Ulasan Aplikasi Haji Pintar, Layanan Berbasis Digital dari Kemenag

Ibadah haji/REUTERS

JIKA Anda tercatat sebagai jemaah haji tahun 2018, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Haji Pintar. Aplikasi ini merupakan layanan berbasis digital yang dihadirkan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Memiliki 12 fitur

Aplikasi Haji Pintar memiliki 12 fitur yang bisa Anda manfaatkan. Pada menu beranda, Anda bisa melihat rencana perjalanan haji, mulai dari masuk asrama haji, hingga kepulangan ke tanah air. Anda juga bisa melihat doa dan zikir manasik haji, peta lokasi, juga jadwal lontar jumrah.

Selain itu, melalui aplikasi Haji Pintar ini, Anda bisa melihat menu makanan, jadwal pelayanan bus, ataupun akomodasi selama melaksanakan ibadah haji. Tak hanya itu, apabila Anda mengalami kesulitan dengan bahasa, Anda bisa memanfaatkan fitur terjemahan Bahasa Arab. Anda juga bisa mengecek cuaca di Makkah, Madinah, dan Jeddah.

Uniknya, aplikasi Haji Pintar juga memiliki ensiklopedia haji atau yang disebut dengan Hajipedia. Fitur ini memungkinkan para jemaah haji mencari informasi dan lebih memahami istilah-istilah seputar haji dan umrah.

Akan tetapi, untuk beberapa fitur, Anda perlu memasukkan nomor kloter, seperti pada fitur akomodasi dan jadwal keberangkatan. Sementara itu, untuk fitur layanan jemaah dan informasi haji, Anda harus melakukan login dengan cara  memasukkan nomor paspor dan tanggal lahir. Begitu pula, apabila Anda ingin mengajukan pengaduan.

Video tutorial

Tak hanya menyediakan informasi dalam bentuk teks, aplikasi Haji Pintar ini juga menyediakan beberapa video tutorial mengenai akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Nantinya, pengguna akan dialihkan menuju channel Youtube Haji Pintar 2018 dan Informasi Haji. Sayangnya, meski fitur ini memiliki menu konsumsi, hingga saat ini belum tersedia video tutorial mengenai konsumsi.

Mempersiapkan diri melalui fitur estimasi keberangkatan

Jika Anda merupakan calon jemaah haji yang sudah mendapatkan nomor porsi, Anda dapat melihat estimasi tahun keberangkatan melalui aplikasi Haji Pintar. Caranya mudah, Anda hanya perlu memilih fitur estimasi keberangkatan, lalu memasukkan nomor porsi Anda. Dengan mengetahui estimasi tahun keberangkatan, Anda akan lebih mudah dalam melakukan persiapan pelaksanaan ibadah haji. (Assyifa)***

 

Baca Juga

Lama Absen, Naif Rilis Video Musik "Berubah"

JAKARTA, (PR).- Grup band Naif merilis video musik baru untuk lagu "Berubah" yang terdapat dalam album ketujuh berjudul "7 Bidadari" yang disutradarai penyanyi Tompi.