Susu Emas, Begini Cara Pembuatan dan Manfaatnya

Susu Emas/LIFEHACK.ORG

APAKAH anda pernah mendengar tentang susu emas (Golden Milk) yang kini tengah ramai dibicarakan? Jika belum, simaklah sedikit penjelasan dibawah ini.

Golden milk atau susu emas adalah minuman sehat yang dikemas dengan kunyit, lada hitam dan minyak kelapa murni dicampur dengan susu favorit untuk minuman yang penuh dengan manfaat kesehatan.

Semakin banyak orang yang menemukan berbagai manfaat kesehatan dari susu emas. Berikut manfaat susu emas yang dilansir dari lifehack.org:

  1. Mengurangi nyeri dan peradangan. Kunyit, lada hitam dan lemak sehat minyak kelapa murni atau mentega ghee bekerja sama untuk memberikan manfaat anti-inflamasi bagi siapa pun yang menderita masalah sendi.
  2. Membantu dalam pencernaan yang optimal dan berat badan. Kunyit meredakan sakit maag dan gangguan pencernaan, dan lemak yang sehat dari ghee atau minyak kelapa membantu di dalamnya. Pedasnya lada hitam dan kebaikan berserat jaggery membantu lebih jauh dalam penyerapan nutrisi yang optimal dan mencegah sembelit juga.
  3. Baik untuk jantung. Semua bahan dari susu emas bekerja di beberapa atau cara lain untuk membantu dalam kesehatan jantung - dengan mengurangi kolesterol, tekanan darah dan bahkan menipiskan darah.
  4. Dapat membantu penderita diabetes. Kunyit dan minyak kelapa dapat membantu tubuh mengatur kadar insulin dan pada dasarnya mencegah lonjakan gula pada penderita diabetes.
  5. Dapat meningkatkan fungsi otak. Lada hitam, kunyit, serta lemak yang sehat dari ghee atau minyak kelapa dapat dimetabolisme di hati dan diubah menjadi makanan untuk otak - secara total, susu emas membantu mencegah penyakit degeneratif otak seperti Alzheimer dan juga meningkatkan daya ingat dan menurunkan depresi. Susu emas juga memiliki sifat anti-stres, karena kunyit merangsang neurotransmiter otak dan meningkatkan pikiran bahagia.
  6. Memiliki imun sistem yang lebih baik. Sebagian besar bahan susu emas memiliki sifat antijamur, antibakteri, anti-inflamasi dan antipiretik; yang berarti bahwa hanya minuman ini membantu Anda melawan infeksi tetapi juga memberi sistem kekebalan Anda dorongan kuat untuk sembuh dengan lebih cepat.
  7. Membantu dalam penurunan berat badan. Kombinasi dari semua bahan ini - kunyit, lada hitam, madu atau jaggery dan ghee atau minyak kelapa meningkatkan metabolisme, mengurangi rasa lapar tanpa menekan nafsu makan dan juga membantu membakar lemak tubuh lebih cepat - sehingga membantu Anda dalam kebugaran dan tujuan penurunan berat badan.
  8. Mencegah kanker. Studi masih berjalan tetapi kunyit telah menunjukkan hasil dalam pencegahan kanker karena memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan dan studi awal telah menunjukkan bahwa itu membantu untuk menekan awal, kemajuan, dan metastasis tumor. Kunyit adalah ramuan luar biasa yang telah dibuat alam untuk kita,  hal baik juga memiliki hal buruk. Tentunya, jika kamu alergi terhadap satu atau lebih dari bahan-bahan tersebut, jangan minum susu emas atau gantikan bahan-bahan tersebut supayalebih aman.

Waktu Minum Terbaik

Waktu terbaik untuk minum susu emas adalah malam hari; satu jam sebelum tidur. Ini memulihkan pencernaan tidur Anda, mengurangi stres dan dapat membuat tidur malam yang nyenyak. Namun jika kamu tidak memiliki kondisi medis di mana harus menghindari kunyit, tidak ada alasan untuk tidak meminum susu emas ini.

Cara Membuat Susu Emas

Susu emas dapat dengan mudah dibuat di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Segelas susu favorit: Susu, kedelai, santan atau bahkan susu kacang seperti almond atau jambu mete dapat membentuk dasar minuman dan bahkan jika kamu alergi terhadap produk susu atau kedelai atau susu kacang vegan.

  • Akar kunyit segar atau bubuk kunyit organik: Kunyit segar mudah ditanam di daerah tropis tetapi jika akar segar tidak tersedia di tempat tinggal kamu maka dapat menggunakan bubuk kunyit organik 100%.
  • Lada hitam yang baru saja digiling: Yang Anda butuhkan adalah merica organik yang diisikan ke dalam penggiling lada, siap untuk pergi.
  • Ghee atau minyak kelapa murni: Lemak sehat ghee atau minyak kelapa murni lebih membantu dalam penyerapan sifat kunyit yang sehat.
  • Madu atau jaggery: Susu emas tanpa pemanis bisa mendapatkan sedikit rasa pahit atau tajam - jaggery atau madu akan menambahkan beberapa kemanisan yang sehat pada segelas susu emas pilihan Anda. (Dhiya Awlia Azzahra)***

Baca Juga

Manfaat Lari Maraton untuk Kesehatan

JAKARTA, (PR).- Para penggiat hidup sehat banyak yang memilih lari maraton sebagai bagian dari gaya hidupnya. Bukan tanpa alasan, maraton ternyata tidak hanya bermanfaat untuk sekadar membakar kalori.

Kenali Karbohidrat Baik dan Buruk

STUDI terbaru menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat bukan jalan sehat bisa Anda ambil. Lebih baik mengikuti pola makan yang mencakup karbohidrat dalam jumlah yang cukup dan berasal dari sumber yang tepat.

Atasi Migrain dengan Bahan-bahan Alami

KAFEIN merupakan salah satu zat yang mampu mengobati serangan migrain. Namun, berhati-hatilah karena bila berlebihan bukan membuat migrain menghilang, namun justru malah memicu gejala sakit kepala.