Bandara Wiriadinata Tasikmalaya Ditargetkan Mulai Beroperasi 21 Juni 2017

Wings Air/DOK. PR
Pesawat sipil komersil berjenis Wings Air ATR 72-500 mendarat perdana di Landasan Udara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Senin 17 Oktober 2016.

TASIKMALAYA, (PR).- Bandara Wiriadinata ditargetkan mulai bisa beroperasi Rabu, 21 Juni 2017 mendatang. Tanggal tersebut merupakan awal berlaku izin slot penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma-Wiriadinata Tasikmalaya. Namun, sebelum resmi beroperasi, Kementerian Perhubungan akan memastikan kesiapan bandara tersebut.

Kementerian Perhubungan akan melakukan verifikasi akhir kesiapan Bandara Wiriadinata sebelum resmi beroperasi pekan ini. Berdasarkan hasil rapat terakhir antara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Dishub Kota Tasikmalaya, Unit Pengelola Bandara Wiriadinata dari Cakrabhuwana Cirebon, pihak Manajemen Lion Grup selaku operator penerbangan komersil, dan TNI Angkatan Udara akhir pekan lalu, Bandara Wiriadinata bisa beroperasi mulai Rabu, 21 Juni 2016 mendatang.

"Jadi izin slot itu berlaku mulai 21 Juni. Itu jadi patokan apakah tanggal segitu sudah ada penerbangan atau tidak, itu bergantung kesiapan kita di lapangan," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya Aay Zaini kepada "PR", Minggu, 18 Juni 2017.

Aay mengatakan, verifikasi akhir oleh Kemenhub rencananya akan dilakukan H-2 sebelum bandara resmi beroperasi. Pemkot Tasikmalaya mempercepat kesiapan bandara mulai dari pintu masuk penumpang komersial, ruang check in penumpang, hingga ruang tunggu. 

"Verifikasi ulang itu untuk memastikan apakah bandara kita sudah ready atau belum. Misalnya kesiapan X-Ray-nya sudah nyala atau belum, listrik, termasuk kesiapan di lapangan juga masalah kamar kecil juga kita siapkan," ucap Aay. 

Menurut Aay, berdasarkan kesepakatan dengan pihak TNI AU, disepakati pintu masuk penumpang komersial berbeda dengan pintu masuk militer. Pemkot Tasikmalaya kini sedang membangun gerbang Bandara Wiriadinata di sisi utara Kompleks Lanud Wiriadinata di Jalan Letjen Mashudi. 

"Nanti sirkulasi penumpang komersial harus lewat gerbang itu. Kami juga akan siapkan rambu-rambunya karena Jalan Mashudi itu dua arah, jangan sampai melawan arah," ucap Aay.

Jadwal penerbangan

Jika hasil verifikasinya dinyatakan bandara siap, Aay memastikan 21 Juni 2017 esok, masyarakat Jakarta yang ingin pergi ke Tasikmalaya bisa menggunakan pesawat tipe ATR-72. Kendati demikian, Dishub Kota Tasikmalaya belum dapat memastikan berapa harga tiket pesawat Jakarta-Tasikmalaya karena pihak maskapai belum memberikan informasi.

"Maskapai belum menjawab berapa rentang harga tiketnya, padahal masyarakat ingin tahu, kalau jamnya mungkin tidak begitu utama," kata Aay.

General Manager Safety Security and Quality Wings Air Kapten Iyus Susianto bersyukur izin slot dan izin terbang sudah didapatkan. Pesawat Wings Air tipe ATR 72/500-600 dijadwalkan melayani penerbangan Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta-Bandara Wiriadinata Tasikmalaya sebaliknya 1 kali dalam sehari. Penerbangan dari Halim-Tasikmalaya dijadwalkan pukul 14.00, sementara Tasikmalaya-Halim pukul 16.00.

"Pada dasarnya kami sudah siap untuk penerbangan, tergantung kesiapan bandaranya saja. Kemarin banyak yang belum siap, seperti lintasan sebenarnya mepet sekali panjangnya, termasuk pagar untuk lintasan juga belum ada, tentu itu bahaya," ucap Iyus.***

Baca Juga

Diduga Depresi, Wawan Memakan 48 Paku

TASIKMALAYA, (PR).- Wawan Gunawan (44) hanya dapat terbaring lemah di tempat tidur pasien, Rumah Sakit Umum Daerah dr Soekardjo Kota Tasikmalaya.

Wawan Pemakan Paku Meninggal Dunia

TASIKMALAYA, (PR).- Usai sudah perjuangan Wawan  Gunawan (44) melawan penyakitnya.  Pria yang menghebohkan masyarakat Kota Tasikmalaya akibat aksinya memakan 48 paku itu akhirnya tutup usia, Kamis, 9 November 2017.