Imas Aryumningsih, dari Pedagang Beras hingga Menjadi Bupati

Imas Aryumningsih dan Sutarno/YUSUF ADJI/PR

SETELAH Bupati Subang Ojang Sohandi resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap oleh KPK pada 2016, Imas Aryumningsih kemudian menggantikan posisinya. Dengan ditetapkannya Imas Aryumningsih sebagai Bupati Subang untuk sisa masa jabatan 2013-2018, ia menjadi Bupati perempuan pertama dalam sejarah Subang.

Imas Aryumningsih mengawali kariernya sebagai pedagang beras. Dia kemudian mencoba peruntungannya di bidang konstruksi. Sebagai pengusaha, ia dikenal sukses menangani proyek-proyek penting di Kabupaten Subang maupun di daerah lain.

Pada 2008, ia mulai tertarik terjun ked dunia politik. Saat itu, Imas Aryumningsih menggandeng Primus Yustisio untuk mencalonkan diri sebagai Bupati dan wakil bupati Subang periode 2008-2013.

Akan tetapi, pasangan tersebut dikalahkan pasangan petahana. Kekalahannya kala itu tak membuat Imas Aryumningsih menyerah. Ia kembali mencalonkan diri dalam Pilkada Subang 2013, tetapi kali ini posisinya sebagai calon wakil bupati bersama Ojang Sohandi.

Pasangan Ojang-Imas memenangi Pilkada Subang 2013. Keduanya terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Subang periode 2013-2018.

Aktif di media sosial

Perempuan yang akrab disapa Bunda Imas ini dikenal aktif membagikan informasi kegiatan sehari-harinya sebagai Bupati Subang di media sosial. Tak jarang, ia juga melontarkan candaan dalam judul foto-foto yang diunggahnya.

Selain itu, Imas Aryumningsih kerap berinteraksi dengan warganet yang berkomentar di halaman media sosialnya. Di mata warganet, Imas Aryumningsih dinilai sebagai sosok yang ramah dan dekat dengan warga.

Berbagai penghargaan

Sejak menjadi Bupati Subang, putri kedua dari enam bersaudara hasil pernikahan pasangan Sulaeman dan Unengsih ini banyak meraih penghargaan. Salah satu di antaranya adalah penghargaan Original Rekor Indonesia (ORI).

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi penyelenggara pendukung dan sebagai pemerhati anak bangsa atas gagasan ide kreatif. Gagasannya itu berupa kolaborasi anak TK dengan 100 pelukis nasional dalam acara Painting Exhibition Pesona Tatar Sunda Subang. Mereka melukis dalam satu kanvas yang sama sepanjang 100 X 1 meter dalam waktu serentak.

Imas Aryumningsih juga mendapat penghargaan sebagai salah satu perempuan inspiratif yang telah melakukan karya nyata di lingkungan masyarakat bangsa dan negara. Penghargaan diberikan oleh Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI).***

Baca Juga

Agus Masykur Rosyadi Aktif Membantu Petani

AGUS Masykur Rosyadi atau yang akrab disapa Kang Akur merupakan calon wakil bupati Subang 2018. Pria kelahiran Subang, 4 Agustus 1972 tersebut mulai aktif di dunia politik sejak tahun 2000-an.