Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Memesan Tiket Kereta Api

Ilustrasi Gerbong Kereta Api Premium/ADE BAYU INDRA/PR

BICARA tentang perjalanan jauh, sering dikaitkan dengan kereta api. Sebab, hingga kini kereta masih menjadi salah satu moda transportasi umum andalan masyarakat Indonesia. Eksistensi kereta api terbukti memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bepergian dengan murah dan nyaman—menikmati pemandangan alam seperti gunung atau sungai. Apalagi, untuk urusan pulang kampung saat Lebaran.

Untuk menggunakan layanan kereta api, tentunya Anda harus terlebih dulu memiliki tiket atas nama sendiri. Saat ini, pemesanan tiket kereta api sudah tersedia dalam sistem yang lebih mudah dan aman. Namun, hingga kini masyarakat masih sering mengabaikan 5 hal ini saat memesan tiket kereta api. Berikut yang perlu Anda perhatikan:

1. Reservasi tiket sedini mungkin

Banyak orang sengaja menunda pemesanan tiket kereta api karena menganggap tiket tersebut belum tersedia. Akhirnya, Anda memesan tiket kereta ketika waktu sudah mepet dengan tanggal keberangkatan. Jika demikian, ujung-ujungnya Anda pun rentan kehabisan tiket.

Padahal, PT KAI (Persero) membuka penjualan tiket kereta api sejak H-90 tanggal keberangkatan. Itu artinya, Anda sebenarnya sudah bisa memesan tiket kereta api sejak 3 bulan sebelum berangkat. Ketersediaan ini berlaku pada semua jaringan resmi penjualan tiket kereta api, baik online maupun offline.

Semakin dini memesan tiket kereta api, maka semakin besar peluang Anda mendapatkan tiket. Anda pun semakin tenang dalam mempersiapkan perjalanan. Rencana pulang kampung Lebaran nanti? Pastikan Anda mulai membeli tiket kereta dari sekarang untuk menghindari kehabisan tiket semakin dekat ke hari H nanti.

2. Memesan tiket melalui online travel agent (OTA)

Situs resmi PT KAI (Persero) memang dapat menjadi salah satu situs online untuk Anda yang berburu tiket kereta api. Namun, selain itu, Anda dapat pula melakukan transaksi tiket kereta melalui online travel agent (OTA) lain yang memang merupakan partner resmi PT KAI.

Anda hanya perlu mengunjungi situs OTA maupun mengunduh aplikasi mobile OTA tersebut di ponsel dan dapat melakukan pemesanan dengan praktis. Masing-masing OTA menawarkan keunggulan yang menjamin pengguna dapat memesan tiket dengan lebih efisien.

3. Mencari promo tiket kereta

Penjualan tiket kereta api biasanya disertai dengan penawaran promo. Promo-promo menarik yang umumnya ditawarkan antara lain promo "Cashback", "Beli 2 Gratis 1", dan promo "Reward Point".

Alasan umum seperti ingin cepat selesai dan malas, membuat orang-orang cenderung langsung memesan tiket kereta api tanpa mengecek apa saja promo yang sedang berlaku pada waktu tersebut. Bisa saja, Anda sudah melewatkan kesempatan untuk memperoleh tiket kereta api dengan harga yang lebih murah.

4. Menyiapkan data lengkap penumpang

Tiket kereta api hanya berlaku apabila data penumpang yang tertera pada tiket telah benar sesuai kartu identitas dirinya. Oleh karena itu, Anda memastikan data penumpang yang akan berangkat tertera dengan teliti. 

Untuk Anda yang melakukan pemesanan tiket kereta api melalui Traveloka, salah satu OTA unggulan tanah air untuk melakukan transaksi pemesanan tiket, fitur Passenger Quick Pick dapat memudahkan proses tersebut. Dengan fitur ini, Anda dapat menyimpan data penumpang di sistem Traveloka, sehingga ketika hendak membeli tiket, Anda cukup memilih nama penumpang yang akan melakukan perjalanan tanpa perlu mengetik ulang data mereka secara manual. Mudah bukan?

5. Mengecek fitur-fitur lain yang tersedia pada OTA

Orang-orang seringkali langsung memesan tiket kereta tanpa terlebih dahulu mengecek fitur-fitur canggih dalam OTA pilihannya. Padahal, jika meluangkan waktu sebentar saja untuk mengecek fitur-fitur pada situs web atau aplikasi OTA, Anda bisa menikmati beragam kemudahan.

Saat ini, online travel agent berlomba-lomba menawarkan keunggulannya. Segala fitur canggih dihadirkan untuk memberikan kemudahan dalam hal pemesanan tiket kereta api. 

Traveloka, misalnya, yang selain memiliki fitur "Passenger Quick Pick" di poin No. 4 di atas, juga memiliki fitur-fitur menarik lain yang memudahkan proses pembelian tiket kereta api Anda. Dengan fitur "Saldo UANGKU", pengguna dapat mengisi saldo dompet online di Traveloka hingga maksimum Rp 1 juta. Saldo tersebut nantinya dapat digunakan untuk bertransaksi, termasuk membayar tiket kereta Anda.

Untuk yang memilih melakukan pembayaran dengan kartu kredit, fitur "Kartu Saya" ("My Cards") hadir untuk menyimpan data atas lebih dari 1 kartu kredit pengguna dalam satu akun. Ketika hendak membayar, Anda tinggal memilih kartu yang ingin digunakan dan menyelesaikan transaksi

Kelima hal di atas adalah sebuah kebiasaan sederhana yang bisa memberikan keuntungan lebih dalam pembelian tiket kereta. Kebiasaan mengabaikan hal tersebut dapat menyebabkan kita merugi. Demi mendapatkan tiket kereta api tanpa menguras banyak waktu, tenaga, dan biaya, mulailah untuk tak lagi mengabaikan ke 5 hal tersebut sejak sekarang.***

Baca Juga

Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan P.R.A. Arief Natadiningrat.*

Sultan Cirebon: Keraton Siap Jaga NKRI

CIREBON, (PR).- Sultan Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Jawa Barat, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengatakan siap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ibu Kandung Aniaya Bayinya hingga Koma

KARAWANG, (PR).- Penyidik Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Karawang dan Unit Perlidungan Perempuan Anak Satreskrim Polres Karawang akhirnya menetapkan Shinta (27), sebagai tersangka kasus penganiayaan bayi hingga koma.