50 Anggota Kopaska Berlatih di Pangandaran 

Latihan Kopaska/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan Kopaska merupakan Pasukan Khusus milik TNI Angkatan Laut (KSAL), yang didirikan pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno, kembali melakukan latihan di Kabupaten Pangandaran.

PANGANDARAN, (PR).- Komando Pasukan Katak atau lebih dikenal dengan sebutan Kopaska merupakan Pasukan Khusus milik TNI Angkatan Laut (KSAL), yang didirikan pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno, kembali melakukan latihan di Kabupaten Pangandaran. latihan kali ini berjumlah sebanyak 50 orang personil pasukan Kopaska selama satu minggu.

"Kopaska sudah untuk yang ketiga kalinya melakukan latihan di Pangandaran," ungkap Komandan Pos TNI Angkatan Laut Kab Pangandaran Peltu Laut Dayat Sudrajat saat dikonfirmasi, Kamis 8 Pebruari 2018.

Menurut Dayat, pihaknya menilai bahwa wilayah di Kabupaten Pangandaran sangat strategis untuk melakukan latihan bagi para anggota pasukan elit TNI AL (Kopaska). Selain berlatih, menurut Dayat, juga bisa sekaligus berwisata. Pasalnya, kata Dayat, Kopaska lebih menguasai dalam pengamanan di daerah perairan selain di darat. 

"Dengan melakukan latihan terjun kita bisa lihat indah pantai Pangandaran dari atas," ucapnya. Kata Dayat, anggota Kopaska sudah sejak Sabtu pekan lalu melakukan latihan di Pangandaran, dan akan berakhir pada Sabtu 9 Februari 2018 besok. 

Dayat menjelaskan, Kopaska memiliki tugas utama menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai dan operasi pendaratan kekuatan amfibi. Jika tidak sedang ditugaskan dalam rangka operasi militer, tim detasmen Paska dapat ditugaskan sebagai pengawal pribadi VIP seperti Presiden dan Wakil Presiden.

Kopaska juga, kata Dayat mengunakan baret merah layaknya Kopassus namun merah yang digunakan tetap memiliki perbedaan. 

"Kopaska memiliki semboyan Tan Hana Wighna Tan Sirna yang berarti tak ada rintangan yang tak dapat diatasi," ujarnya, seraya dirinya menambahkan bahwa dalam tugas manusia katak memiliki tiga tugas utama yaitu tugas dalam operasi amphibi, operasi khusus dan operasi tambahan dalam menjaga NKRI. ***

Baca Juga

Puluhan Pelajar Terlibat Tawuran di Pangandaran

PANGANDARAN, (PR).- Petugas Polisi yang di bantu oleh warga berhasil mengamankan puluhan pelajar saat tawuran di Pangandaran tepatnya di dekat pintu masuk obyek wisata pantai Pangandaran atau depan Pos Lantas Pangandaran, Sabtu, 15 Septemb

Destinasi Baru ala Kampung Belanda Dibanjiri Pengunjung

PANGANDARAN,(PR).- Ratusan pengunjung mulai membanjiri pusat kuliner dalam rangka peresmian Hooba Beach Foodcurt yang berada di kawasan Grand Pangandaran Bulaklaut Dusun Karangsari, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Panganda

Sumbangan untuk Korban Gempa Lombok Digondol Maling

PANGANDARAN, (PR).- Kawanan pencuri berhasil menggondol uang sumbangan untuk korban gempa bumi Lombok Nusa Tenggara Timur yang dikumpulkan oleh pihak sekolah SDN 2 Sidomulyo Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.