Evakuasi Korban Terjepit Kecelakaan Bus Doa Ibu Berlangsung Lama

Tabrak pohon/NURHANDOKO WIYOSO/PR
BUS Doa Ibu jurusan Karangpucung, Cilacap - Jakarta, menabrak pohon di wilayah Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Selasa 3 Oktober 2017 sekitar pukul 16.45 WIB. Beberapa penumpang bus nopol Z 7731 HA luka-luka.*

CIAMIS, (PR).- Berupaya menghindari sepedamotor, bus Doa Ibu jurusan  Karangpuncung-Jakarta  menabrak pohon di Jalan Raya Ciamis-Kota Banjar. Kecelakaan yang terjadi di wilayah Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Selasa 3 Oktober 2017 mengakibatkan beberapa penumpang luka. 

Akibat menghantam pohon, bagian depan bus Doa Ibu  nopol Z 7731 HA yang dikemudikan Gilang, rusak parah.  Upaya evakuasi seorang korban yang kakinya terjepit besi, berlangsung cukup lama. 

Kecelakaan tunggal yang berlangsung saat gerimis tersebut juga semat mengakibatkan antrean panjang kendaraan dari kedua arah, Ciamis maupun Kota Banjar. Sedianya bus yang berangkat dari jakarta sekitar pukul 09.00 WIB tersebut hendak menuju tujuan terakhir di Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.   

Pengemudi bus Gilang, mengungkapkan sebelum kecelakaan berupaya menyalip sepeda motor, akan tetapi dari arah berlawanan melaju sepeda motor. Menghindari tambaran, pengemudi langsung banting stirk ke kanan, hingga menabrak pohon trembesi.  

Seorang saksi Eko  (24) warga sekitar lokasi kejadian mengatakan kecelakaan itu terjadi ketika Bus Doa Ibu berupaya menghindari sepeda motor. Sebelum kecelakaan bus yang melaju dari arah barat, berupaya menyalip sepeda motor. 

"Ketika sedang menyalip dari arah berlawanan ada sepedamotor, bus langsung nyelolong ke kanan hingga menabrak pohon. Evakualsi paling lama ya penumpang yang kakinya terjepit," ungkap Eko.

Hati-hati melintasi Cijeungjing

Jalan Raya Banjar-Ciamis di Cijeungjing perlu dilintasi dengan amat hati-hati. Ruas jalan yang lebar, cenderung sepi, dan kurang penerangan membuat beberapa kecelakaan sering terjadi di sana.

Seperti 2016 lalu, empat orang luka akibat kecelakaan yang melibatkan Toyota Great Corolla dengan Datsun Go di Jalan raya Banjar-Ciamis, tepatnya di Dusun Warungjati, Desa/Kecamatan Cijeungjing Ciamis. Peristiwa itu bermula sewaktu dua mobil mobil itu berjalan satu arah yakni dari Kota Banjar menuju Ciamis. Diduga sebelum lokasi kejadian, kedua kendaraan itu sudah saling menyalip. Begitu sampai di lokasi kejadian, mobil Toyota berupaya menyalip Datsun yang ada di depannya.

Saat menyalip, dari arah berlawanan atau dari Ciamis melaju truk. Saat itu kedua mobil yang melaju searah itu saling benturan. Akibatnya mobil yang dikendarai Ade menabrak tembok pagar rumah hingga hancur. Sedangkan mobil yang dikendarai Dani, juga mengarah kiri hingga melayang dan menghantam pohon rambutan.***

Baca Juga

Di Ciamis, Jokowi Serahkan 5.447 Sertifikat Tanah

CIAMIS,(PR).- Presiden RI Joko Widodo menyerahkan 5.447 bidang sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di wilayah Priangan. Penyerahan berlangsung di Lapangan Lokasana Kabupaten Ciamis, Selasa 16 Januari 2018.