NPCI Karawang Mati Suri, Atlet Difabel Tetap Ikuti Kejurda

Ilustrasi/DOK. PR

KARAWANG, (PR).- Kendati National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Karawang sedang mengalami ‘mati suri’,  namun Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Karawang, tetap mengirimkan atlet voli duduk untuk mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda) yang di gelar di Kabupaten Bekasi.

Ketua PPDI Karawang, Nanang Kosim mengatakan, pihaknya mengirimkan dua tim volly duduk di Kejurda Bekasi sebagai ajang partisipasi. Padahal, NPCI di Karawang saat ini sedang ‘mati suri’ karena pengurusnya belum ada.

“Sebenarnya banyak atlet difabel yang berprestasi di Karawang, Namun, para atlet NPCI yang berprestasi asal Karawang malah diambil oleh kabupaten lain untuk mengikuti kejuaraan,” ujarnya.

Dikatakan, partisipasi dua tim volly duduk ini dilakukan atas dasar
dorongan para kaum disabilitas untuk ikut memeriahkan kegiatan Kejurda di Bekasi. “Meskipun hanya berpartisipasi, tapi ke depan jika ada organisasi yang menanunginya kami yakin bisa memberikan prestasi bagi Karawang,” katanya.

Dijelaskan, jika pemerintah daerah memiliki keseriusan untuk membantu kaum disabilitas, seharusnya bisa mengaktifkan kembali NPCI Karawang yang saat ini belum ada pengisian pengurus.

“Kami pernah melakukan komunikasi dengan KONI untuk mengaktifkan kembali NPCI, tapi KONI menyarankan agar kami menghubungi Disdikpora. Sementara, pihak Disdikpora tidak merespon terkait pengisian pengurus NPC,” ungkapnya. 

Nanang Kosim menjelaskan pula, pihaknya siap membantu pemerintah untuk mencari bibit atlet disabilitas. Apalagi, banyak warga Karawang yang berpotensi menjadi atlet difabel. Namun, akibat tidak diberdayakan, atlet difabel itu akhirnya digunakan oleh kabupaten lain.

“Kami tidak mau menyusahkan pemerintah. Kami ingin para penyandang cacat diberi kesempatan untuk bisa mandiri dan bisa mengisi pembangunan. Kami tidak ingin dikasihani, hanya meminta kesempatan yang sama dengan orang-orang normal,” tuturnya.

Dikatakan juga, jika NPCI Karawang diaktifkan lagi, diharapkan pada Oktober mendatang, Karawang bisa ikut berpartisipasi dalam Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) di Bogor. “Jika pembinaan tepat, kami yakin atlet difabel Karawang bisa berprestasi,” katanya.***

Baca Juga

Bupati Karawang Membuka Pekan Olahraga Pelajar

KARAWANG, (PR).- Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana membuka Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Kabupaten (Popkab) si Lapang Karangpawitan, Karawang Barat, Rabu 18 April 2018. Kegiatan tersebut diikuti 500 atlet siswa SD dan SMP. 

Prabowo: 35 Persen Anak Indonesia Kekurangan Gizi

KARAWANG, (PR).- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut 35 persen anak Indonesia saat ini dalam kondisi kekurangan gizi. Prabowo mengklaim pernyataan itu mengacu kepada data yang dimiliki Bank Dunia.