Selain Melangsingkan, Diet DASH Dapat Mengurangi Risiko Depresi

Ilustrasi/KUKUH SETYONUGROHO

SEBUAH penelitian telah menemukan bukti terbaru bahwa diet DASH baik untuk pikiran dan tubuh. Fakta ini didukung karena diet tersebut kaya akan makanan seperti buah, sayuran dan biji-bijian yang dapat membantu menurunkan risiko depresi.

Dilansir dari Medical News Today, peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang menjalani diet DASH (kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension), cenderung kecil kemungkinannya mengalami depres lebih dari 6,5 tahun, dibandingkan dengan orang yang tidak menjalani diet tersebut.

Dr. Laurel Cherian dari Rush University Medical Center di Chicago, IL dan rekannya akan mempresentasikan temuan mereka di American Academy of Neurology’s Annua Meeting di Los Angeles, California.

Diperkirakan sekitar 16,2 juta orang dewasa di Amerika Serikat – atau sekitar 6,7 persen orang dewasa di sana, memiliki setidaknya satu depresi berat pada tahun 2016. Sebuah kondisi kesehatan mental yang paling umum ditemui di sana.

Orang yang memiliki depresi kemungkinan mengalami perasaan putus asa, sedih atau mudah tersinggung, dan mungkin mereka juga kehilangan ketertarikan pada aktvitas yang menyenangkan, kesulitan tidur dan bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Riwayat keluarga yang memiliki depresi, pengalaman traumatis atau stres, dan penyakit fisik merupakan faktor depresi. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kita mungkin dapat menurunkan risiko depresi ini hanya dengan pola makan yang lebih baik.

Risiko depresi yang berkurang sampai 11 persen

Penelitian ini melibatkan 964 orang dewasa yang berusia rata-rata 81 tahun.

Dan dasar dari penelitian ini, semua subyek diminta untuk melengkapi sebuah kuesioner mengenai diet. Para peneliti menilai ini untuk menetapkan kepatuhan terhadap berbagai diet, termasuk diet Western, diet Mediterania dan diet DASH.

Diet DASH sendiri makananya kaya akan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, namun makanan pada diet ini makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh sedikit. Diet ini diciptakan oleh National Heart, Lung and Blood Institute untuk hipertensi atau cara menurunkan tekanan darah.

Subyek dalam penelitian ini juga dinilai mengalami gejala depresi saat diadakan pemeriksaan.

Dibandingkan dengan subyek yang memiliki kepatuhan terendah terhadap diet DASH, mereka yang memiliki kepatuhan tertinggi ditemukan 11 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi.

Namun pada diet Western memiliki efek sebaliknya, semakin subyek mengikuti diet ini – yang mana kaya akan lemak jenuh dan sedikit megonsumsi buah, sayuran dan biji-bijian – semakin besar risiko mereka mengalami depresi.

Dr. Cherian menulis bahwa penelitian ini hanya menunjukkan hubungan antara diet DASH dan menurunkan risiko depresi, sehingga tidak dapat membuktikan sebab dan akibatnya.

Ia dan rekan-rekannya mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah pola makan ini dapat membantu mencegah salah satu gangguan kesehatan mental yang paling umum di Amerika ini.

“Sekarang, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hasil tersebut dan untuk menentukan komponen nutrisi terbaik dari diet DASH, untuk mencegah depresi di kemudian hari dan membantu orang-orang menjaga otak mereka agar tetap sehat,” ujar Dr. Laurel Cherian. (Ines Anggun)***

Baca Juga

Kecemasan Bisa Picu Diare atau Sembelit

ADA kalanya kita merasa cemas ­terhadap suatu hal yang sedang ­dihadapi atau dijalani. Lalu, tiba-tiba perut pun terasa tidak nyaman dan beberapa kali harus buang air.

Tune Map, Solusi Mewujudkan Kota Ramah Difabel

KETIKA Anda menemukan trotoar berlubang ataupun jalanan rusak, mungkin Anda akan dengan mudah menghindarinya. Namun, pernahkah Anda membayangkan sedang berjalan tanpa tahu secara pasti apa yang ada di sekitar Anda?

Empat Bahan Alami Pengganti Sabun Cuci Piring

PERNAHKAN Anda mencuci piring tanpa sabun?  Atau pernahkah Anda suatu waktu kehabisan sabun saat akan mencuci piring? Tentu saja hal tersebut pernah Anda alami.

8 Ide Kreatif Menghias Dinding Kosong

SAAT  memutuskan menghias dinding kosong di rumah, pasti ada berbagai pertimbangan yang muncul di kepala. Bagaimana konsep yang cocok? Hiasan dinding apa yang bisa menunjang penampilan seisi rumah? Bagaimana cara Anda mengaturnya?

5 Tips Sederhana untuk Para Pengidap Insomnia

MENJALANI aktivitas penuh di siang hari membuat tubuh lelah dan memerlukan waktu untuk beristirahat. Tidur merupakan kebutuhan vital manusia agar untuk tubuh akan lebih membaik.