Kalah di PTUN Jakarta, Rustandie Yakin Masih Ada Waktu

Pilbup Kabupaten Purwakarta - Pilkada Serentak 2018/DWI SETYADI/PR

PURWAKARTA, (PR).-‎ Menanggapi kekalahan atas KPU pada sengketa Pilkada Purwakarta oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta, balonkada Purwakarta, Rustandie-Dikdik Sukardi menyatakan pihaknya masih memiliki waktu yang cukup.

Menurut Rustandie, pihaknya akan mengikuti terlebih dahulu perkembangan yang ada. "Kita Ikuti saja karena masih ada waktu yang cukup," ujar Rustandie melalui pesan singkatnya pada Jumat 9 Februari 2018.

Sebelumnya diberitakan KPU Purwakarta memenangkan gugatan yang diajukan oleh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Rustandie-Dikdik Sukardi di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner Divisi Hukum KPU Purwakarta, Ade Nurdin di ruang kerjanya pada Kamis 8 Februari 2018. Menurut Ade, kemenangan ini diputuskan pada Rabu 7 Februari 2018 kemarin. "Dengan nomor putusan No.1/G/Pilkada/2018/PTTUN Jakarta," ucapnya.

Tiga poin

Ade menyatakan dengan kemenangan KPU maka ada tiga poin penting yang harus dijalani oleh kedua belah pihak. Baik pihak KPU Purwakarta dan Bapaslon Rustandie-Dikdik Sukardi.

"PTUN Jakarta, menetapkan, pertama menolak seluruh gugatan penggugat, kedua menyatakan para penggugat berada dalam pihak yang kalah dan ketiga menghukum penggugat untuk membayar biaya perkara. Demikian akhir di PTUN Jakarta, antara KPU Purwakarta dan Bapaslon Rustandi-Dikdik," kata Ade.

Selain itu Panwaslu Purwakarta menyatakan menolak permohonan bapaslon tersebut dalam sengketa pilkada. Hal ini dikarenakan dalil-dalil yang diajukan oleh Bapaslon Rustandie-Dikdik Sukardi selama masa sidang berlangsung dinilai tidak kuat. 

Sebaliknya, KPU dianggap sudah menjalankan tugasnya sesuai amanat perundangan. Dalam hal ini UU 10/2016 dan PKPU 3/3017 maupun perubahannya PKPU 15/2017 tentang pencalonan.

"Pemohon juga keliru memahami tentang masa penelitian syarat pencalonan sebagaimana tertuang dalam PKPU 2/2018 perubahan PKPU 1/2017 tentang tahapan. Menurut mereka, penelitian syarat pencalonan berlgsung tanggal 8-16 januari. Padahal  tahap tersebut dilakukan bersamaan waktu pendaftaran tanggal 8-10 Januari. Kecuali penelitian syarat calon," ujar Ketua Panwaslu Purwakarta, ‎Oyang Este Binos beberapa waktu lalu.***

Baca Juga

Ini Nomor Urut Pasangan Calon Pilbup Purwakarta 2018

PURWAKARTA, (PR).- Nomor urut bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilbup Purwakarta 2018 akhirnya ditetapkan. Penetapan ini dilakukan oleh KPU Purwakarta setelah sebelumnya diadakan pengundian.