Pendaftar Seleksi PPK dan PPS Pilkada Membeludak

Animo masyarakat di Kabupaten Kuningan untuk menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) penyelenggaraan pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2018, terbilang tinggi.

KUNINGAN, (PR).- Animo masyarakat di Kabupaten Kuningan untuk menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) penyelenggaraan pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kuningan tahun 2018, terbilang tinggi.

Hal ini terbukti sejak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan mengumumkan dan membuka pendaftaran seleksi perekrutan PPK dan PPS untuk agenda pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 itu, meja pelayanan pendaftaran calon anggota PPK dan PPS di sekretariat KPU Kuningan serta meja layanan pendaftaran calon anggota PPS di kecamatan-kecamatan dalam dua hari terakhir nyaris tak pernah lengang kehadiran para pendaftar.

Komisioner anggota KPU Kabupaten Kuningan Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipas Masyarakat Asep Fauzi, menyebutkan pada hari pertama penerimaan pendaftaran, Jumat 14 Oktober 2017 jumlah pendaftar calon anggota PPK di KPU terdata sudah mencapai 117 orang, dan pendaftar PPS sebanyak 45 orang.

“Sementara ini jumlah pendaftar PPK dan PPS yang mendaftar di KPU Kuningan hari ini dan pendaftar calon anggota PPS yang mendaftar di kecamatan-kecamatan belum kami hitung,” ujar Asep Fauzi yang sedang menyaksikan antrean pendaftar PPK dan PPS di kantor sekretariat KPU Kabupaten Kuningan, Sabtu 14 Oktober 2017 sekitar pukul 13.00.

Sesuai jadwal, pendaftaran calon  anggota PPK akan dibuka sampai dengan Senin 16 Oktober 2016, sedangkan pendaftaran calon anggota PPS baru akan ditutup tanggal 20 Oktober 2017. Pendaftar yang memenuhi syarat administrasi selanjutnya akan diseleksi melalui seleksi tertulis dan tes wawancara, untuk memperebutkan lowongan anggota PPK lima orang per kecamatan dan lowongan anggota PPS sebanyak tiga orang per desa dan kelurahan.

Seleksi

Sekretaris KPU Kabupaten Kuningan Upi Sophian, menyebutkan PPK dan PPS terpilih melalui seleksi memiliki masa kerja selama 10 bulan dan akan mendapat hak upah kerja berupa honor bulanan. 

 “Sesuai ketentuan honor bulanan PPK , untuk posisi ketua Rp 1.850.000, anggota Rp 1.600.000. Kemudian PPS, ketua sebesar Rp 900.000/bulan, anggota Rp 850.000/bulan,” tutur  Upi Sophian menerangkan.

Kinerja PPK dan PPS, ujarnya menambahkan, akan dibantu tenaga kesekretariatan dengan jumlah personel  tiga orang di setiap PPK dan PPS.

Terpantau “PR” dalam dua hari penerimaan pendaftaran PPK dan PPS di KPU Kuningan Jumat-Sabtu 13-14 Oktober 2017 antrean pendaftar didominasi kalangan masyarakat usia muda kisaran usia antara 20 hingga 30 tahun. Di samping itu  banyak juga pendaftar berusia di atas 40 tahun.***

Baca Juga

9 Kecamatan di Kabupaten Kuningan Rawan Bencana Longsor

KUNINGAN, (PR).- Memasuki musim hujan ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan mulai memfokuskan kembali perhatian terhadap sembilan wilayah kecamatan rentan terkena bencana longsor.

Objek Wisata Gunung Ciremai Tak Akan Dikelola Pihak Ketiga

KUNINGAN, (PR).- Balai Taman Nasional Gunung Ciremai menegaskan pengelolaan objek-objek wisata alam dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai tidak akan di serahkan kepada pengusaha atau pihak ketiga.