Sembilan Puskesmas Mewah di Pangandaran Siap Beroperasi

Puskesmas Pangandaran/AGUS KUSNADI/KP
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Asisten I Tatang Moelyana saat melakukan monitoring untuk kesiapan gedung Puskesmas di Kec Padaherang, Rabu, 3 Januari 2018.*

PARIGI, (PR).- Sembilan gedung puskesmas mewah di Kabupaten Pangandaran sudah selesai di bangun. Dua gedung puskesmas mewah di antaranya yakni di Parigi dan Cikembulan sudah beroperasi. Sementara yang tujuh puskesmas yang baru saja selesai di bangun, pekan depan sudah bisa ditempati dan melakukan pelayanan.

"Maka sekarang saya kumpulkan para Kepala UPT Puskesmas yang ada di Kab Pangandaran untuk diberikan pembinaan dan bimibingan untuk memulai pelayanan kesehatan di gedung puskesmas yang baru," ungkap Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat melakukan monitoring ke lokasi bangunan Puskesmas di Kecamatan Padaherang didampingi Asisten I Tatang Moelyana, Rabu, 3 Januari 2018.

Menurut Jeje, dari 15 puskesmas yang ada di Kab Pangandaran, baru 9 puskesmas yang sudah di bangun bertaraf hotel bintang tiga. Tahun 2018, kata Jeje, akan membangun sebanyak 5 puskesmas dengan tipe yang sama. 

"Satu ruang rawat inap untuk dua pasien yang dilengkapi dengan AC dan televisi," ujarnya. 

Pembinaan tenaga medis

Kunjungannya ke beberapa lokasi pembangunan puskesmas, kata Jeje, untuk melihat kesiapan gedung yang akan dibuka dan beroperasi pada 17 Januari 2018.

"Dan tahun ini saya akan konsentrasi membangun rumah sakit. Alhamdulilah janji saya dan Kang Adang kepada masyarakat untuk meningkatkat layanan kesehatan sudah terwujud. Karena kita tahu kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat hanya untuk kesejahteraan masyarakat Pangandaran. Sekarang gedungnya sudah bagus, maka pelayanannya juga harus bagus, Dinas Kesehatan tinggal melakukan pembinaan terhadap tenaga medis," ucapnya. 

Jeje berpesan kepada seluruh Kepala UPT Puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu mereka juga diminta untuk menjaga bangunan puskesmas yang megah tersebut, serta lakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kab Pangandaran

Kegiatan monitoring bertujuan untuk menjamin terlaksananya kebijakan, program dan proyek sesuai dengan target dan rencana yang telah ditetapkan. Pembangunan Puskesmas di 10 kecamatan di Kab Pangandaran merupakan visi Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran Jeje-Adang dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kab Pangandaran.

Kadis Kesehatan Kab Pangandaran Yani Achmad Marzuki mengatakan, Dinas kesehatan sekarang sedang membangun 9 puskesmas di Kabupaten Pangandaran. Semua pembangunan puskesmas, kata Yani sudah PHO dan sudah dibayar semua ke pihak rekanan.

"Ada lima puskesmas baru yang bisa dipergunakan untuk rawat inap pada 17 januari besok," ujarnya.

Dia menambahkan, semua puskesmas yang baru selesai dibangun akan diresmikan dan sudah bisa melayani pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

"Kami juga sudah mengirimkan tenaga medis untuk melakukan bimbingan dan pelatihan pelayanan kesehatan di RS Siaga Medika Banyumas Jawa Tengah," katanya. (Agus Kusnadi/KP)***

Baca Juga

Layanan Kesehatan Gratis Diperpanjang Otomatis Hingga 2018

BEKASI, (PR).- Pemerintah Kota Bekasi menjamin warganya pemegang Kartu Bekasi Sehat bisa tetap mengakses layanan kesehatan gratis di tahun 2018 meskipun dalam kartu tertera masa berlaku hingga Desember 2017.

Jembatan Ciputrapinggan Resmi Bisa Kembali Digunakan

PANGANDARAN, (PR).- Jembatan Ciputrapinggan yang menghubungkan jalan nasional di Kabupaten Pangandaran akhirnya diresmikan oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Adang Hadari.