7 Khasiat Air Lemon dan Madu

Ilustrasi/CANVA

Bagi para penggemar infuse water, terutama mereka yang mengonsumsinya di pagi hari, patut berbahagia. Ini karena ternyata campuran air lemon dan madu memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh.

Untuk menbuat minuman lemon dan madu cukup mudah. Pertama, yang Anda perlu siapkan adalah secangkir air hangat, ekstrak lemon segar yang diperoleh dari ½ lemon, serta satu sendok madu. 
Kemudian, tuangkan ekstrak lemon dan madu ke dalam air hangat, aduk hingga merata dan minuman siap disajikan. Sebaiknya Anda mengkonsumsinya setiap hari di pagi hari.

Anda juga bisa membuat minuman ini dengan air dingin karena berfungsi sebagai minuman rendah kalori yang menyegarkan, terutama saat cuaca terik sehingga Anda tetap terhidrasi. Selain itu, minuman ini juga aman untuk anak-anak.

Untuk menurunkan badan, cobalah meminumnya dalam keadaan perut kosong, karena bisa meningkatkan metabolisme untuk mengurangi lemak yang tertimbun dan mengatur pergerakan usus.

Walaupun waktu terbaik untuk meminum air lemon dan madu di pagi hari, Anda bisa menikmatinya pada saat jam makan, sehingga proses pencernaan Anda akan lebih cepat.

Seperti dilansir Blodsky, air lemon dan madu tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun juga memiliki dampak positif lainnya yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Dilaporkan Blodsky, setidaknya terdapat tujuh khasiat air lemon dan madu:
 

1. Memperlancar pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, meminum air lemon dan madu bisa memudahkan proses pencernaan Anda. Minuman tonik ini bisa meningkatkan sekrese empedu dan asam lambung, yang kemudian akan membantu memecah partikel makanan.

Dengan demikian, tubuh akan mudah menyerap nutrisi. Selain itu, campuran air lemon dan madu dapat mengurangi perut kembung.
 

2. Detoksifikasi tubuh

Diyakini bisa mengeluarkan racun, detoksifikasi sekarang ini tengah naik daun di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah dengan air lemon dan madu.

Bagi Anda yang diserang jerawat atau terkena sembelit, cobalah minum air lemon ditambah madu. Racun akan terakumulasi di bawah saluran pernapasan pernapasan, kulit dan hati.

Salah satu faktor penyebab racun adalah polusi dan bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, air lemon dan madu merupakan tonik yang efektif bagi fungsi hati untuk menetralkan racun.
 

3. Membersihkan kulit

Air lemon dan madu bisa dijadikan bahan perawatan sehari-sehari di rumah, karena ampuh menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan rutin meminum cairan ini, dicampur dengan air hangat, setiap pagi.

Lemon bermanfaat bagi kulit karena sifatnya yang mengontrol dan menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit. Selain itu, asam sitrat yang ada dalam minuman lemon bisa mengeluarkan radikal bebas dan racun dari sistem pencernaan.

 

4. Meningkatkan imunitas

Lemon dan madu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Terutama melindungi tubuh dari penyakit menular yang disebabkan oleh perubahan musim, seperti flu.

Dan untuk madu, cairan manis kental ini kaya akan protein terapeutik, antimikroba, antioksidan dan antibakteri. Minuman lemon dan madu juga bisa membantu mempercepat pemulihan dari penyakit.
 

5. Meningkatkan metabolisme

Minuman lemon dan madu bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mengatur gerakan usus. Dengan meminumnya setiap pagi, minuman ini bisa membakar lemak dan membuat Anda merasa sehat dan aktif.
 

6. Untuk sakit tenggorokan

Jika selama ini mitos yang beredar adalah jeruk bisa mempeburuk sakit tenggorkan, dalam kenyataannya sebaliknya. Lemon bisa membuat lendir menipis, sehingga mudah untuk dikeluarkan dari saluran pernapasan.

Sifat disinfektan yang dimiliki madu, membuatbta bisa memberantas bakteri dan menahan pembentukan dahak berlebih, serta meringankan saluran pernapasan.
 

7. Meningkatkan energi

Madu merupakan peningkat energi alami dan jauh lebih sehat daripada gula. Madu memiliki sifat ‘pembunuh bakteri’ yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh dan membuat Anda aktif. (Mery Nur Andini)***

Baca Juga

Lakukan Ini untuk Organ Intim agar Tetap Sehat

ORGAN intim wanita sebagai organ tubuh yang berada di dalam tubuh memang memerlukan perhatian sejak dari bagian luarnya. Bahkan, seringkali, apa yang keluar dari dalam menunjukkan apakah organ intim dalam keadaan sehat atau tidak.

Lima Minuman Alternatif Pengganti Kopi

KOPI adalah salah satu minuman yang sangat disukai di seluruh dunia, sebab, kopi dapat memberi energi dan menjauhkan kantuk.

Cara Mudah Mengenali Garam Beryodium

TIDAK semua garam yang beredar di pasaran mengandung iodium. Karena itu kita perlu teliti untuk mengenali garam yang kita beli, apakah mengandung iodium atau tidak.

Tiga Alasan untuk Menghindari Plastik

PENGGUNAAN plastik menjadi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup manusia. Salah satu penggunaan plastik yang sering dilakukan sehari-hari adalah untuk membungkus makanan.