7 Buku yang Cocok Dibaca Saat Pi Day

Tangkapan layar dari cuplikan film Life of Pi di Youtube.*

PI Day dirayakan setiap 14 Maret untuk perayaan tahunan konstanta matematika π (pi). Google Doodle pun mengambil tema ini Rabu 14 Maret 2018.

Dalam perayaan yang diselenggarakan setiap tahun ini, ada banyak aktivitas yang dilakukan seperti menonton film, bermain game, memakan pizza dan pie dan membaca buku. Semua kegiatan tersebut ada kaitannya dengan pi, termasuk membaca buku. berikut adalah 7 buku yang cocok dibaca di Pi Day.

1. Sir Cumference and the Dragon of Pi

Buku Sir Cumference and the Dragon of Pi adalah salah satu buku yang cocok untuk dibaca di Pi Day. Bercerita tentang Sir Cumference yang meminum sebuah ramuan yang mengubahnya menjadi seekor naga, dan anak lelakinya, Radius harus mencari nomor ajaib yang dikenal sebagai pi, yang dapat mengembalikan Sir Cumference ke bentuk semula.

2. Why Pi (Big Question)

Why Pi? Tidak hanya sekedar pi, tapi juga mengenai sejarah umum dari semua hal tentang matematika. Buku ini mencakup bagaimana manusia yang telah menggunakan angka dan mengukur banyak hal dari dulu sampai sekarang.

3. How to Bake Pi

Matematika dapat menjadi rumit, tapi dalam buku How to Bake Pi, seorang profesor matematika, Eugenie Cheng memberikan pengenalan yang lebih mudah mengenai logika, dan keindahan matematika. Ia berusaha menjelaskan konsep dengan cara yang dapat disesuaikan melalui makanan. Jika ada makanan di kelas matematika, mungkin kebanyakan dari kita akan lebih semangat untuk belajar.

4. A History of Pi

Penulis The History of Pi mengatakan, sebagian kecil dari sejarah matematika bagaimanapun adalah cerita dari sejarah manusia. Petr Beckmann memberi latar belakang zaman saat pi membuat kemajuan dan juga saat tidak membuat kemajuan, karena sains dilumpuhkan oleh militerisme.

5. Easy as Pi

Buku Easy as Pi menjelaskan mengenai asal-usul ungkapan numerik, mempelajari perang angka dalam novel, film, budaya dan agama, dan sampai pada inti dari istilah dan teori matematika dan sains.

6. The Joy of Pi

Buku karya David Blatner ini berisi mengenai, Blaner yang mengeksplorasi banyak aspek dari Pi dan ketertarikan manusia dengan Pi – dari orang-orang Mesir kuno dan Archimedes sampai Leonardo da Vinci dan Chudnovsky bersaudara.

7. Life of Pi

Buku yang satu ini memang tidak ada kaitannya dengan Pi matematika. Novel yang juga pernah diangkat dalam film ini bercerita tentang anak dari seorang penjaga kebun binatang, Pi Patel yang saat itu berusia 16 tahun, keluarganya bermigrasi dari India ke Amerika menggunakan kapal kargo Jepang, bersama dengan hewan dari kebun binatang ke rumah barunya. Kapal tersebut tenggelam dan Pi yang selamat berada diatas sekoci bersama dengan seekor harimau Benggala yang berbobot 200 kg dan harus bertahan selama berhari-hari terombang-ambing di tengah laut. (Ines Anggun)***

Baca Juga