Gibas Diminta Buka Padepokan Silat

Dedi Mulyadi
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi/MOCH. IQBAL MAULUD/PR

PURWAKARTA, (PR).- Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meminta LSM Gibas membuka padepokan-padepokan silat. Hal ini dilakukan agar Gibas bisa lebih positif di mata masyarakat, selain itu Gibas pun diminta bahu membahu dengan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan, Dedi Mulyadi saat menghadiri Musyawarah Wilayah 3 Dewan Pimpinan Pusat Gibas. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Tjokro, Jalan Cihampelas, Kota Bandung pada Jumat 15 September 2017.

Menurut Dedi, Gibas bisa sangat membantu pada keamanan di negara. "Bila TNI maupun Polri kekurangan personel maka bisa berdayakan Gibas tak usah jauh-jauh," ujarnya.

Selain itu lanjut Dedi Gibas pun juga bisa diberdayakan dalam bidang kesenian. Hal ini dilakukan agar Gibas yang berlatar budaya Sunda bisa membantu melestarikan budaya Sunda.

"Jadikanlah Gibas sebagai contoh positif dalam mewujudkan spirit kebangsaan yang didalamnya ada budaya," ujar Dedi.

Tapi tak hanya itu saja, Dedi pun meminta dengan sangat kepada Gibas agar lebih peduli pada kegiatan keagamaan. Misalkan dengan sering mengadakan pengajian.

"Gibas juga butuh kan tobat, sehingga tak apa kan jika Gibas buat kelompok pengajian," ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum Gibas Suhaya Jati Prakasa menyambut baik usul Bupati Purwakarta tersebut. Menurutnya pelestarian budaya dan pengembangan agama itu penting.

Apalagi sebagai masyarakat Sunda, Gibas sangat menjaga budaya. " Hal yang disampaikan Kang Dedi sangat perlu diperhatikan," ujarnya.

Oleh karenanya Suhaya berharap, dengan sinergi antara Gibas dan pemerintah maka keutuhan NKRI bisa terjaga.***

Baca Juga

Gapura Indung Karahayuan Purwakarta yang Sarat Makna

PURWAKARTA, (PR).- Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat memiliki sebuah gapura megah yang bernama 'Gapura Indung Karahayuan'. Gapura itu kini sudah menjadi simbol kabupaten yang terkenal akan bendungan besarnya tersebut.