Hati-hati, Makanan Sehat Juga Mengandung Gula

Ilustrasi Makanan Sehat/Dok. PR

JAKARTA, (PR).- Makanan yang dianggap paling sehat ternyata tetap mengandung gula. Karena hampir semua makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki kandungan gula.

Demikian ungkap spesialis gizi klinis dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK.

"Banyak orang ngerasa sudah menjalani gaya hidup sehat, padahal ternyata kandungan gulanya tinggi. Makanan yang kita anggap sehat aja, kandungan gulanya bisa 20 gram," ungkap dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK dalam talkshow "Lindungi Kesehatan Gigi dari Resiko Gula Tersembunyi" di Jakarta, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Dia menjelaskan, pada dasarnya gula merupakan unsur makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun tanpa disadari, asupan gula per hari yang kita konsumsi berlebihan.

World Health Organization (WHO) menganjurkan bahwa asupan gula dari semua sumber makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak melebihi 50 gram per hari untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak, hanya 30 gram per hari.

dr. Diana pun menyebutkan beberapa makanan yang dianggap sehat namun ternyata memiliki kandungan gula yang tinggi seperti granola memiliki 20 gram gula, protein bar 10 gram, puding 20 gram, yogurt 20 gram dan almond milk 10 gram.

"Itu yang salah kaprah. Orang selalu merasa bahwa itu sehat. Itu yang harus dihindari. Yang asin-asin juga mengandung gula. Capcay yang sayur juga mengandung banyak gula. Bukan tidak boleh makan gula, cuma kita harus lebih cermat dalam memilih makanan. Patokannya ya yang dari 50 gram per hari itu. 50 gram itu sama kayak empat sendok makan," ujar dr. Diana.

Kelebihan gula tentu akan berdampak pada kesehatan. Salah satu yang paling gampang terlihat adalah lubang gigi. Sedangkan untuk jangka panjang bisa berdampak pada obesitas serta diabetes.***

You voted 'terinspirasi'.

Baca Juga

Maudy Koesnaedi Pilih Teater daripada Film

JAKARTA, (PR).- Walaupun peran Zaenab dalam film serial "Si Doel Anak Sekolahan" telah mempopulerkan namanya, aktris Maudy Koesnaedi mengaku seni teater ketimbang film.

Film Wiro Sableng Akan Dibuat Trilogi

FILM "Wiro Sableng" akan tayang pada 30 Agustus 2018 mendatang. Film tersebut akan menarik perhatian masyarakat, apalagi para penggemar novel dan sinetronnya.

Lama Absen, Naif Rilis Video Musik "Berubah"

JAKARTA, (PR).- Grup band Naif merilis video musik baru untuk lagu "Berubah" yang terdapat dalam album ketujuh berjudul "7 Bidadari" yang disutradarai penyanyi Tompi.