Stadion Sepakbola Sumedang Direnovasi Tahun Depan

Bupati Sumedang cek pembangunan pasar
Bupati Sumedang/ADANG JUKARDI/PR
BUPATI Sumedang, Eka Setiawan menyebut siap merenovasi Stadion Ahmad Yani Sumedang tahun depan.

SUMEDANG, (PR).- Bupati Sumedang, Eka Setiawan menyebut, pemerintahannya akan merenovasi Stadion Sepak Bola Ahmad Yani, Kabupaten Sumedang. Perbaikan stadion yang terletak di daerah Ketib, Kecamatan Sumedang Utara tersebut akan dilakukan pada tahun depan.

Saat ini, kondisi stadion tersebut dinilai memprihatinkan. Selain bangunannya yang sudah lapuk dimakan usia, kondisinya juga terlihat kumuh dan kurang terawat. Untuk stadion, disiapkan anggaran sebesar Rp 25 miliar. Anggaran tersebut hasil sharing dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sumedang, pemerintah provinsi, dan dana dari pemerintah pusat.

“Dalam rehab nanti, fungsi stadion ini sekalian bisa menjadi ruang publik untuk masyarakat. Misalnya, bisa dipakai juga untuk panggung terbuka,” kata dia, Kamis 8 Juni 2017.

Sebetulnya, kata Eka, dirinya ingin membangun Stadion Ahmad Yani yang megah. Selain karena stadion itu bernilai sejarah, kemegahannya bisa menjadi ikon Kabupaten Sumedang yang baru. Hanya, untuk membangun stadion yang megah terutama bertaraf nasional, membutuhkan biaya besar yang diperkirakan bisa mencapai Rp 40 miliar.

“Oleh karena itu, untuk membangun stadion yang megah, kami akan menimbang-nimbang dulu,” kata dia. 

Kajian pembangunan

Bupati Eka menambahkan, untuk membangun stadion, tentunya harus dibuat DED (Detail Enginering Desaign) terlebih dulu. Penyediaan anggarannya pun harus dikaji dulu. Kalau anggarannya relatif kecil, masih bisa diusahakan dari APBD dan APBN. Akan tetapi, jika membutuhkan dana yang besar, harus dibiayai oleh investor.  

“Jadi tahun depan, beberapa pembangunan fisik yang bersifat monumental bisa terwujud. Misalnya, pembangunan Bundaran Binokasih, penataan Alun-alun dan perkotaan, Pasar Sandang Sumedang dan Stadion Ahmad Yani,” ucap Eka.***

Baca Juga

detektif intel intelijen.jpg

Mengaku Intel Kodam, AR Ditangkap Intel Asli

SUMEDANG, (PR).- Mengaku personel intelijen Kodam III/Siliwangi, AR warga Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinangor, diamankan anggota TNI di ruang tunggu kantor Sekretaris Dae

Sumedang Siap Gelar FKN, Jika Cisumdawu Beroperasi

SUMEDANG, (PR).-Kabupaten Sumedang bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan FKN (Festival Keraton Nusantara),  apabila projek pembangunan jalan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) sudah kelar dan dioperasionalkan.

Krisis Air, Warga Mengais Genangan Air Sungai Cihonje

SUMEDANG, (PR).- Warga Dusun Sembir, Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, mengalami krisis air imbas musim kemarau. Sudah dua bulan ini, mereka kesulitan mendapatkan air bersih.