10 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan Saat Bekerja

Ilustrasi/CANVA

SETIAP orang menghabiskan setengah hari di tempat kerja, dan itu merupakan waktu yang cukup panjang. Pekerjaan kantor biasanya menghabiskan 7 sampai 9 jam kerja, dimana Anda duduk di kursi kantor sepanjang hari mengetik di komputer dan mengemil di meja Anda. Duduk dalam waktu lama tanpa olahraga memiliki risiko kematian dini.

Terkadang, pekerjaan Anda sangat menegangkan yang memicu Anda untuk makan lebih emosional. Hal ini berdampak pada peningkatan berat badan yang lebih cepat. Karena itu, dibutuhkan strategi untuk mengefektifkan waktu Anda dalam menurunkan berat badan.

Duduk di meja kerja untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa istirahat bisa memperlambat metabolisme Anda, meningkatkan obesitas, menyebabkan penyakit jantung, artritis dan lainnya.

Anda perlu mengubah gaya hidup saat bekerja di kantor, sehingga tidak perlu mengalami penambahan berat badan berlebih dan menderita penyakit.

Seperti dilansir Boldsky, ada banyak cara untuk menurunkan berat badan selagi Anda beraktifitas di kantor:
 

1. Minum banyak air

Minum banyak air selama jam kerja Anda akan membantu dalam melawan kelelahan, mencegah dehidrasi, sakit kepala dan menjauhkan Anda dari mengonsumsi camilan yang tidak perlu.

Menurut American Council Of Exercise, wanita harus minum setidaknya 2,7 liter air, dan pria hampir 2,8 liter setiap harinya. Selain itu, air minum akan memberikan dorongan energi yang cepat ke tubuh.
 

2. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet selama jam kerja akan membuat Anda lebih waspada dan akan membantu mengurangi kecemasan, dan stres.

Dengan mengunyah permen karet mengurangi kortisol saliva, yakni hormon stres yang meningkatkan sel lemak. Hormon ini adalah yang menyebabkan akumulasi lemak di daerah perut, memperbesar lingkar pinggang Anda.

Jadi mulailah mengunyah permen karet di tempat kerja Anda.
 

3. Kemas makan siang dari rumah

Jangan makan makanan cepat saji selama jam makan siang setiap hari. Makanan ini memiliki jumlah kalori yang tinggi di dalamnya, yang akan menambah berat badan dan juga akan membuat Anda merasa lesu.

Sebagai gantinya, biasakan bawa bekal makanan rumahan yang bergizi setiap hari.

4. Minum teh hijau

Saat Anda datang ke kantor di pagi hari, Anda selalu membuat secangkir kopi yang memicu kecanduan dan membuatnya lagi. Ubah kebiasaan ini dengan membuat secangkir teh hijau

Anda akan terkejut ketika mengetahui teh hijau memiliki kualitas pembakaran lemak. Teh hijau mengandung katekin yang meningkatkan oksidasi lemak. Karena itu, meminumnya bukanlah ide yang buruk, bukan?
 

5. Gunakanlah tangga

Selalu gunakan tangga dan berhenti menggunakan lift jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan di tempat kerja. Bahkan Anda tidak akan menyadari seberapa berat Anda jika menggunakan lift kantor setiap hari.

Dengan rutin menggunakan tangga, Anda bisa menurunkan dua kali lebih banyak kalori sama seperti  ketika berjalan. 
 

6. Cobalah berdiri ketika mengerjakan sesuatu di kantor

Penelitian menunjukkan bahwa berdiri akan banyak membakar kalori daripada duduk. Berdiri membakar 50 kalori per jam daripada duduk.

Berdiri akan meningkatkan kadar gula darah Anda, meningkatkan kekuatan inti postur tubuh dan menyehatkan mental Anda.

 

7. Nikmati salad di antara waktu makan 

Makan salad saat makan siang atau di antara waktu makan akan membuat kenyang dan akan mencegah hasrat makanan, ketika Anda sedang bekerja. Isi salad Anda dengan protein seperti ayam, telur dan serat seperti alpukat dan kacang-kacangan. 

Anda juga bisa menambahkan tomat dan kacang kering ke salad Anda sebagai topping.
 

8. Bawalah satu kotak biji chia

Kotak penuh biji chia adalah cara mudah untuk menambahkan nutrisi ke tubuh Anda saat Anda bekerja di meja kerja. Biji Chia sarat dengan asam lemak omega-3, serat, protein dan kalsium dan bijinya mudah diserap tubuh, yang membuat Anda kenyang.
 

9. Berjalanlah 2 menit setiap jam

Saat Anda berada di meja kerja Anda, luangkan waktu untuk  berjalan setidaknya selama 2 menit sekali setiap jam. Menurut Clinical Journal of the American Society of Nephrology, 2 menit berjalan kaki setiap jam sekali bisa mengurangi efek buruk duduk.

10. Selalu bawa makanan ringan yang sehat

Jika Anda merasa lapar dan ingin makanan, jangan makan makanan yang digoreng. Sebagai gantinya, pilihlah cemilan sehat yang akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. 
Camilan sehat seperti grain cracker, buncis bakar, selai kacang, apel, pisang, irisan wortel dan timun akan memberi nutrisi yang cukup bagi tubuh Anda. (Umi Soliha)***

Baca Juga

Penyebab dan Solusi Suara Parau

SETIAP orang mungkin pernah mengalami suara parau (serak). Suara jenis ini sering digambarkan sebagai perubahan suara yang ­normal menjadi suara yang kasar. Atau, suara yang nadanya lebih rendah dari biasanya. 

5 Tips Sederhana untuk Para Pengidap Insomnia

MENJALANI aktivitas penuh di siang hari membuat tubuh lelah dan memerlukan waktu untuk beristirahat. Tidur merupakan kebutuhan vital manusia agar untuk tubuh akan lebih membaik.

Kecemasan Bisa Picu Diare atau Sembelit

ADA kalanya kita merasa cemas ­terhadap suatu hal yang sedang ­dihadapi atau dijalani. Lalu, tiba-tiba perut pun terasa tidak nyaman dan beberapa kali harus buang air.