.
  • dago pakar, thr djuanda, tahura ir h djuanda

    Pembibitan di Tahura Djuanda Masih Konvensional

    BANDUNG, (PR).- Balai Pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Djuanda masih menerapkan cara-cara pembibitan secara konvensional. Sejak tahun 2015, mereka menghasilkan 10.000 bibit untuk 10 jenis tanaman endemik tahura dan endemik Jawa Barat.

  • bandung, dago pakar, tahura ir h juanda, tahura juanda

    Tahura Djuanda Bisa Kembangkan Kultur Jaringan

    BANDUNG, (PR).- Balai Pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Djuanda didorong segera mengembangkan sistem pelestarian tanaman dengan model kultur jaringan. Pengembangan secara massal dan cepat ini menjadi harapan pengembangkan tanaman-tanaman kritis yang memiliki banyak manfaat.

  • ACT Kirim Tim Kemanusiaan ke Aleppo Suriah

    JAKARTA, (PR).- ACT (Aksi Cepat Tanggap) terpanggil kembali untuk mengirim Tim Sympathy of Solidarity (SOS) Syria gelombang VII sejak krisis kemanusiaan Suriah mengemuka, lima tahun silam. Pemberangkatan tim itu dilangsungkan di Kantor ACT, Menara 165 Jakarta.

  • Tuty Alawiyah Perempuan Multitalenta

    JAKARTA, (PR).- Sosok almarhumah Tuty Alawiyah merupakan perempuan multitalenta, guru, rektor, sekaligus ustazah. Setidaknya itu gambaran Ketua MPR RI Zulkifli Hasan terhadap Tuty Alawiyah yang meninggal Rabu 4 Mei 2016 di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center Jakarta.

  • Tuty Alawiyah Wafat, Gubernur Ucap Belasungkawa

    BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan belasungkawa atas wafatnya mantan Menteri Negara Pemberdayaan wanita era Presiden Soeharto, Tutty Alawiyah di RS MMC, Jakarta, Rabu 4 Mei 2016 pagi. Tutty Alawiyah wafat pada pada usia 74 tahun.

.
.
SEBUTAN “tukang olo-olo” pertama kali saya dengar dari lagu rakyat yang pernah populer di Tatar Sunda. Sudah pasti, itulah lagu “Ayang-ayang Gung”. Lagu ini sering dinyanyikan bersama dalam permainan anak-anak di buruan atau tempat terbuka sejenisnya.
 
Lagu ini unik, baik isi maupun cangkangnya. Isinya satiris, mengejek perilaku pangagung alias pembesar. Cangkangnya mempermainkan bunyi di tiap larik. Bunyi akhir larik pertama bersambung dengan bunyi awal larik berikutnya, begitu seterusnya hingga pungkas. Mudah sekali mengingatnya.
 

Guru yang memiliki kompetensi yang tinggi mungkin tidak akan mencapai hasil maksimal tanpa didukung oleh kemampuan pedagogik yang memadai. Hasil kemampuan pedagogik yang masih relatif rendah (56.59%) menunjukkan bahwa masih perlu usaha-usaha keras untuk meningkatkan kemampuan ini, terutama di perguruan tinggi-perguruan tinggi yang mencetak guru.

Blog

  • Satu Rumpun, Satu Cinta, Beda Negara

    RASANYA, tidak ada yang istimewa dari sebuah jalan yang melintang di desa Haumeni Ana, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Sama seperti di desa pelosok lainnya, jalan selebar tiga mobil itu hanya menyisakan tanah dan batu. Jauh dari aspal dan label “jalan mulus”.

    Namun, jangan pernah sekali-kali mencoba menyeberang dan menginjakkan kaki di tanah sebelah utaranya. Bisa-bisa, Anda ditangkap oleh sejumlah tentara. Pasalnya, tanah yang Anda injak bukan lagi wilayah Indonesia, tetapi sudah masuk wilayah kedaulatan Timor Leste.

..

PR Info

Surat Pembaca

  • Benahi Tempat Wisata di Garut

    YTH Pemerintah Kabupaten Garut. Banyak warga Garut termasuk saya mengeluh mengenai kebersihan di tempat pariwisata Kabupaten Garut. Sebagian tempat wisata memang ada yang te­rawat, tetapi ada juga yang terbengkalai, jorok, kumuh, dan ter­kesan semrawut.

..

Kolom

Berita BCA

Epaper Pikiran Rakyat