Diajak Gerindra Usung Sudrajat, PAN Lihat Situasi

Zulkifli Hasan dan Deddy Mizwar/HUMAS PEMPROV JABAR
KETUA MPR RI Zulkifli Hasan dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar setelah acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di kantor Dinas Pendidikan Jabar di Kota Bandung, Kamis 15 Juni 2017 lalu.*

JAKARTA, (PR).- Sikap Partai Amanat Nasional (PAN) di Pilgub Jabar 2018 kembali cair setelah Gerindra mengajak partai berlambang matahari itu bersama-sama mengusung Sudrajat. Selain PAN, Gerindra juga mengajak serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Padahal, PAN dan PKS telah sepakat mengusung Deddy Mizwar bersama Partai Demokrat.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membenarkan kalau saat ini partainya memang belum menentukan sikap. Sudrajat dan Deddy Mizwar sama-sama punya peluang. Oleh karena itu, PAN akan menunggu kesepakatan politik yang dibangun oleh PKS, Gerindra, dan Demokrat.

"Tergantung kesepakatan nantinya. Kalau PKS, Demokrat, Gerindra ada kesepakatan, kami lihat dahulu," kata Zulkifli di Gedung DPR/MPR, Senayan, Kamis, 21 Desember 2017.

Menurut Zulkifli, dalam menetapkan pasangan calon di Pilgub Jabar 2018 memang tidak bisa sendiri-sendiri. Dirinya tak menampik kalau sudah memutuskan dukungan untuk Deddy Mizwar. Tapi hal ini bisa saja berubah seiring keputusan politik yang terjadi.

"Politik kan dinamis ya, bisa saja. Tapi apa yang disepakati itulah yang kita dukung karena kita nggak cukup kalau sendiri," ucapnya. 

Gerindra optimistis

Sementara itu, Kepala Bidang Humas DPP PKS Ledia Hanifa mengatakan sampai saat ini, partainya pun belum menentukan sikap baru di Pilgub Jabar 2018. Hal ini menunjukkan kalau dukungan partainya masih ditujukan untuk Deddy Mizwar dengan wakil yang merupakan kader PKS, Ahmad Syaikhu.

"Sampai saat ini belum ada arahan," kata Ledia singkat.

Namun optimisme justru muncul dari kubu Gerindra. Ketua DPP Gerindra Sodik Mujahid berprasangka baik kalau tawaran Gerindra mengajak serta PKS dan PAN berada dalam satu gerbong yang sama mengusung Sudrajat akan disambut dengan baik oleh dua partai yang sebelumnya sukses berkoalisi di Pilkada DKI Jakarta itu.

"PKS dan PAN insya Allah makin solid dengan Gerindra. Kami bicara dengan semua partai yang punya visi misi dan komitmen yang sama untuk memajukan rakyat dan provinsi Jawa Barat," ucapnya.***

Baca Juga

PKS Tak Keberatan Sudrajat-Syaikhu Tanpa PAN

JAKARTA, (PR).- Belum pastinya dukungan PAN di Pilgub Jabar 2018 nyatanya tak menyurutkan langkah PKS bersama Gerindra mengusung pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu. PKS mengaku tak keberatan jika PAN hengkang dari koalisi mereka.