KPU dan Pemkot Akan Buat Aplikasi Pilwakot Cirebon 2018

Android/DOK PR

CIREBON, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Cirebon bakal meluncurkan aplikasi Pilwalkot Cirebon 2018. Selain aplikasi yang bisa diunduh di HP android, akan diluncurkan juga semacam mesin ATM namun berisi muatan soal Pilwalkot 2018.

Nota kesepahaman bersama pendampingan dan pengembangan aplikasi Pilwalkot Cirebon, antara Wali Kota Cirebon dengan Ketua KPU Kota Cirebon,  sudah ditandatangani Rabu, 25 Oktober 2017 lalu.

Menurut Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani, nota kesepakatan bersama itu dibuat sebagai dasar kerja sama dalam rangka pendampingan dan pengembangan aplikasi Pilwalkot Cirebon Tahun 2018.

“Tujuan pembuatan aplikasi Pilwalkot Cirebon 2018 ini untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018,” katanya Kamis, 26 Oktober 2017.

Salah satu informasi dan pengetahuan yang akan didapat dari aplikasi Pilwalkot Cirebon 2018 adalah tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon 2018.

Dikatakannya, pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi melalui aplikasi Pilwalkot Cirebon 2018 itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses penyelenggaraan Pilkada.

Selain aplikasi itu, katanya, akan dibuat mesin anjungan informasi pemilu (AIP). Semacam mesin ATM, tapi AIP berisi informasi mengenai Pemilu.

Kota cerdas

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Kota Cirebon Iing Daiman mengungkapkan, aplikasi Pilwalkot 2018 dan AIP merupakan implementasi salah satu program kota cerdas. “Kota Cirebon terpilih menjadi salah satu dari 25 kota/kabupaten yang harus menerapkan program Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jadi aplikasi Pilwalkot 2018, sekalian juga sebagai implementasinya,” katanya.

Aplikasi lain yang sudah dibuat dan sedang dalam proses yakni “Cirebon Melet” (melek internet), “Cirebon Wadul Bae” (warga peduli bocah lan emboke/warga peduli anak dan ibunya), Cirebon Brojol Aja Klalen (akte kelahiran langsung jadi kalau laporan secara online) dan Cirebon Lengko (layanan elektronik kesehatan online).

Program “Cirebon Melet” merupakan program penyediaan wifi gratis di beberapa tempat. “Nantinya bisa tersebar di area-area publik, sarana pendidikan dan bapermas-bapermas, “ katanya.

Sedangkan “Cirebon Wadul Bae" merupakan program yang mengonsepkan penanganan terpadu kekerasan terhadap anak dan perempuan. Program “Cirebon Brojol Aja Klalen" merupakan program dokumen kependudukan akte kelahiran dan kartu keluarga dalam satu pelayanan dan mempersingkat proses menjadi dua hari dari sebelumnya 14 hari.

“Sedangkan Cirebon Lengko, merupakan sistem pelayanan antrian online berbasis android dan informasi berbasis android ketersediaan ruang rawat inap di RSUD Gunung Jati Cirebon, “ katanya***

Baca Juga

Panjang Jimat, Bukan Hanya Sekadar Tradisi

CUACA cerah dan libur panjang akhir pekan, benar-benar membuat malam prosesi panjang jimat, atau pelal pada Jumat, 1 Desember 2017 malam, benar-benar dipenuhi lautan manusia.

Perbatasan Jabar dan Jateng Mulai Dihijaukan

SUMBER, (PR).- Lebih dari 1.600 bibit pohon konservasi dan penguat tebing sungai ditanam di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Cisanggarung, Sabtu 9 Desember 2017.