Anton Charliyan Bantu Korban Gempa Pangandaran

Anton Charliyan/AGUS KUSNADI/KP
MANTAN Kapolda Jawa Barat, Anton Charliyan, memberikan bantuan kepada warga korban gempa di Desa Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Kamis 21 Desember 2017.*

PARIGI, (PR).- Anton Charliyan, mantan Kapolda Jabar yang juga berniat mencalonkan diri di Pilgub Jabar 2018, melakukan kunjungan dan memberikan bantuan kepada warga korban bencana gempa di Desa Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran. Ia memberikan bantuan semen dan pasir.

Di sela-sela kunjungannya, Anton Charliyan menyampaikan keprihatinnya atas bencana yang menimpa rumah warga di Kabupaten Pangandaran. "Lebih baik terlambat daripada tidak datang sama sekali. Karena dampak gempa terjadi di mana-mana," kata Anton kepada warga di Desa Sidomulyo, Kamis 21 Desember 2017.

Menurut dia, bencana gempa yang sering terjadi di Indonesia khususnya di Jawa Barat harus sesegera mungkin diatasi. Pasalnya, kata dia, banyak negara terutama Indonesia berada di lempeng gempa Sirkum Pasifik.

"Makanya harus punya peta gempa yang jelas, sehingga nanti apabila terjadi gempa segera bisa diatasi. Ada siaga tanggap darurat bencana gempa, banjir dan lain-lain," kata Anton. 

Membangun rumah

Dalam membangun rumah, Anton menyarankan agar warga berkonsultasitasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Tujuannya, agar rumah atau bangunan lainnya bisa tahan terhadap guncangan gempa.

Anton berharap, pemerintah harus melakukan sosialisasi secara terus menerus agar masyarakat Pangandaran semakin sadar bahwa daerah ini merupakan wilayah rawan gempa. "Masyarakat juga harus diberi wawasan dan gambaran terkait rumah atau bangunan yang tahan terhadap gempa seperti apa," katanya.

Pilgub Jabar

Sebelumnya, mantan Kapolda Jabar ini optimistis akan diusung oleh PDIP sebagai bakal calon Gubernur Jabar yang bertarung pada Pilkada Jabar 2018. Selain sinyal dari partai, Anton juga mengklaim didukung oleh masyarakat yang sudah membuat posko relawan di seluruh daerah di Jawa Barat.

Pria asal Tasikmalaya itu menjadi salah satu kandidat yang masuk radar PDIP. Ada nama lain selain dia, seperti Sekda Jabar Iwa Karniwa, anggota DPR RI Puti Guntur Soekarno, Ketua DPD PDIP Jabar TB Hasanuddin, dan Sekretaris DPD PDIP Jabar Abdi Yuhana. Dengan sudah terbentuknya posko relawan, Anton merasa yakin akan terpilih menjadi calon Gubernur Jabar.***

Baca Juga