Sambut Wisatawan Libur Natal dan Tahun Baru, Pemkab Pangandaran Siapkan Alternatif Jalur Darat

Jalur Wisata Pangandaran/AGUS KUSNADI/KP
JALUR wisata ke Pangandaran aman dilalui meski pembangunan jembatan pengganti Ciputrapinggan belum selesai. Pemerintah daerah menyiapkan dua jembatan darurat untuk melancarkan arus kendaraan.*

PARIGI, (PR).- Pemkab Pangandaran siap menyambut kunjungan wisatawan pada musim libur Natal dan Tahun Baru ini. Jalan dan jembatan disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, koordinasi lintas dinas dan pihak keamanan sudah dilakukan. Utamanya, membahas akses jalur darat.

"Ya kalau kemacetan di titik-titik tertentu seperti di persimpangan hal itu pasti terjadi karena ada peningkatan volume kendaraan ,“ ungkap Jeje, Jumat, 22 Desember 2017.

Soal kesiapan jembatan Ciputrapinggan, Jeje mengatakan, pembangunan jembatan tersebut diharapkan bisa selesai sebelum malam Tahun Baru. Namun jika memang pembangunan jembatan tersebut belum selesai pada waktu yang telah ditentukan, masih ada dua jembatan darurat sebagai jalan alternatif yang sekarang sedang diperbaiki.

“Saya yakin dengan kedua jembatan itu arus kendaraan bisa lancar dan aman sehingga jalur untuk obyek wisata tidak mengalami kendala," ujar Jeje.

Pembangunan jembatan Ciputrapinggan sempat menghadapi kendala dengan ambruknya salah satu girder. Menurut Jeje, hal itu sudah langsung diatasi kontraktor.

Ia mengatakan, sebenarnya jika melihat kewenangan pembangunan jembatan itu berada di pemerintah pusat karena memang anggarannya pun dari APBN. Tapi karena manfaat dari jembatan tersebut hampir sepenuhnya dinikmati masyarakat Pangandaran, maka ia pun hampir tiap hari melihat proses pembangunnya.

Agenda wisata

Liburan Natal dan Tahun Baru tinggal menghitung hari. Untuk menyemarakkan momen pergantian tahun itu, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Pangandaran tengah mempersiapkan berbagai acara. 

"Diantaranya pagelaran seni budaya ronggeng gunung yang akan digelar pada 30 Desember. Rencananya akan mencetak rekor MURI yaitu sebanyak 2018 sesuai penggantian tahun," ujar Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab Pangandaran Undang Sohbarudin, Kamis 21 Desember 2017.

Selainitu, Disparbud juga akan menggelar wayang ajen, sepeda sehat bersama PHRI se-Priangan Timur, dan lainnya.*** 

Baca Juga

Jembatan Ciputrapinggan Resmi Bisa Kembali Digunakan

PANGANDARAN, (PR).- Jembatan Ciputrapinggan yang menghubungkan jalan nasional di Kabupaten Pangandaran akhirnya diresmikan oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Adang Hadari.