DPP PDIP Benarkan Bidik Susi Pudjiastuti dan Netty Heryawan untuk Pilgub Jabar 2018

Pilkada Serentak 2018 - Pilgub Jawa Barat/DWI SETYADI/PR

JAKARTA, (PR).- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan nama Susi Pudjiastuti menjadi salah satu kandidat yang berpotensi diusung dalam Pilgub Jabar 2018 nanti. Selain Susi, PDIP juga membenarkan tengah membidik Netty Heryawan sebagai salah satu opsi.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Erico Sutorduga menyebut dua perempuan ini dianggap penting karena memiliki kapasitas yang mumpuni untuk memimpin Jawa Barat kelak. Susi Pudjiastuti selain kini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan mewakili suara dari Jawa Barat bagian selatan. Begitupun Netty Heryawan yang berpengalaman dan diinginkan oleh masyarakat Jawa Barat.

"Besok akan kami undang di DPD PDIP Jawa Barat untuk menyampaikan gagasannya. Tidak hanya Bu Susi Pudjiastuti dan Bu Netty Heryawan, kami undang juga Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar, mereka sudah konfirmasi akan hadir. Justru tinggal Bu Susi dan Bu Netty yang belum, mungkin dalam waktu dekat sudah ada konfirmasi," kata Eric di Gedung DPR RI, Senayan, Selasa, 24 Oktober 2017.

Menurut dia, lewat diskusi yang digelar besok, pihaknya ingin mendengar gagasan dan masukan dari tokoh-tokoh Jawa Barat tentang siapa yang layak diusung nanti. Pasalnya, PDIP berpandangan, sebagai daerah yang punya kawasan besar, pemimpin Jawa Barat kelak harus bisa mengkoneksikan Jawa Barat bagian utara, tengah, dan selatan agar bisa mewujudkan pemerataan pembangunan.

"Kami juga sedang melakukan survei terakhir. Mungkin bisa head to head atau tiga calon nanti yang bertanding di Pilgub Jabar. Perkembangan terakhir kami sudah petakan siapa calon-calon yang potensial dan akan kita sajikan nanti di rapat DPP yg dipimpin oleh Ketua Umum. Hasilnya mungkin paling cepat minggu depan setelah diskusi di DPD PDIP Jabar," ucapnya.

Potensi kader

Eric tak memungkiri, meskipun potensial, partainya tak mudah mengusung Susi atau Netty menjadi calon gubernur. Susi jelas-jelas masih menjabat sebagai menteri, sementara Netty, hadir dari latar belakang politik yang berbeda dari partai berlambang banteng itu. Menyikapi hal ini, PDIP mengaku tak terlalu mempermasalahkan. 

"Bu Susi yang termasuk kita lihat potensinya, tapi nanti bergantung pada beliau dan Pak Jokowi, apa berkenan? Kan harus sepakat. Ini termasuk pemetaan kita saja mewakili Jabar selatan. Sementara bu Netty, kan ada keinginan dari masyarakat Jawa Barat agar beliau maju, ya harus kita kasih respons positif, kecuali memang enggak berkeinginan dari PDIP sejak awal," ucap dia.

Terkait keberadaan kader PDIP, pihaknya pun membenarkan kalau ada kader-kader potensial yang juga dibidik. Di antaranya Puti Guntur Soekarno, TB Hasanuddin, Rieke Diah Pitaloka, dan lain-lain. "Potensi kader cukup banyak yang bisa disajikan. Dan kita lihat siapa yang diinginkan masyarakat Jabar. Harus yang punya terobosan," ucapnya.***

Baca Juga

PDIP Pastikan Kehadiran Susi Pudjiastuti di Bandung

BANDUNG,(PR).- Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat memastikan sembilan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang terjaring dalam pendaftaran PDIP dan juga radar DPP PDIP akan hadir dalam Silaturahmi dan Curah-Gagas Bakal Calon Gubenur dan Wa

Pilkada Jabar, Puti Guntur Soekarno Tunggu Rekomendasi

CIAMIS,(PR).- Puti Guntur Soekarno, yang digadang-gadang bakal maju sebagai calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Barat mengungkapkan sampai saat ini DPP PDIP Perjuangan belum mengeluarkan rekomendasi figur yang bakal diajukan pada Pilka