Garut, Kebumen, Kulon Progo, dan Cilacap Waspada Tsunami Akibat Gempa Bumi di Tasikmalaya

Gempa bumi/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami menyusul gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter yang mengguncang barat daya Kabupaten Tasikmalaya Jumat 15 Desember 2017 malam.

BMKG menetapkan stastus waspada untuk sejumlah daerah di Jabar, Jateng, dan Yogyakarta. Daerah dengan status waspada di antaranya adalah Garut, Kebumen, Kulon Progo, dan Cilacap.

BMKG memperingatkan, waktu kedatangan gelombang dapat berbeda. Gelombang pertama bisa jadi bukan yang terbesar.

Pemerintah kabupaten/kota yang berada pada status waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Sementara terkait gempa bumi, laporan awal mengenai kerugian material, sejumlah rumah ambruk di daerah Tasikmalaya Selatan tepatnya di Kecamatan Cikalong dan di Keamatan Tibalong.

Gempa dirasakan selama 5-30 detik di Jabar, Jateng, dan Yogyakarta, masyaraklat yang panik berhamburan keluar rumah. Di Yogyakarta, gempa dirasakan selama 20-30 detik. Hingga saat ini BPBD Provinsi masih berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota di wilayah masing-masing.***                

Baca Juga

Gempa Bumi di NTB Berpotensi Tsunami, Warga Panik

MATARAM, (PR).- Gempa bumi berkekuatan 7.0 Skala Richter mengguncang Nusa Tenggara Barat atau NTB, Minggu 5 Agustus 2018 pukul 18.46 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Lombok Berstatus Waspada Tsunami Usai Gempa Bumi

MATARAM, (PR).- Lombok berada pada status waspada menyusul dikeluarkannya peringatan dini tsunami usai gempa bumi berkekuatan 7.0 Skala Richter mengguncang Nusa Tenggara Barat atau NTB pada Minggu 5 Agustus 2018 pukul 18.46 WIB.