Renovasi Stadion Pajajaran Bogor Dipercepat

Meninjau Stadion/HILMI ABDUL HALIM/PR
WALIKOTA Bogor Bima Arya meninjau Stadion Pajajaran Kota Bogor bersama pejabat instansi terkait, Rabu, 3 Januari 2017. Perbaikan stadion tersebut dipercepat untuk mengejar pelaksanaan Asian Games 2018 sebagai sub-venue cabang olahraga sepakbola.*

BOGOR, (PR).- Pemerintah pusat memulai proyek perbaikan Stadion Pajajaran Kota Bogor yang akan dijadikan sub-venue Asian Games 2018. Pekerjaan yang awalnya diperkirakan selama tujuh bulan harus dipercepat hingga lima bulan agar bisa digunakan sebelum pesta olahraga tersebut, Agustus 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor Eko Prabowo mengakui pekerjaan proyek tersebut terlambat dari jadwal seharusnya mulai Desember 2017. Menurutnya, pekerjaan sempat terkendala sejumlah masalah teknis. “Setelah diskusi dengan kontraktor, mereka sanggup menyelesaikannya Mei 2018,” katanya di Stadion Pajajaran Kota Bogor, Rabu, 3 Januari 2017.

Pada kesempatan itu, ia mendampingi Walikota Bogor Bima Arya dan sejumlah pejabat instansi terkait untuk meninjau lokasi. Menurut pemantauannya, pekerjaan proyek tersebut sampai sekarang mencapai 10-20 persen yakni dalam proses pembangunan bedeng.

Eko memastikan stadion milik masyarakat Kota Bogor itu akan disesuaikan dengan standar Federasi Sepakbola Internasional FIFA. Bagian utamanya adalah rumput stadion yang terbuat dari rumput organik terbaik. Perbaikan rumput terakhir kali dilakukan pada 2011 menggunakan jenis rumput di bawah standar.

Ia mengatakan tiang gawang yang akan digunakan berbahan aluminium lunak agar tidak menimbulkan cedera serius saat terjadi benturan dengan pemain. Selain itu, lampu stadion akan diganti dengan teknologi Light Emitting Diode (LED) sehingga lapangan bisa digunakan pada malam hari.

Perbaikan juga meliputi fasilitas lain seperti kamar ganti, kamar mandi, tribun dan bench pemain. Eko mengakui Pemerintah Kota masih bernegosiasi dengan pihak terkait untuk mengganti papan skor manual dengan sistem digital. “mau yang berteknologi LED juga,” katanya berharap.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan Stadion Pajajaran yang berdiri sejak 1967 ini akan ditutup untuk umum selama proses renovasi. Bima yang melakukan peninjauan ke lokasi mengharapkan stadion tersebut nantinya bisa dilengkapi jalur lari (jogging track) berbahan sintetis.

Bima mengaku akan menawarkan pihak ketiga untuk merawat bangunan stadion tersebut dan ikut mengembangkan prestasi tim sepakbola setempat. Selain masuk dalam perencanaan Pemerin Kota Bogor, peningkatan fasilitas stadion tersebut juga diakui telah masuk rencana Pemerintah pusat.

Bima mengakui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) sudah melakukan peninjauan dan mengecekan kondisi stadion pada Desember 2017 lalu.

"Biaya renovasi Stadion Pajajaran mencapai tiga miliar rupiah dari pemerintah pusat. Tapi, Pemkot berencana melakukan lobi kembali ke Kemen PUPR. Semoga bisa ditingkatkan lagi,” katanya.

Selain Stadion Pajajaran, stadion lain yang akan menjadi sub-venue Asian Games cabang olahraga sepakbola adalah Stadion Persikabo Kabupaten Bogor. Keduanya dipilih karena berada di dekat Stadion Pakansari Kabupaten Bogor yang menjadi lokasi utama pertandingan cabang tersebut.***

Baca Juga

Polisi Lakukan Sidak Setelah Tawuran Tewaskan 1 Pelajar

CIBINONG, (PR).- Petugas kepolisian, Pemerintah Kecamatan Cibinong dan instansi lain di Kabupaten Bogor melakukan inspeksi mendadak, Rabu, 3 Januari 2018, ke beberapa sekolah yang kerap terlibat tawuran antar pelajar.

Calon Wakil Bima Arya Berinisial D

BOGOR, (PR).- Wali Kota Bogor Bima Arya membocorkan identitas calon wakil wali kota yang akan mendampinginya pada Pemilihan Wali Kota Bogor 2018 berinisial nama D.