Lagu Ai Karya Doel Sumbang Pernah Menjadi Tembang Pop Sunda Termahal

Doel Sumbang/RETNO HERIYANTO/PR

PANGGUNG musik pop Sunda memang unik. Di tengah cibiran dan asumsi minor dengan menempatkan pop Sunda sebagai musik marginal dan kelas dua, justru muncul sejumlah ”kejutan” yang mencengangkan. Sebut saja lagu Kalangkang (1986) yang dipopulerkan oleh suara merdu Nining Meida.

Lagu ciptaan Nano S itu sukses mencatatkan diri sebagai lagu Sunda paling banyak terjual. Konon kasetnya (waktu itu belum ada CD, dan rilisan digital) terjual secara resmi hingga dua juta kopi.

Rekaman yang ilegalnya (bajakan) tentu lebih banyak lagi. Lagu itu pun diganjar BASF dan HDX Awards pada 1987. Hingga sekarang, Kalangkang menjadi salah satu lagu pop Sunda legendaris dan abadi.

Selain Kalangkang, ada juga lagu Ai yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Doel Sumbang. Saat diprodukai dan dirilis oleh Nirwana Record pada 1993, lagu tersebut meledak di pasaran dan mencatat hit dengan angka penjualan resmi di atas satu juta kopi. Doel Sumbang, yang kala itu baru tiga tahun mencicipi panggung pop Sunda, kian kukuh pada jalur yang dilaluinya.

Akan tetapi, yang kemudian menjadikan lagu itu fenomenal adalah saat Blackboard dan HP Record membelinya dengan nilai yang mencapai ratusan juta rupiah. Konon, angkanya mencapai lebih dari Rp 300 juta.

Dengan asumsi kurs dolar sebelum krisis, angka Rp 300 juta waktu itu sangatlah besar untuk ukuran sekarang. Tidaklah mengherankan jika kemudian muncul sebutan lagu Ai sebagai lagu paling mahal dalam sejarah industri musik pop Sunda.

”Alhamdulillah, lagu Ai dihargai begitu mahal. Sebagai pencipta dan penyanyi, tentu saja saya merasa bangga dan bersyu­kur,” kata Doel Sumbang.

Di-Indonesia-kan

Hebatnya, pembelian lagu Ai tidak berarti hak Doel Sumbang terhadap lagu tersebut terampas. Sebaliknya, penjualan itu justru melipatgandakan pundi-pundi keuangan Doel Sumbang, karena kemudian pihak HP dan Blackboard Record mempercayakan kepada Doel Sumbang dan Jeffry Bulle agar mendaur ulang dan menyanyikan kembali lagu tersebut dalam versi bahasa Indonesia.

Masalahnya, Doel Sumbang kesulitan mengalihbahasakan lirik-lirik dalam lagu Ai ke dalam bahasa Indonesia dengan isi yang sama.

Berkali-kali Sumbang mencoba, tetapi selalu gagal. ”Ternyata memang sulit menerjemah-kan bahasa Sunda ke dalam bahasa Indonesia. Coba saja lirik ’kabedil ku jangjawokan, kapanah ku kinasihan,’ itu kan kalau diterjemahkan artinya ya itu-itu juga. Jika bisa dari sisi bahasa, tetapi nilai dan rasa bahasanya tidak kena,” ujar Doel Sumbang.

Akhirnya, Doel Sumbang dan Jeffry berhasil menciptakan lagu baru berjudul Aku Cinta Kamu dan dipercayakan kepada Doel Sumbang untuk berduet dengan Nini Carlina untuk menyanyikan lagu tersebut. Duet tersebut sudah terbuksi sukses saat menyanyikan lagu Kalau Bulan Bisa Ngomong.

Karena memang proyek uji coba, Doel Sumbang dan Nini Carlina hanya kebagian menyanyikan satu lagu dalam album yang diberi tajuk Aku Cinta Kamu dan berisi dua belas lagu tersebut. Selebihnya, adalah kompilasi lagu-lagu pop yang sedang ngetop kala itu.

Ternyata, proyek uji coba tersebut berbuah manis. Kaset album Aku Cinta Kamu laris manis di pasaran. Bahkan mendapat penghargaan. Sukses itu kemudian menjadikan Doel Sumbang dan Nini Carlina sebagai pasangan duet kompak yang sukses merilis beberapa album laris. ”Sampai sekarang saya masih menikmati sukses dua lagu tersebut,” kata Sumbang. (Muhtar Ibnu Thalab)***

Baca Juga

Burgerkill-Deadsquad Siap Gempur Eropa

JAKARTA, (PR).- Dua band metal Indonesia Burgerkill dan Deadsquad akan menggempur sejumlah kota di benua Eropa dengan kegaharan musik mereka pada akhir tahun 2018 ini.

Terobosan Empat Kamera Belakang Samsung Galaxy A9

KUALA LUMPUR, (PR).- Samsung Elcetronics hari ini meluncurkan Galaxy A9 terbaru yang memiliki susunan kamera yang belum ada di ponsel pintar, empat kamera di belakang dan satu di depan.

Lima Pilihan Penyimpanan Data di Awan

PENYIMPANAN cloud memungkinkan Anda mengunggah dan mencadangkan konten android Anda ke sumber online, menghemat ruang berharga di ponsel atau tablet Anda.