Partai Berkarya Purwakarta, Siap Tampil Menghadapi Pileg 2019

Partai Berkarya/MOCHAMMAD IQBAL MAULUD/PR
SUASANA di Kantor DPD Partai Berkarya Kabupaten Purwakarta yang menghangat setelah partai lolos verifikasi faktual tingkat awal, pada Rabu 3 Januari 2018.*

PURWAKARTA, (PR).- Setelah memenuhi syarat administrasi dan dinyatakan lolos, DPD Partai Berkarya Kabupaten Purwakarta menjalani verifikasi faktual. Verifikasi ini meliputi kepengurusan, sekretariat dan keterpenuhan 30 persen anggota perempuan.

KPU Purwakarta dan Panwaslu setempat pada Rabu 3 Januari 2018 langsung mendatangi sekretariat partai besutan Tommy Soeharto tersebut. Sekretariat ini berada di Jalan Basuki Rahmat, Kabupaten Purwakarta.

Sehari sebelumnya, KPU Purwakarta juga telah melakukan hal yang sama terhadap DPC Partai Garuda Kabupaten Purwakarta. Jajaran KPU telah mendatangi Sekretariat Partai Garuda di Jalan Kapten Halim, Pasar Rebo.

Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Purwakarta, Asep Abdulloh mengatakan, proses verifikasi faktual ini menjadikan partainya lebih percaya diri dan optimis. Terutama dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.

"Alhamdulillah, walupun perjuangannya berdarah-darah dan malalui perjalanan yang berliku, akhirnya Partai Berkarya dinyatakan lolos dan menjalani proses verfak. Ini menjadi semangat baru untuk seluruh jajaran pengurus, kader dan simpatisan Partai Berkarya di Purwakarta," ujarnya.

Namun demikian, lanjut Kang Asep Uoh, perjalanan panjang menuju verfak ini menjadikan jajaran pengurus Partai Berkarya lebih matang. Sehingga bisa lebih maksimal dalam memperjuangkan eksistensi partai yang baru terbentuk ini.

"Dari semua proses, kita bisa ambil hikmahnya, setidaknya Partai Berkarya jadi makin populer. Kita makin optimis bisa meraih kursi legislatif pada Pemilu mendatang. Kita targetkan satu perwakilan bisa masuk disetiap dapil," katanya.

Diketahui, KPU menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sebagai rujukan verifikasi faktual di lapangan. Hal ini dikarenakan data-data parpol seperti kepengurusan, kantor dan syarat-syarat lain sudah diisikan dan didokumentasikan dalam Sipol.

104 anggota akan diverifikasi

Komisioner KPU Purwakarta, Ahmad Said Widodo menambahkan pihaknya khusus didatangkan untuk verfak Partai Bekarya. "Kami memeriksa secara khusus para anggota termasuk KTP dan KTA partai ini. Bahkan besok kami juga akan memeriksa langsung ke lapangan," ujarnya.

Jadi nantinya lanjut Ahmad ada sekira 104 anggota yang akan diverifikasi dimasing-masing kecamatan. "Jumlah ini didapat dari data yang masuk kepada kami bahwa jumlah keseluruhan anggota di Purwakarta ada 1047 orang. Jadi diambil sampelnya," ujarnya.

Menurut Ahmad Partai Berkarya adalah partai ke-4 yang telah menjalani verifikasi faktual. Sebelumnya sudah ada Partai Perindo, Partai Garuda dan Partai PSI yang sudah lebih dulu jalani pemeriksaan tersebut.

"Kami pun masih menunggu di pusat tentang masuk tidaknya Partai Idaman. Jika masuk akan diverifikasi juga," ucapnya seraya menambahkan untuk Partai Berkarya ini saya berterima kasih karena memberikan kemudahan saat berkoordinasi.

"Saya harap Partai Berkarya di Kabupaten Purwakarta ini bisa solid dan maju. Terutama saat nanti jelang pemilihan legislatif yang akan berlangsung pada 2019 mendatang," ucapnya.***

Baca Juga

Anne Ratna-Aming Mendaftar ke KPU Purwakarta

PURWAKARTA, (PR).- Pasangan Calon bupati dan wakil bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan H. Aming mendaftar ke KPU Kabupaten Purwakarta. Mereka diantar oleh ratusan kader dan simpatisan dari 6 partai di Purwakarta.