Petani Duafa Ciwangi Garut Dapat THR

THR untuk Petani/SINERGI FOUNDATION
PARA petani dari Lumbung Desa Ciwangi, Limbangan Garut, mendapat THR, Sabtu 17 Juni 2017.*

GARUT, (PR).- Sinergi Foundation kembali menggelar THR untuk petani duafa. Kali ini, kegiatan yang dihadiri 80 orang anggota kelompok tani mitra tersebut dilakukan di Lumbung Desa Ciwangi, Limbangan Garut, Sabtu 17 Juni 2017 lalu.

"Kita tahu, petani tidak pernah mendapat THR. Melalui uluran tangan muzaki Sinergi Foundation, kami mengapresiasi kerja para petani dengan adanya program THR untuk petani duafa ini," ujar Koordinator Lumbung Desa Sinergi Foundation, Eggy Ginanjar.

Ia menuturkan, acara ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahim di bulan suci yang kini hampir menginjak hari-hari terakhir. Harapannya, kata Eggy, jalinan ukhuwah semakin erat dan bisa melahirkan keberkahan.

Lumbung Desa Ciwangi sendiri berada dalam tahap pemberdayaan yang didampingi langsung oleh Sinergi Foundation. Ke depannya, jika telah mandiri dan petaninya sejahtera, Eggy menegaskan bahwa Lumbung Desa Ciwangi bisa memberikan tunjangan hari raya sendiri untuk para petani tanpa bantuan Sinergi Foundation.

"Kita lihat Lumbung Desa Cigalontang. Mulanya pogram ini masih dibantu Sinergi Foundation, tapi kini seiring dengan majunya Lumbung Desa tersebut, mereka bisa memberikan THR bagi para petani dari hasil lumbung itu sendiri," katanya.

THR buat petani makin semangat

Ketua Gapoktan Lumbung Desa Ciwangi, Ridwan, mengaku bersyukur dengan adanya program ini. Ia menjelaskan, ini semakin memantik semangat para petani untuk segera bergerak memajukan lumbung desa.

"THR untuk petani ini harus dibalas lebih besar dengan kinerja yang lebih baik," katanya.

Seperti diketahui, lumbung desa merupakan program yang digagas Sinergi Foundation guna mewujudkan ketahanan pangan dengan memberdayakan pedesaan. Saat ini sudah ada program percontohan Lumbung Desa seperti di Compreng Subang, Cigalontang Tasikmalaya, dan Ciwangi Garut. Program itu dan akan terus berkembang di sejumlah daerah di Indonesia.***

Baca Juga

Akibat Gagal Panen, Petani Subang Tunda Tanam Padi

SUBANG, (PR).- Para petani di wilayah Pagaden Barat, Kabupaten Subang, lebih memilih tidak menanam padi sementara waktu. Langkah itu diambil akibat beberapa kali mengalami gagal panen dan gagal tanam.

Ratusan Siswa Ikuti MPLS di Tempat Sampah

SUBANG, (PR).-Ratusan siswa baru SMP dan SMA, perwakilan sejumlah sekolah mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat Kabupaten di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Panembong, Kelurahan Parung, Kecamatan/Kabupaten Subang

Mafia Tanah Tol Bocimi Terindikasi, BPN Bentuk Tim Khusus

SUKABUMI, (PR).- Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Barat membentuk tim khusus pengendalian, untuk mengantisipasi mafia tanah dalam proses pembebasan lahan ruas jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).