Temulawak Mampu Hambat Sel Kanker

 

 BOGOR, (PR-LM) .- Salah satu zat yang dikandung Temulawak,  Xanthorrhizol, yang baru ditemukan ternyata mampu membasmi patogen penyebab karang gigi dan menghambat sel kanker.   “Kami menemukan xanthorrhizol  yang diisolasi dari Curcuma xanthorrhiza memiliki aktivitas anti kariogenik dan anti inflammatory,” kata Prof. Jae Kwan Hwang dari Departemen Bioteknologi Universitas Yonsei, Korea Selatan dalam acara Simposium Internasional Pertama Temulawak bertajuk ‘Curcuma xanthorrhiza as an Essential Indonesian Herbal Medicine toward Healthy Life’ , pekan lalu, yang digelar  Pusat Studi Biofarmaka (PSB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB di IPB International Convention Center (IICC). 

 Kandungan xanthorrhizol dalam temulawak sebanyak 21 persen.  Kelebihan senyawa xanthorrhizol antara lain tidak berwarna, tidak berbau, tidak volatil (menguap), tahan panas dan keasaman. Sayangnya senyawa ini rasanya sangat pahit.

  Prof. Jae Kwan menjelaskan hasil penelitian menunjukkan Xanthorrhizol memiliki aktivitas antibakeri tertinggi dalam  melawan bakteri jenis  Streptococcus.  Khususnya Streptococcus mutans, penyebab karies gigi. Hanya dengan dua mikro gram per milliliter, Xanthorrhizol berhasil membasmi  Streptococcus  mutans  dalam semenit. Xanthorrhizol juga membasmi  Actinomyces viscosus dan Porphyromonas gingivalis  penyebab penyakit periodontitis (gigi berdarah dan lepasnya gigi).

 Temulawak atau dalam Bahasa Inggris disebut java turmeric ini,  secara tradisional digunakan untuk menyembuhkan penyakit perut, hati, konstipasi, pembuluh darah pecah, demam anak-anak, kulit kasar,  disentri dan sebagainya. Dilaporkan  curcuma xanthorrhizol juga memiliki kemampuan  antitumor, anti kanker, anti diabetes, hipotriceriakademik, anti inflamantori, hepatoprotective, anti mikroba, dan anti lemak. (A-122) ***

                                                                       

Baca Juga

Purwakarta Siapkan Bioskop Terapung Pertama di Indonesia

PURWAKARTA, (PR).- Pemerintah Kabupaten Purwakarta segera siapkan dua lokasi untuk pembangunan bioskop. Salah satunya bahkan direncanakan akan menjadi gedung bioskop terapung pertama di Indonesia.

Jokowi Bagikan 7.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Bogor

CIBINONG, (PR).- Presiden menyerahkan langsung 7.000 sertifikat hak atas tanah rakyat kepada warga Bogor. Sebanyak 4.000 sertifikat diberikan kepada warga Kota Bogor dan 3.000 sertifikat diserahkan untuk warga Kabupaten Bogor.

Bupati Bekasi Masuk Tim Kampanye Jokowi

CIKARANG, (PR).- Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengaku belum menerima instruksi terkait keterlibatannya dalam tim pemenangan pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin wilayah Jawa Barat.