Mengatasi Sulit Tidur dalam 5 Menit Saja

APLIKASI Dream:ON membuat mimpi jadi indah.*
IlustrasiALAMY

SEBAGIAN orang pasti pernah merasakan saat mereka sedang tertidur lelap, namun tiba-tiba terbangun dan tidak dapat tidur kembali.

Mungkin beberapa orang juga sudah tahu bahwa idealnya beberapa jam sebelum kita hendak tidur, kita tidak boleh melihat ponsel ataupun laptop karena layarnya yang memancarkan sinar biru. Namun hal tersebut mungkin sedikit sulit untuk dilakukan.

Lalu adakah cara lain agar kita dapat tidur lelap dengan cepat? Jawabannya adalah ada. Cara ini sangatlah mudah dan dengan cara ini anda dapat tidur lelap dalam waktu 5 menit. Caranya adalah anda hanya perlu menulis ”to do list” atau daftar kegiatan atau aktivitas yang ingin anda lakukan secara spesifik.

Dengan menulis kegiatan apa yang anda ingin lakukan tersebut, akan membantu menenangkan pikiran dan membuat anda merasa lebih rileks.

Dilansir dari Independent, salah satu alasan utama mengapa kita terbangun pada malam hari adalah karena kita yang mengkhawatirkan mengenai hal-hal yang perlu kita lakukan untuk keesokan hari.

“Kita hidup dalam budaya waktu 24/7 di mana daftar kegiatan atau aktivitas nampaknya terus berkembang dan menyebabkan kita khawatir mengenai hal-hal yang belum selesai pada waktu tidur,” ujar Dr. Michael K. Scullin penulis utama penelitian.

“Kebanyakan orang hanya mengingat daftar kegiatan di kepala mereka saja, jadi kami ingin meneliti apakah menuliskan daftar kegiatan tersebut dapat mengatasi kesulitan tidur di malam hari.”

Meurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Experimental Psychology, dengan menulis daftar kegiatan selama lima menit, dapat membantu kita tertidur lebih cepat. Namun dala jurnal tersebut peneliti juga menemukan bahwa menulis mengenai hal yang sudah Anda lakukan, tidak memiliki hasil yang sama.

Beberapa peserta dalam penelitian tersebut diminta untuk menulis daftar kegiatan yang ingin dilakukan, sedangkan peserta lainnya diminta untuk menulis daftar kegiatan yang sudah dilakukan. Dan peneliti menemukan bahwa peserta pada kelompok pertama yang menulis daftar kegiatan yang ingin dilakukan dapat tertidur lebih cepat daripada kelompok kedua. Penelitian ini dilakukan di sebuah lab dengan memantau aktivitas otak peserta penelitian semalaman.

Semakin spesifik daftar kegiatan yang ingin dilakukan ditulis, semakin cepat orang akan tertidur, sebaliknya, peserta yang menulis daftar kegiatan yang sudah dilakukan, menjadi semakin lama untuk dapat tidur.

Oleh karena itu peneliti menyarankan agar kita menulis daftar kegiatan yang ingin dilakukan selama lima menit saja sebelum kita tidur untuk membantu agar merasa mengantuk.

Dr. Scullin menyatakan, “Ada dua pemikirin mengenai hal ini,”. “Yang pertama adalah menulis tentang masa depan yang akan menyebabkan meningkatnya kekhawatiran tentang hal yang belum terselesaikan, sedangkan menulis kegiatan yang sudah dilakukan seharusnya tidak menimbulkan kekhawatiran.”

“Hipotesis alternatifnya adalah menulis daftar kegiatan yang ingin dilakukan akan “menghilangkan” pemikiran tersebut dan mengurangi kekhawatiran.”

Jadi jika Anda merasa kesulitan untuk tidur, cukup hilangkan pikiran Anda mengenai tugas yang akan datang dan cukup nikmati waktu istirahat sampai Anda dapat tertidur lelap. (Ines Anggun)

Baca Juga

Manfaat Lari Maraton untuk Kesehatan

JAKARTA, (PR).- Para penggiat hidup sehat banyak yang memilih lari maraton sebagai bagian dari gaya hidupnya. Bukan tanpa alasan, maraton ternyata tidak hanya bermanfaat untuk sekadar membakar kalori.

Kenali Karbohidrat Baik dan Buruk

STUDI terbaru menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat bukan jalan sehat bisa Anda ambil. Lebih baik mengikuti pola makan yang mencakup karbohidrat dalam jumlah yang cukup dan berasal dari sumber yang tepat.

Atasi Migrain dengan Bahan-bahan Alami

KAFEIN merupakan salah satu zat yang mampu mengobati serangan migrain. Namun, berhati-hatilah karena bila berlebihan bukan membuat migrain menghilang, namun justru malah memicu gejala sakit kepala.