Guillermo Haro, Google Doodle Rayakan 105 tahun Kelahirannya

Guillermo Haro/GOOGLE DOODLE

Seraut wajah muncul di antara formasi bintang pada Google Doodle hari ini, Rabu, 21 Maret 2018. Wajah itu adalah Guillermo Haro, seorang ahli astronomi Meksiko.

Formasi bintang dalam Google Doodle tersebut tampak menghiasi langit yang didominasi warna biru dengan semburat merah di bagian garis katulistiwa. Ini menggambarkan galaksi biru dengan emisi garis (Haro Galaxy) yang merupakan salah satu penemuan pria kelahiran 21 April 1913 tersebut.

Guillermo Haro tumbuh di tengah pergolakan Revolusi Meksiko. Ia mulai melakukan observasi astronomi pada 1943 di Harvard College Observatory.

Haro dan rekannya menemukan bintang suar, hingga agregat bintang dari berbagai usia. Ia sangat intens mendeteksi bintang-bintang suar, yang dilakukan hingga akhir hayatnya.

Guillermo Haro juga menemukan sejumlah bintang T Tauri, satu supernova, lebih dari 10 novae, dan satu komet.

Kontribusinya terhadap ilmu astronomi membuat namanya menjadi salah satu sosok yang sangat berpengaruh. terutama pada perkembangan astronomi di Meksiko.

Pada tahun 1959, dia adalah orang pertama yang terpilih menjadi anggota Royal Astronomical Society dari negara berkembang.

Peninggalannya akan ilmu astronomi diwariskan dalam National Institute of Astrophysics, Optics, and Electronics yang didirikannya untuk mendukung mahasiswa sains. Lembaga tersebut menjalankan sebuah observatorium yang diberi nama sesuai nama Guillermo Haro di Sonora, Meksiko.

Jika Anda melihat bintang malam ini, carilah tiga bintang, selaras. Formasi bintang ini dikenal sebagai 'Three Sisters', yang merupakan bagian dari rasi Orion. Rasi bintang ini adalah salah satu penemuan Guillermo Haro yang membuatnya dikenal.***

Baca Juga

5 Film Terbaik Karya Georges Méliès

TEPAT 3 Mei, 106 tahun lalu, pesulap atau ilusionis sekaligus sutradara besar asal Perancis Georges Méliès merilis mahakaryanya yang berjudul À la conquête du pôle (The Conquest of the Pole).

Sejarah Rahasia Adegan Post-Credits Film-film Marvel

SALAH satu ciri khas dari film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah kehadiran adegan pasca-kredit film atau post-credits scenes. Ini juga dikenal sebagat 'tag' atau 'stingers'.

Pertaruhan Mahal dari Akhir Film Avengers: Infinity War

FILM Avengers: Infinity War berakhir mengejutkan dan emosional bagi para pencinta Marvel Cinematic Universe. Kematian begitu banyak para superhero, dan juga kemenangan Thanos begitu mencengangkan dan tak bisa dipercaya.