Tren Pasar Tablet Bergeser ke Tablet PC dan Komersial

Ilustrasi/DOK.PR

PASAR tablet terus merosot dari tahun ke tahun selama 13 kuartal berturut-turut, setidaknya hingga kuartal keempat 2017. Pengiriman tablet secara global jatuh 6,5 persen sebanyak 163,5 juta unit tahun 2017 dari 174,9 juta unit pada 2016. Sementara itu, pada kuartal keempat tahun 2017, market tablet mengalami penurunan 7,9 persen tahun ke tahun sebesar 49,6 juta unit yang dikirim ke seluruh dunia, dibandingkan dengan 53,8 juta unit pada kuartal yang sama tahun sebelumnya. 

Berdasarkan estimasi International Data Corporation (IDC) yang dikutip Venturebeat, Apple mempertahankan posisi teratas untuk kuartal keempat 2017 dengan pertumbuhan pengiriman global dari 42,6 juta unit tahun 2016 menjadi 43,8 juta unit pada 2017. Apple kini memimpin market dengan pangsa pasar 27 persen, naik dari yang sebelumnya 24 persen tahun 2016. Diikuti Samsung sebesar 15,2 persen, Amazon (10,2 persen), Huawei (7,7 persen), Lenovo (6,3 persen), dan merek lainnya 33,8 persen. 

Namun, Amazon untuk pertama kalinya melampaui Samsung di posisi kedua pada kuartal keempat 2017. Pada kuartal akhir tersebut, Apple membukukan pengiriman 13,2 juta unit dengan pangsa pasar 26,6 persen. Di peringkat kedua, Amazon sebanyak 7,7 unit dengan pangsa pasar 15,6 persen, kemudian Samsung sebanyak 7 juta unit dengan pangsa pasar 14,1 persen, Huawei (3,5 juta unit/7,1 persen), Lenovo (3,1 juta unit/6,2 persen). Lima vendor teratas menyumbang 69,6 persen dari pasar, naik dari 61,3 persen tahun lalu.

Jumlah pengiriman Apple pada dasarnya flat, tetapi karena pasar tablet secara keseluruhan menurun, pangsa pasar perusahaan Apple tumbuh 2,3 persen setelah dua kuartal pertumbuhan, kemudian penurunan 13 kuartal berturut-turut. Perusahaan ini mampu mempertahankan keunggulannya berkat iPad berharga murah dan iPad Pro yang diperbarui.

Amazon mengirimkan 2,5 juta tablet lebih banyak, mendapatkan poin sebesar 6 persen. Perusahaan ini berhasil merebut peringkat kedua dari Samsung. IDC menjelaskan, hal ini dimungkinkan berkat diskon besar-besaran serta penawaran meranik dengan adanya aplikasi Alexa di tablet terbaru Amazon.

IDC memproyeksikan Samsung mungkin perlu berjuang lebih keras di pasar tablet tahun 2018 setelah turun ke posisi ketiga di belakang Amazon pada kuartal keempat tahun 2017. Samsung mengirimkan 1 juta tablet lebih sedikit daripada di kuartal yang sama tahun 2016 sehingga kehilangan 0,8 persen. Pengiriman tablet PC mencatatkan penambahan jumlah dalam portofolionya, tetapi terjadi penurunan pada tablet biasa. Seri Tab A dan E yang harganya terjangkau dan menjadi andalan Samsung, tampaknya tergeser oleh perangkat merek lain yang menawarkan nilai lebih mengingat market bergeser ke tablet PC.

Amazon bukan satu-satunya yang berhasil naik di pasar tablet. Huawei menyusul Lenovo untuk tempat keempat Huawei memperoleh 1,2 persen, sedangkan Lenovo turun 0,4 persen karena keduanya masih berbagi sekitar 3 juta unit masing-masing.

Penurunan pasar tablet ini dapat memicu pertumbuhan PC tradisional lantaran tablet PC adalah satu-satunya segmen yang masih mengalami pertumbuhan. Ini merupakan kabar baik untuk perangkat besutan Apple dan Microsoft.

”Sampai dengan saat ini, banyak lintasan dari pasar yang dapat dilepas telah dikaitkan dengan Microsoft dan Apple mendorong barang-barang mereka di AS. Namun, kesuksesan lanjutan dari kategori ini bergantung pada kesediaan vendor PC lain untuk berpartisipasi dan yang lebih penting, konsumen dari negara lain untuk mengadopsi faktor bentuk baru melalui PC konvertibel,” kata analis riset IDC, Jitesh Ubrani. 

Meskipun penjualan tablet secara ritel merosot, laporan 9to5mac menunjukkan bahwa pasar tablet masih kuat karena perangkat ini telah memantapkan diri di berbagai industri, seperti bisnis atau industri transportasi, pameran, kafe, dan ruang tamu rumah. Apple mempertahankan keunggulan melalui tablet entry level iPad 9,7 inci yang lebih murah serta produk iPad Pro yang baru diperbarui dengan terus mendorong siklus peningkatan konsumen yang kuat dengan fokus di segmen komersial dan pendidikan.

Secara khusus, dengan jatuhnya penjualan konsumen dan hanya pasar perusahaan dan pendidikan yang menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan, tablet iPad Pro berperan kian penting. Berdasarkan Statista, pada kuartal pertama tahun 2018, penjualan Apple iPad tercatat sebanyak 13,17 juta unit ke seluruh dunia. Dengan demikian, pangsa pasarnya naik dari 24,3 persen di kuartal keempat tahun 2016 menjadi 26,6 persen di kuartal terakhir tahun 2017.

Sementara itu, Analis Riset Senior IDC, Lauren Guenver, menyebutkan, pasar tablet tidak lagi dalam tahap jatuh bebas seperti pada tahun 2015 dan 2016 yang penurunannya hingga dua digit. Dia mengisyaratkan pertumbuhan tablet yang ditopang perangkat tablet PC lantaran penjualan tablet biasa melambat. ”Kami melihat pengiriman tablet PC terus tumbuh dari tahun ke tahun. Akan tetapi, kategori ini gagal berdampak signifikan terhadap pasar keseluruhan,” tuturnya.***

Baca Juga

Lima Pilihan Penyimpanan Data di Awan

PENYIMPANAN cloud memungkinkan Anda mengunggah dan mencadangkan konten android Anda ke sumber online, menghemat ruang berharga di ponsel atau tablet Anda.

Vendor HP Lokal Terus Berinovasi

SERBUAN merek-merek telefon seluler dari luar negeri, terutama asal Tiongkok, memberikan banyak pilihan perangkat bagi masyarakat. Di sisi lain, hal tersebut juga cukup ­memberikan pengaruh terhadap merek-merek lokal.

Manfaat Lari Maraton untuk Kesehatan

JAKARTA, (PR).- Para penggiat hidup sehat banyak yang memilih lari maraton sebagai bagian dari gaya hidupnya. Bukan tanpa alasan, maraton ternyata tidak hanya bermanfaat untuk sekadar membakar kalori.