Di Garut, 1 Tutup Usia dan 14 Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi

Lokasi gempa bumi di Tasikmalaya/BMKG

GARUT, (PR).- Gempa bumi yang berpusat di Tasikmalaya mengakibatkan sedikitnya 14 rumah di Kabupaten Garut rusak. Lokasi rumah yang rusak tersebar di beberapa kecamatan wilayah selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut Dadi Djakaria merinci, di Kecamatan Pamengpeuk,  yang merupakan lokasi pantai selatan, terdapat dua rumah rusak. Kedua rumah itu Kampung Segleng.

Rumah lain yang rusak berada di Kecamatan Cilawu, Cikajang, Bungbulang. Tingkat kerusakan rumah yakni rusak ringan hingga sedang.

Meninggal dunia saat gempa bumi

Selain merusak rumah, ada satu orang warga Desa Cihuni, Kecamatan Pangatikan yang meninggal dunia saat gempa bumi terjadi. Warga bernama Kusnadi itu sesak nafas ketika gempa terjadi dan akhirnya meninggal dunia.

"Meninggal satu orang karena kaget, lalu sesak nafas dan meninggal. Jadi bukan karena tertimpa bangunan," kata Dadi kepada Pikiran Rakyat, Sabtu 16 Desember 2017.

Adapun, usai gempa semalam, kondisi laut selatan Garut saat ini tenang. Tidak terjadi tsunami pada saat gempa terjadi semalam. Dikatakan Dadi, hal itu telah dikonfirmasi ke Camat Pameungpeuk.

Masyarakat Pameungpeuk sempat mengamankan diri di masjid saat gempa. Namun, saat ini, mereka sudah kembali ke rumah masing-masing. BPBD Kabupaten Garut tidak berencana mengevakuasi masyarakat. Hanya, masyarakat diminta tetap waspada terhadap gempa.***

 

Baca Juga

Rudy-Helmi Maju Kembali dalam Pilkada Garut

GARUT, (PR).- Rudy Gunawan dan Helmi Budiman menjadi pasangan pertama yang mendeklarasikan pencalonannya dalam Pilkada 2018. Pasangan bakal calon bupati petahanan ini diusung tiga partai, yakni Gerindra, PKS, dan Nasdem. 

Agus-Pradana Raih Tiket Maju di Pilbup Garut 2018

GARUT, (PR).- Pasangan Agus Hamdani dan Pradana Aditya Wicaksana mendapat tiket untuk maju dalam Pemilihan ­Bupati Garut 2018 setelah diusung partai politik dengan perolehan 10 kursi DPRD.