kalangan berharap rencana pembangunan lajur keselamatan di tanjakan emen, atau tanjakan Cicenang Desa/Kecamatan Ciater Kabupaten Subang realisasinya bisa dipercepat. Pasalnya kebutuhan lajur itu mendesak, dan diharapkan mampu menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas di daerah tersebut.

"Kalau bisa sebaiknya pembuatan lajur keselamatan di tanjakan/turunan Cicenang bisa dipercepat. Mudah mudahan rencana kali ini bisa terrealisasi. Soalnya beberapa tahun lalu kami sempat dengar akan ada penataan tapi belum ada realsasinya, baru sebatas pemasangan rambu rambu," kata Rohman pengguna jalan yang tengah istirahat di warung tak jauh dari lokasi kejadian, Rabu, 14 Maret 2018.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang Rona Mairansyah berharap ke depan tak terjadi lagi kecelakaan lalu lintas dilokasi sama. Berbagai upaya antisipasi darurat sudah dilakukan melibatkan intansi terkait termasuk kepolisian. 
Misalnya, rambu peringatan hingga imbauan sudah dipasang. "Kami berharap penanganan permanen bisa secepatnya direalisasi, yaitu pembuatan lajur keselamatan," ujarnya.

Kapolres Subang Muhammad Joni mengatakan, informasi yang diperolehnya pembuatan lajur keselamatan direalisasikan tahun ini. Malahan saat ini sedang dalam proses di Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat.

"Informasinya sekarang sedang proses lelang," ujarnya.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jabar, Prahoro merasa prihatin, baru beberapa pekan terjadi kecelakaan yang mengakibatkan puluhan korban jiwa, kini terjadi lagi.

Pihaknya sudah koordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi dan Perhubungan, serta akan dibuatkan berbagai rekayasa untuk keamanan pengguna kendaraan yang melintas di daerah tanjakan emen. “Kami sudah memasang berbagai rambu-rambu peringatan. menurut informasi perbaikan jalan di seputar tanjakan aman sedang proses tender,“  katanya.

Kecelakaan tunggal menimpa rombongan pegawai Rumah Makan di Indramayu, di Tanjakan/Turunan Cicenang yang dikenal masyarakat dengan Tanjakan Emen, Senin, 12 Maret 2018. Mobil elf travel berisi 16 orang, 7 orang mengalami luka berat dan 9 orang luka ringan.***

Baca Juga

Penanganan Longsor Tanggulun Masih Berlangsung

SUBANG, (PR).- Dampak longsor yang terjadi di Tanggulun Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang menyebabkan sekitar 30 ton ikan hilang terbawa arus air. Selain itu 10 ton padi rusak terbawa arus, dan tertimbun lumpur serta tanah.

Jenazah Nuryati PMI Ilegal Arab Saudi asal Subang Tiba Rumah Duka

SUBANG, (PR).- Jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Riyadh, Arab Saudi, asal Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, Nuryati (46) telah dipulangkan. Tim penjemput dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Subang mengantarkan jenazah ke kam